Home Tek 4 Tren Topik Percakapan yang Dapat Dimanfaatkan untuk Kesuksesan Aktivasi Brand di...

4 Tren Topik Percakapan yang Dapat Dimanfaatkan untuk Kesuksesan Aktivasi Brand di Twitter

Konsumsi video di Twitter meningkat 148% pada bulan ramadan 2019

Rilispedia.com – Ramadan hanya tinggal beberapa bulan lagi, dan brand mulai mempersiapkan aktivasi khusus yang dapat menjadikan mereka bagian dari percakapan masyarakat selama bulan suci berlangsung nanti. Dengan karakternya yang real time, Twitter menjadi tempat di mana masyarakat Indonesia juga banyak berbagi dan mencari berbagai informasi umum terkait Ramadan; seperti makanan (60%), konten religi (60%) dan konten hiburan (48%).

Dwi Ardiansyah, Country Industry Head, Twitter Indonesia menyebutkan, “Twitter adalah tempat di mana orang berkumpul untuk mencari dan berbagi informasi yang sesuai dengan interest mereka. Hal ini juga terjadi di bulan Ramadan, di mana kami melihat peningkatan yang signifikan dari jumlah Tweet yang terkait dengan tiga topik percakapan yaitu: makanan, konten religi dan hiburan.”

Dengan banyaknya aktivasi online dan offline selama bulan Ramadan, penting bagi brand untuk melakukan sesuatu yang relevan; tidak hanya dengan momen Ramadan itu sendiri, tetapi juga denga audiens mereka. Terkait dengan hal ini, Twitter menganalisa percakapan di Indonesia selama setahun terakhir dan membeberkan 4 Tren Topik Percakapan yang Dapat Dimanfaatkan untuk Kesuksesan Aktivasi Brand di Twitter.

  1. Tweet terkait gaming meningkat 2x lipat pada bulan Ramadan
    Meningkatnya industri e-Sport juga terlihat dari volume pembicaraan tentang gaming di Twitter. Hal ini tidak mengherankan mengingat 73% pengguna Twitter di Indonesia bermain video games; baik itu melalui perangkat seluler, dekstop, maupun konsol. Pada tahun 2019, jika dibandingkan dengan satu bulan sebelumnya, percakapan tentang gaming meningkat 2x lipat di hari pertama Ramadan.
    Tweet terkait gaming meningkat 2x lipat pada bulan Ramadan
  2. Percakapan seputar hiburan meningkat 25% pada bulan Ramadan 2019
    Pengguna Twitter di Indonesia juga rajin mencari konten hiburan untuk menemani bulan Ramadan mereka. Jika dibandingkan dengan periode tiga bulan sebelumnya, terjadi peningkatan 25% dalam jumlah volume Tweet atau percakapan tentang hiburan selama bulan Ramadan 2019. 46% pengguna di Indonesia bahkan melakukan aktivitas di Twitter saat mereka sedang menonton televisi, dan puncaknya adalah antara jam 18-00 sampai tengah malam.
    Percakapan seputar hiburan meningkat 25% pada bulan Ramadan 2019
  3. Diskusi hangat seputar olahraga
    Tidak hanya pembicaraan tentang gaming atau hiburan, olahraga juga menjadi topik yang turut meramaikan linimasa Twitter saat bulan Ramadan tiba. Di Twitter, pembahasan mengenai olahraga juga memiliki audiens-nya sendiri: mulai dari pembahasan sepak bola Liga Inggris, badminton hingga MotoGP. Sepak bola, badminton dan basket menjadi tiga jenis olahraga teratas yang banyak dibicarakan di 2019 di Indonesia. Percakapan tentang Liga Inggris bahkan meningkat 2x lipat pada bulan Ramadan 2019.
    Diskusi hangat seputar olahraga
  4. Pembicaraan di Twitter mengenai lingkungan meningkat dalam lima tahun terakhir
    Topik lingkungan tidak kalah seru dibicarakan oleh audiens karena menigkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga bumi. Sebanyak 49% pengguna Twitter di Indonesia setuju bahwa sangat penting bagi mereka untuk turut berpartisipasi atau melakukan sesuatu untuk merawat lingkungan.
    Pembicaraan di Twitter mengenai lingkungan meningkat dalam lima tahun terakhir

Dwi Ardiansyah menekankan kembali bagaimana sebuah brand dapat menjadi top of mind selama bulan Ramadan. “Kesuksesan kampanye sebuah brand juga tergantung dari relevansi konten yang mereka gunakan dengan ketertarikan audiens dan momentum yang sedang terjadi. Di bulan Ramadan yang akan datang; brand dapat melihat kembali empat topik yang selalu ada di Twitter seperti gaming, hiburan, olahraga dan lingkungan; kemudian menganalisa bagaimana mereka dapat menjadi bagian dari percakapan audiens secara konsisten dari awal hingga akhir bulan Ramadan. Keempat topik ini kadang terlupakan, tapi percakapannya di Twitter justru meningkat pada bulan Ramadan.

Must Read

Percepat Transformasi Digital, Huawei Kembangkan Ekosistem Teknologi di Asia Pasifik

Rilispedia.com - Huawei membuka Digix Lab pertamanya di Kawasan Asia Pasifik, berlokasi di Singapura, guna mendukung para pengembang dan mitra yang tergabung...

Teknologi Dapat Membantu Pengurangan Risiko Cedera dalam Sepak Bola

Rilispedia.com - Cedera para pemain dapat menyebabkan dampak yang besar pada musim pertandingan klub, dengan hasil di lapangan, gelar, atau peringkat liga...

ONIC eSports Resmi Tunjuk Juara Apparel Sebagai Official Merchandise Partner

Rilispedia.com - Salah satu tim eSports profesional terbesar Indonesia, ONIC eSports dengan bangga mengumumkan kemitraan sinergis dengan Juara Apparel yang sebelumnya sukses...

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tinjau Pusat Vaksinasi Pertama dengan Pilihan Layanan Drive-Thru di Indonesia

Rilispedia.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno hari ini meninjau Grab Vaccine Center yang didirikan di Nusa Dua...

Xiaomi Masuk Daftar 100 Inovator Global Untuk Ketiga Kali

Rilispedia.com - Xiaomi, perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat cerdas dan Internet of Things (IoT) untuk mendukung gaya hidup, kembali tercatat dalam daftar...