Home Life 3 Tips Mengendalikan Diabetes

3 Tips Mengendalikan Diabetes

Rilispedia.com – Diabetes yang termasuk dalam Penyakit Tidak Menular (PTM) diketahui telah menjadi ancaman serius bagi kesehatan masyarakat Indonesia. Mengacu pada Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018, estimasi jumlah penderita diabetes di Indonesia mencapai lebih dari 16 juta orang. Dimana angka tersebut berkemungkinan besar terkena penyakit lain yang dipicu oleh diabetes, seperti serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Menurut Menteri Kesehatan RI, upaya efektif untuk mencegah dan mengendalikan diabetes harus difokuskan pada faktor-faktor risiko disertai dengan pemantauan yang teratur dan berkelanjutan dari perkembangannya karena faktor risiko umum PTM Diabetes di Indonesia relatif masih tinggi, yang salah satunya yaitu 95% populasi masyarakat tidak mengonsumsi buah dan sayuran yang cukup diperlukan tubuh.

Hal serupa juga dijelaskan oleh Ariana Dewi, S.Gz selaku Ahli Gizi bahwa selain faktor genetic dan pola makan, diabetes juga bisa disebabkan karena kurangnya konsumsi sayur dan buah.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips jitu yang dapat kamu lakukan sendiri untuk mengendalikan diabetes:

  1. Berolahraga

    Pada umumnya, penderita diabetes harus berusaha keras untuk selalu sehat secara fisik. Olahraga fisik memiliki efek membantu menurunkan kadar glukosa darah dan terkadang berefek hingga satu hari. Karena efek-efek diabetes yang paling berbahaya disebabkan oleh kadar glukosa yang tinggi, olahraga adalah cara yang berharga yang dapat memungkinkan penderita diabetes untuk menjaga kadar glukosanya tetap terkontrol. Selain itu, olahraga juga memberikan manfaat yang sama untuk penderita diabetes seperti yang pada orang-orang yang bukan penderita diabetes – yaitu, tubuh lebih bugar, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan dan daya tahan, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan suasana hati, dan banyak lagi.
  2. Kurangi Stress

    Stres dinilai dapat membuat kadar gula darah naik, hal itu karena hormon yang dihasilkan dalam tubuh saat stres dapat mencegah insulin bekerja dengan baik.Hindari stres dengan memperbanyak kegiatan yang kamu senangi, seperti membaca buku, jalan-jalan, atau mendengarkan musik, untuk membantu mengurangi stres. Selain itu, lakukan berbagai teknik relaksasi dan cukupi istirahat.
  3. Konsumsi Serat, Sayuran dan Buah yang Cukup

    Apa yang kamu makan dapat memengaruhi kadar gula darah. Oleh karena itu, menjaga asupan makan sangat penting bagi penderita diabetes. Dianjurkan untuk mengonsumsi banyak sayuran, buah, sumber serat yang cukup, ikan, dan mengurangi makanan mengandung gula tinggi, daging olahan, makanan olahan, serta makanan olahan yang asin. Jangan lupa untuk turut mengonsumsi biji-bijian utuh dan susu atau daging tanpa lemak serta hindari minuman dengan pemanis tambahan. Pelajari pula bagaimana menghitung ukuran dan porsi karbohidrat.

“Ada satu suplemen yang dapat saya rekomendasikan yaitu FibreFirst yang dapat membantu memenuhi kebutuhan serat dan nutrisi dari buah dan sayuran yang diperlukan oleh tubuh”, ungkap Ariana Dewi, S.Gz selaku Ahli Gizi.

FibreFirst suplemen kaya akan serat dan nutrisi ekstak buah dan sayuran yang dapat membersihkan saluran pencernaan dari penumpukan kolesterol, gula, dan toksin.
FibreFirst suplemen kaya akan serat dan nutrisi ekstak buah dan sayuran yang dapat membersihkan saluran pencernaan dari penumpukan kolesterol, gula, dan toksin.

FibreFirst adalah produk suplemen yang kaya akan serat serta nutrisi ekstrak sayuran dan buah yang dapat membersihkan saluran pencernaan dari penumpukan kolesterol, gula, dan toksin. Selain itu FibreFirst juga mengandung nutrisi penting lainnya yang diperlukan agar tubuh tetap sehat dan fit.

Must Read

Percepat Transformasi Digital, Huawei Kembangkan Ekosistem Teknologi di Asia Pasifik

Rilispedia.com - Huawei membuka Digix Lab pertamanya di Kawasan Asia Pasifik, berlokasi di Singapura, guna mendukung para pengembang dan mitra yang tergabung...

Teknologi Dapat Membantu Pengurangan Risiko Cedera dalam Sepak Bola

Rilispedia.com - Cedera para pemain dapat menyebabkan dampak yang besar pada musim pertandingan klub, dengan hasil di lapangan, gelar, atau peringkat liga...

ONIC eSports Resmi Tunjuk Juara Apparel Sebagai Official Merchandise Partner

Rilispedia.com - Salah satu tim eSports profesional terbesar Indonesia, ONIC eSports dengan bangga mengumumkan kemitraan sinergis dengan Juara Apparel yang sebelumnya sukses...

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tinjau Pusat Vaksinasi Pertama dengan Pilihan Layanan Drive-Thru di Indonesia

Rilispedia.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno hari ini meninjau Grab Vaccine Center yang didirikan di Nusa Dua...

Xiaomi Masuk Daftar 100 Inovator Global Untuk Ketiga Kali

Rilispedia.com - Xiaomi, perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup, kembali tercatat dalam daftar...