Home Life Ajak Masyarakat Bersedekah, GoPay Lipatgandakan Donasi selama Hardolnas

Ajak Masyarakat Bersedekah, GoPay Lipatgandakan Donasi selama Hardolnas

Rilispedia.com – Bertepatan dengan Hari Donasi Online Nasional (Hardolnas) yang digelar oleh platform galang dana Kitabisa.com, GoPay kembali mengajak masyarakat bergotong royong membantu sesama lewat donasi digital untuk membangun Indonesia yang lebih berdaya. Untuk mendorong semakin banyak masyarakat berdonasi digital, GoPay akan gencar melakukan edukasi ke masyarakat mengenai program Hardolnas dan juga melipatgandakan setiap donasi GoPay yang masuk ke tiga inisiatif galang dana terpilih selama periode Hardolnas berlangsung, mulai 30 April hingga 7 Mei 2021 di platform Kitabisa.com.

Chief Product Officer, Kitabisa.com Vikra Ijaz mengatakan “Dalam tiga tahun terakhir, Hardolnas telah menjadi ajang bagi sejumlah perusahaan untuk mengapresiasi para donatur yang berbagi lewat platform Kitabisa.com. Di Hardolnas 2020 lalu, lebih dari 24 ribu orang baik telah berpartisipasi dan kami mencatat lebih dari Rp18,8 miliar donasi berhasil terkumpul dalam jangka waktu satu minggu saja. Memasuki tahun ke-3 Hardolnas, kami harap program ini dapat semakin mengajak lebih banyak orang baik berpartisipasi untuk menciptakan dampak yang lebih luas pada para penggalang dana sehingga akan ada lebih banyak pula orang yang terbantu lewat donasi.”

Head of Corporate Affairs GoPay, Winny Triswandhani mengungkapkan, “GoPay terus melanjutkan komitmennya mengedukasi masyarakat luas mengenai kemudahan berdonasi secara digital, agar masyarakat bisa lebih mudah membantu sesama. Harapannya, inisiatif ini dapat melipatgandakan kebaikan yang tersalurkan ke mereka yang membutuhkan, serta menjadi pengingat bagi orang baik lainnya untuk tetap saling membantu di masa sulit. Mengingat bahwa masih banyak orang yang belum familiar dengan metode berdonasi digital pada momen kali ini, kami sekaligus mengajak masyarakat untuk merasakan kemudahan dan kepraktisan berdonasi lewat GoPay di Kitabisa.”

Selama periode Hardolnas, GoPay akan melipatgandakan setiap donasi GoPay yang masuk ke tiga inisiatif galang dana terpilih. Donasi yang akan dilipatgandakan mulai Rp10.000 hingga maksimal Rp100.000. Tiga inisiatif ini dipilih karena dinilai merepresentasikan berbagai isu sosial yang paling membutuhkan bantuan masyarakat. Ketiga inisiatif galang dana tersebut adalah:

  • Warteg Gratis oleh Edho Zell (kitabisa.com/warteggratisramadhan) merupakan kegiatan galang dana berupa warteg di mana semua orang dapat datang dan makan dengan bayaran semampunya, bahkan hingga Rp0.
  • Program Ramadan Bahagia oleh BAZNAS (kitabisa.com/kadoramadhanbahagia) adalah inisiatif dari BAZNAS untuk membantu pekerja informal yang kesulitan lewat Kado Ramadhan Bahagia yang berisi paket sembako dan peralatan sholat yang layak. BAZNAS bekerja sama dengan GoSend untuk menyalurkan paket sembako ke penerima bantuan yang tersebar di Jabodetabek.
  • Kado Al-Quran oleh Rumah Zakat (kitabisa.com/kadoalquran) mengajak masyarakat untuk berdonasi dengan yang hasilnya akan digunakan untuk memberi kado berupa Al-Quran kepada anak-anak di daerah yang membutuhkan.

Penggagas inisiatif Warung Gratis, Edho Zell mengungkapkan bahwa dirinya sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat dan juga GoPay yang telah mendukung galang dana yang ia jalani. “Inisiatif Warteg Gratis ini muncul dari pengalaman saya dulu ketika kesusahan, banyak orang yang memberikan saya makanan dan membantu saya untuk bertahan hidup. Makanya sekarang saya ingin orang lain juga merasakan hal yang sama. Semangat membantu sesama ini juga saya rasakan di GoPay dan Kitabisa. Semoga semakin banyak yang ikut gerakan Hardolnas ini dan bersama, kita bisa bantu lebih banyak orang lagi.” ujar Edho.

Kolaborasi GoPay dan Kitabisa.com bukanlah yang pertama kalinya. GoPay merupakan salah satu metode pembayaran favorit di Kitabisa.com sejak tiga tahun terakhir. Selain itu, GoPay bekerja sama dengan Kitabisa.com untuk fitur GoGive di aplikasi Gojek. Kolaborasi GoPay dan Kitabisa telah memunculkan tren micro-giving, yakni berdonasi dalam nominal kecil namun dengan frekuensi sering dan dilakukan banyak orang sehingga memberikan dampak yang besar.

GoPay sendiri mencatat, transaksi donasi yang disalurkan lewat GoPay meningkat 2,5 kali lipat di 2020, dengan total nilai donasi mencapai Rp136 miliar. Riset Digital Donation Outlook 2020 menunjukkan bahwa rerata nilai per donasi digital naik sebesar 72% selama pandemi. Di bulan Ramadan ini, GoPay juga mendorong donasi digital lewat dukungan Gerakan Cinta Zakat bersama Baznas.

Informasi lebih lengkap mengenai Hardolnas 2021 dapat dilihat pada laman hardolnas.kitabisa.com.

Must Read

Sony Indonesia Resmi Luncurkan Empat Seri TV BRAVIA XR Terbaru dengan Teknologi Cognitive Processor XR

Rilispedia.com - Sony Indonesia meluncurkan TV BRAVIA XR terbaru, yaitu X90J 4K LED, X95J 4K LED, A80J OLED, dan Z9J 8K LED...

Dorong UMKM Naik Kelas, Pegadaian Gandeng Briefer Beri Edukasi Pengelolaan Keuangan Digital dan Konten Kreatif

Rilispedia.com - Pegadaian Wilayah VIII Jakarta I bersama Briefer, platform kolaborasi bagi para praktisi di industri komunikasi menggelar seri webinar terkait pengelolaan...

Kiprah Gim Lokapala di PON XX, Bangkitkan Industri Gim Nasional

Rilispedia.com - PON XX Papua 2021 telah menyelesaikan penyelenggaraan pertandingan persahabatan untuk divisi eSports yang mana terdapat beberapa gim popular yang dipertandingkan,...

Keluarkan Jiwa Kekoreaan Kamu di Awesome Review Contest Bersama Samsung Galaxy A32

Rilispedia.com - Samsung Electronics Indonesia (SEIN) terus konsisten mewadahi kegemaran generasi muda dalam membuat konten yang kreatif dan positif. Setelah beberapa waktu...

Honda Luncurkan Sistem New Honda Sensing 360, Tahun 2022 Segera Hadir di Cina

Rilispedia.com - Honda Motor Co., Ltd. baru saja meluncurkan Honda SENSING 360, sistem keselamatan omnidirectional untuk membantu pengemudi dapat melihat beberapa sisi...