Home Tek Alami Kenaikan 168%, Bukti Bahwa Website Sekolah Meningkat di Era Pandemi

Alami Kenaikan 168%, Bukti Bahwa Website Sekolah Meningkat di Era Pandemi

Rilispedia.com – Pandemi yang melanda di Indonesia membawa perubahan yang signifikan dalam kegiatan. Termasuk dalam dunia belajar mengajar dimana tidak bisa dilakukan secara tatap muka seperti biasanya. Sejak Maret 2020 sekolah tidak bisa melakukan aktivitas pembelajaran sehingga diharuskan belajar secara virtual atau online.

Dikarenakan hal tersebut, pihak sekolah pun mulai merasa bahwa perlu adanya dorongan untuk meningkatkan kehadiran online dan menunjang informasi penting yang dapat diakses oleh orang banyak tanpa perlu mendatangi sekolah tersebut untuk sementara waktu. Maka sekolah pun sadar akan pentingnya sebuah website yang dapat menunjang sekolah dan menciptakan presensi yang unggul di ekosistem online.

Hal ini terbukti dari data yang dikeluarkan oleh Exabytes Indonesia bahwa adanya kenaikan hingga 168% website sekolah yang terdaftar di kurun waktu pandemi berlangsung dari Maret 2020 – Maret 2021. Lonjakan kenaikan website sekolah ini lebih signifikan dibandingkan dengan data tahun 2019 – 2020.

Website yang terdaftar merupakan website dengan domain SCH.ID dimana domain ini merupakan domain dengan singkatan dari kata “school” dan “id” yang berarti Indonesia. Domain ini menjadi domain yang diperuntukkan khusus untuk sekolah yang telah memiliki izin dari PANDI yang bisa digunakan untuk website sekolah apapun dengan berbagai jenjangan pendidikan.

Indra Hartawan sebagai Country Manager Exabytes Indonesia mengemukakan bahwa website sekolah dengan domain sch.id mengalami kenaikan pesat dibandingkan beberapa tahun terakhir. “Terutama saat pandemi terjadi, domain sch.id mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Hal ini membuktikan bahwa sekolah mulai sadar memerlukan website untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran.”

Indra juga menuturkan bahwa saat ini sekolah harus memanfaatkan teknologi dan informasi agar tidak tertinggal dari perkembangan zaman yang serba digital. Terutama untuk pembelajaran daring yang sedang diterapkan supaya lebih optimal. Maka dari itu perlu hadirnya website untuk sekolah. “Sebagai contoh, website sekolah yang baik itu tidak hanya memiliki profil sekolah saja tetapi bisa memberikan informasi seperti pendaftaran siswa baru, modul e-lerning hingga ujian online (CBT Online). Sehingga sekolah pun dapat memberikan value lebih yang tak hanya bermanfaat untuk sekolah itu sendiri tetapi untuk tenaga pengajar, siswa siswi hingga orang tua siswa.”

Oleh karena itu, Exabytes sadar akan pentingnya kehadiran online website sekolah yang masih belum banyak. Dilansir dari Tribun News Makassar bahwa 90% sekolah tidak punya website. Menurut Prof. Arismunandar selaku Guru Besar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Makassar bahwa transformasi pembelajaran berbasis digital masih terbata-bata dalam dunia pendidikan Indonesia dan baik guru maupun dosen masih memiliki pemahaman teknologi yang rendah.

Oleh karena itu, perusahaan hosting Exabytes Indonesia berkolaborasi dengan registry domain utama Indonesia PANDI meluncurkan program #WebsiteUntukSekolah. Program ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei dimana Exabytes dan PANDI ingin mendorong kesadaran akan pentingnya kehadiran online dan membantu sekolah dalam mewujudkan website sekolah dengan mudah dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

“Selama ini website sekolah kerap dianggap susah dibuat karena minimnya tenaga pengajar yang memahami IT, keterbatasan biaya hingga sulit untuk mengelola website dalam waktu lama, Namun dalam program Website Untuk Sekolah ini, kami ingin membantu sekolah untuk membangun website dengan mudah dan membantu mengoptimalkan pembelajaran daring,” kata Indra.

Harapannya program Website Untuk Sekolah dapat menjadi solusi bagi sekolah yang saat ini membutuhkan website dengan bantuan langsung dari tim profesional berpengalaman agar dapat meningkatkan sistem pembelajaran online serta menciptakan presensi online bagi sekolah.

Must Read

Antisipasi Permintaan Membludak dan Kecurangan Pembelian Bikin Penjualan Perdana Infinix Note10 Pro NFC Ditunda!

Rilispedia.com - Setelah merilis dua smartphone entry-level andal, yakni Infinix Hot 10 Play dan Infinix Hot 10S yang bekerja sama dengan MLBB...

Hadirkan Laboratorium Fiber Optic untuk SMK, Telkom Tumbuhsuburkan Digital Talent

Rilispedia.com - Sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkomitmen untuk mendukung pendidikan anak bangsa dengan...

Perangi Ransomware, Palo Alto Networks Gabung di Garda Depan Koalisi Ransomware Task Force

Rilispedia.com - Saat ini, Ransomware dianggap sebagai ancaman keamanan paling penetratif yang mulanya hanya dianggap sebagai gangguan keamanan biasa, kini kehadirannya dianggap...

Honda Menampilkan Teaser All New Honda Civic Hatchback yang Dapat Diakses Secara Virtual

Rilispedia.com - Honda Motor Co., Ltd. menampilkan teaser tentang All New Honda Civic Hatchback secara virtual di situs website www.honda.co.jp. Halaman ini...

Tingkatkan Efektivitas Strategi Bisnis Dengan Game Virtual Reality Kaspersky Interactive Protection Simulation

Rilispedia.com - Kaspersky telah menciptakan skenario mengenai pembangkit listrik yang tersedia untuk dimainkan di virtual reality (VR), dalam sebuah game simulasi bisnis...