Home Biz 43% Pemimpin UMKM Memilih Untuk Mempertahankan Pekerjaan Karyawan Demi Keberlangsungan Bisnis

43% Pemimpin UMKM Memilih Untuk Mempertahankan Pekerjaan Karyawan Demi Keberlangsungan Bisnis

Rilispedia.com – Survei Kaspersky baru-baru ini membahas mengenai tantangan yang dihadapi oleh usaha kecil dan menengah (UMKM) di awal pandemi dan mengungkapkan bahwa prioritas utama bagi hampir dari separuh organisasi secara global adalah untuk mempertahankan karyawan tetap bekerja (43%). Dan, tantangan yang menjadi prioritas utama adalah pengenalan teknologi baru untuk memastikan kelancaran bisnis dalam situasi new normal (53%).

Studi menunjukkan bahwa kinerja bisnis secara langsung dipengaruhi oleh kepuasan karyawan. Selama pandemi, kepuasan kerja dan keterlibatan di antara karyawan menjadi lebih penting daripada sebelumnya, terutama bagi sektor UMKM yang terkena dampak paling signifikan. Tim yang kuat cenderung lebih dapat bertahan terhadap krisis dan mampu mengatasi situasi di tengah masa penguncian, risiko infeksi siber, dan ketidakpastian tentang kondisi di masa yang akan datang.

Sebagai akibatnya, retensi tim menjadi prioritas bagi perusahaan, meskipun banyak yang menghadapi pemotongan anggaran (38%), pengurangan gaji atau jam kerja (35%), atau penutupan kantor atau cabang sementara (34%). Hal yang sama masih berlaku hingga sekarang, dengan sebanyak 42% organisasi berencana untuk meningkatkan biaya personel seperti upah dan tunjangan di tahun mendatang. Mengubah upah karyawan/gaji ke tingkat sebelum-COVID-2019 atau bahkan meningkatkannya demi membantu bisnis mempertahankan talenta sumber daya manusianya, dan meniadakan kebutuhan akan rekrutmen.

Pelestarian pekerjaan dan kepuasan karyawan, antara lain, akan tergantung pada bagaimana pengusaha beradaptasi dengan kondisi kerja yang baru dan ekstrim. Dengan demikian, prioritas utama bagi sebagian besar perusahaan (53%) adalah untuk memfasilitasi staf dengan peralatan teknologi, komunikasi, dan layanan kolaborasi baru yang memadai untuk mengalihkan bisnis dari luring ke daring dan membiarkan karyawan bekerja dari jarak jauh atau dalam model hybrid.

“Menata kembali proses dan sistem kerja telah menjadi tugas penting bagi pemilik dan eksekutif perusahaan untuk menyelamatkan dan mempertahankan bisnis mereka. Untungnya, ada banyak layanan yang mudah dikelola yang tersedia, termasuk yang bersifat gratis sehingga mereka dapat melakukan ini walaupun jika tidak memiliki administrator TI khusus atau anggaran tambahan. Namun, penting untuk memastikan alat digital digunakan dengan aman dan untuk emngedukasi karyawan tentang kesadaran keamanan – tidak hanya untuk kenyamanan pribadi, tetapi untuk melindungi bisnis dari ancaman dunia maya,” kata Andrey Dankevich, Senior Product Marketing Manager di Kaspersky.

Kaspersky merekomendasikan langkah-langkah berikut untuk membantu para pemimpin perusahaan memastikan kondisi kerja yang aman dan nyaman bagi karyawan:

  • Anda dapat melihat panduan gratis tentang anggaran minim untuk TI, cara berkomunikasi dengan para pelanggan secara aman, kiat bekerja dengan para pekerja lepas, dan banyak lagi di platform Kaspersky Cybersecurity On a Budget. Panduan ini sangat mudah untuk dibaca dan diterapkan.
  • Saat proses sudah berjalan, ajaklah karyawan untuk menggunakan praktik keamanan dasar untuk pekerjaan jarak jauh, seperti menghindari menjadi korban email atau phishing web atau mengelola akun dan kata sandi dengan tepat. Kaspersky dan Area9 Lyceum telah membuat pelatihan gratis untuk membantu staf bekerja dengan aman dari rumah.
  • Ada berbagai produk keamanan yang dapat memastikan keamanan penggunaan layanan cloud – messenger, media sosial, dan alat kolaborasi lainnya. Kaspersky Endpoint Security Cloud adalah salah satunya.

Untuk mempelajari lebih lanjut temuan lainnya mengenai sektor UMKM, silakan baca laporan lengkapnya di sini.

Must Read

Sony Indonesia Resmi Luncurkan Empat Seri TV BRAVIA XR Terbaru dengan Teknologi Cognitive Processor XR

Rilispedia.com - Sony Indonesia meluncurkan TV BRAVIA XR terbaru, yaitu X90J 4K LED, X95J 4K LED, A80J OLED, dan Z9J 8K LED...

Dorong UMKM Naik Kelas, Pegadaian Gandeng Briefer Beri Edukasi Pengelolaan Keuangan Digital dan Konten Kreatif

Rilispedia.com - Pegadaian Wilayah VIII Jakarta I bersama Briefer, platform kolaborasi bagi para praktisi di industri komunikasi menggelar seri webinar terkait pengelolaan...

Kiprah Gim Lokapala di PON XX, Bangkitkan Industri Gim Nasional

Rilispedia.com - PON XX Papua 2021 telah menyelesaikan penyelenggaraan pertandingan persahabatan untuk divisi eSports yang mana terdapat beberapa gim popular yang dipertandingkan,...

Keluarkan Jiwa Kekoreaan Kamu di Awesome Review Contest Bersama Samsung Galaxy A32

Rilispedia.com - Samsung Electronics Indonesia (SEIN) terus konsisten mewadahi kegemaran generasi muda dalam membuat konten yang kreatif dan positif. Setelah beberapa waktu...

Honda Luncurkan Sistem New Honda Sensing 360, Tahun 2022 Segera Hadir di Cina

Rilispedia.com - Honda Motor Co., Ltd. baru saja meluncurkan Honda SENSING 360, sistem keselamatan omnidirectional untuk membantu pengemudi dapat melihat beberapa sisi...