Home Games Agate Akuisisi Freemergency, Studio Gim Pemenang Penghargaan Internasional Asal Indonesia

Agate Akuisisi Freemergency, Studio Gim Pemenang Penghargaan Internasional Asal Indonesia

Rilispedia.com – Agate telah mengakuisisi Freemergency, sebuah studio gim asal Jakarta. Terhitung bulan Juni 2021, Freemergency resmi menjadi bagian dari PT Agate Internasional dengan nilai akuisisi yang mencapai milyaran rupiah.

Freemergency adalah studio gim yang didirikan di Maret 2018 oleh enam orang lulusan BINUS. Gim pertama mereka, Retrograde Arena, adalah gim bergenre twin stick shooter dengan fitur online multiplayer. Retrograde Arena telah berhasil menyabet penghargaan Best Innovation dan Rising Star Award dalam ajang Level Up 2019 di Kuala Lumpur. Retrograde Arena juga telah dirilis untuk Nintendo Switch di tanggal 5 Juni lalu, setelah sebelumnya hadir di Steam.

Freemergency menjadi akuisisi terbaru oleh Agate setelah akuisisi Ekuator Games, studio asal Bandung, di tahun 2019. Kapabilitas Freemergency dalam mengembangkan dan menjalankan gim dengan fitur online multiplayer menjadi salah satu alasan di balik langkah akuisisi tersebut.

CEO Agate, Arief Widhiyasa, memberikan pernyataan, “Sejak bertemu pertama kali dengan teman-teman Freemergency pada 2018 silam, saya dan teman-teman di Agate langsung jatuh cinta terhadap produk dan kapabilitas tim mereka dalam membuat game online multiplayer berkualitas tinggi dan menyenangkan. Silahturahmi tersebut berlanjut sampai awal 2021 ini. Setelah diskusi mendalam dengan teman-teman founders Freemergency, ternyata tujuan kami berdua terkait jenis game yang ingin dipersembahkan ke dunia sangatlah selaras. Diskusi tersebut berkembang sampai akhirnya kami memutuskan untuk mengarungi industri game bersama-sama.”

Dengan resminya akuisisi tersebut, seluruh anggota tim Freemergency yang berjumlah enam orang pun bergabung ke Agate, yaitu Kristian Utomo (CEO of Freemergency), Steven Surya Chin (Network Programmer), Alvin Ardianto Gozali (Game Programmer dan Designer), Michael Setiawan (AI Programmer), David Wiseli (Project Manager), dan Ari Antoni (2D Artist). Selain Kristian yang berasal dari jurusan Administrasi Bisnis dan Manajemen, kelima anggota lainnya mengenyam pendidikan di jurusan Game Application Technology BINUS.

Ilustrasi utama Retrograde Arena.

Kristian Utomo selaku CEO Freemergency turut memberikan pernyataan sebagai berikut:

“Kami sangat senang bekerja sama dengan Agate. Kami sudah menjalin kontak dengan Arief dan Fandry sejak debut Freemergency di Game Prime 2018. Kami memiliki tujuan yang hampir sama. Saya percaya kami bisa menggabungkan keahlian Freemergency dalam mengembangkan gim online multiplayer dengan pengalaman Agate dalam mengelola gim live service demi membuat gim yang lebih keren lagi untuk para pemain.”

Harapan tim Freemergency untuk membuat gim yang lebih ambisius bersama Agate juga diungkapkan oleh Steven Surya Chin, Network Programmer, dan Alvin Ardianto Gozali, Game Programmer.

“Kami selalu ingin membuat pengalaman bermain yang lebih besar dan memuaskan, dengan skala yang lebih luas dari yang dapat kami lakukan sebelumnya. Jadi kami merasa bekerja sama dengan Agate adalah langkah yang logis demi mewujudkan tujuan itu.”

Must Read

Tumbuh Positif di tengah Tantangan Pandemi, Surge Cetak Peningkatan Laba Bersih Hingga 541 Persen di Semester 1 2021

Rilispedia.com - PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (IDX: WIFI) atau Surge berhasil mencatatkan pertumbuhan positif di tengah tantangan gelombang pandemi dengan mencatatkan...

Gandeng DANJYO HIYOJI, vivo V21 Bawa Semangat Kebersamaan Dukung Industri Fashion Lokal

Rilispedia.com - Sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme konsumen akan kehadiran vivo V21 di pasar Indonesia, vivo mempersembahkan kolaborasi apik dengan brand kenamaan...

Sambut Peringatan Kemerdekaan RI, ZALORA Tawarkan Diskon Hingga 88% di Gelaran 8.8 Festival Belanja Online

Rilispedia.com - Memasuki Bulan Agustus, masyarakat Indonesia akan merayakan momen spesial hari kemerdekaan, dimana sebentar lagi Indonesia akan genap berusia 76 tahun....

Zilingo Suguhkan Program Affiliate Marketing untuk Influencer Mikro

Rilispedia.com - Dari sekian banyak strategi, affiliate marketing atau pemasaran afiliasi merupakan salah satu yang tengah naik daun saat ini. Platform solusi...

Likee Cool Guys Club Memasuki Tahap Kedua, Pendaftaran Masih Dibuka

Rilispedia.com - Likee, platform pembuatan video pendek terkemuka asal Singapura dengan 115 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia baru saja merayakan...