Home Tek 3 Jurus Membuat Video Transisi yang Bisa Bikin Banjir View

3 Jurus Membuat Video Transisi yang Bisa Bikin Banjir View

Rilispedia.com – Berkreasi lewat video pendek kini menjadi tren di berbagai kalangan, maka tak heran bila banyak orang berlomba-lomba untuk membuat video pendek. Namun begitu, membuat video pendek yang menarik memiliki tantangan tersendiri. Selain harus memikirkan jenis konten yang menarik dan menghibur, kita juga harus pintar dan kreatif dalam menyajikannya.

Untuk menarik minat penonton dan membuat video kita populer salah satu trik yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan efek transisi, yaitu perpindahan dari satu scene ke scene lain dengan teknik pergerakan kamera yang unik.

Selain lebih asyik ditonton, pesan yang disampaikan pun akan menjadi lebih kuat jika transisi video dibuat secara tepat dan menarik. Simak beberapa jurus untuk membuat video transisi dari konten kreator Aries Lukman, biar video kamu bisa lebih banyak ditonton di SnackVideo.

  1. Transisi whip pan dengan gerakan kamera yang cepat
    Trik membuat efek transisi menarik yang pertama adalah menggunakan transisi whip pan atau biasa dikenal dengan sebutan panning nyabet. Efek transisi yang satu ini biasanya melibatkan dua shots dalam satu video pendek.

    Untuk menjadikan efek transisi video kamu semakin menarik, kamu bisa gunakan teknik ini dengan membuat shot pertama berupa gerakan kamera secara cepat ke kiri atau ke kanan saat ingin melakukan transisi.

    Selanjutnya, shot kedua akan dimulai dengan menggerakkan kamera secara cepat sesuai dengan arah shot pertama. Gerakan kamera secara cepat tersebut dapat menghasilkan efek blur yang bisa dijadikan transisi menuju scene berikutnya.

    Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat cuplikan penjelasan dari konten kreator Aries Lukman di sini.
  2. Transisi nutupin kamera untuk memberi ‘kejutan’ ke penonton
    Selanjutnya, ada satu cara unik yang termasuk sebagai jurus membuat efek transisi menarik di konten video pendek kamu, yaitu dengan nutupin kamera. Efek transisi ini mampu memberi kesan ‘kejutan’ bagi penonton video nantinya.

    Setidaknya ada dua shot yang harus dibuat dengan teknik satu ini. Shot pertama dilakukan sebelum efek transisi, caranya adalah dengan menutupi lensa kamera. Kamu bisa gunakan tangan, tas, kaos, buku atau benda apapun di sekitarmu.

    Efek transisi akan terlihat pada shot kedua yaitu saat kamu membuka penutup kamera tersebut dan menampilkan sesuatu yang berbeda dari scene sebelumnya.

    Kamu bisa pelajari transisi ini secara lengkap dengan melihat cuplikan video di sini.
  3. Transisi numpang lewat dengan memanfaatkan area sekitarmu
    Efek transisi menarik di video pendek selanjutnya dapat kamu buat dengan menggunakan teknik numpang lewat. Sama seperti teknik sebelumnya, efek transisi ini juga melibatkan dua shot yang akan bikin video kamu semakin unik dan disukai penonton.

    Teknik ini diawali dengan membuat shot pertama berupa gerakan kamera melewati sesuatu sebelum melakukan transisi. Ingatlah untuk memastikan foreground atau latar depannya dekat dengan lensa. Kemudian dilanjutkan dengan shot kedua yaitu menggerakan kamera dari sesuatu yang gelap memasuki scene berikutnya.

    Untuk dapat lebih memahami efek transisi ini, kamu bisa melihat penjelasan lebih lengkap di sini.

Nah, itulah dia beberapa tips membuat efek transisi menarik untuk konten video pendek kamu di SnackVideo. Teknik-teknik transisi mudah dan sederhana seperti di atas bisa bikin konten kamu semakin menarik. Sekarang saatnya kamu mencoba berkreasi dan ciptakan kontenmu sendiri!

Must Read

Western Digital Meluncurkan SSD Portabel Terbaru Berukuran Ringkas untuk Pengguna Umum

Rilispedia.com - Western Digital (NASDAQ: WDC) hari ini meluncurkan WD Elements SE SSD, solusi penyimpanan portabel baru yang berukuran yang ringkas dengan...

Bhinneka Hadirkan QRIS, Dorong Inklusi Keuangan untuk Transformasi Digital di Seluruh Indonesia

Rilispedia.com - Bhinneka yang merupakan pemimpin B2B e-Commerce di Indonesia terus menambah alternatif metode pembayaran untuk akses ekonomi yang inklusif dan digital....

JOOX Hadirkan Kolaborasi Akbar Lebih Dari Musik serta Lagu Original dan Seri Dokumenter SVARA

Rilispedia.com - Setelah enam tahun setia menemani penikmat musik di Indonesia, JOOX kini telah berevolusi menjadi Social & Entertainment Discovery Platform yang...

Bazar Buku Internasional Big Bad Wolf Book Online Tokopedia Hadir Dengan Potongan Harga Sampai Dengan 99% !

Rilispedia.com - Bazar Buku Internasional Big Bad Wolf Books (BBW) kembali hadir secara online di official store Tokopedia. Dalam kolaborasi kali ini,...

Hadirkan Kembali Cakap Teacher Academy Batch 2, Cakap Berdayakan Ribuan Guru Indonesia dan Dunia

Rilispedia.com - Sebagai pelopor platform pembelajaran online di Indonesia, Cakap terus berupaya memberikan pengalaman pembelajaran terbaik bagi penggunanya melalui kualitas pengajarnya. Melalui...