Home Tek Alasan ROG Phone II Menggunakan Layar AMOLED 120Hz/1ms

Alasan ROG Phone II Menggunakan Layar AMOLED 120Hz/1ms

Bukan gimmick, layar ROG Phone II dirancang khusus agar gamer dapat mendominasi permainan

Rilispedia.com  Tanggal 5 Desember 2019, ASUS menghadirkan ROG Phone II di Indonesia. Selain merupakan smartphone gaming paling powerful, ROG Phone II juga hadir dengan fitur khusus gaming yang tidak dimiliki oleh smartphone lainnya. Salah satu fitur tersebut adalah layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan response time 1ms.

“ROG Phone II merupakan smartphone gaming pertama yang menggunakan layar AMOLED 120Hz 1ms,” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia. “Fitur tersebut memang tidak pernah diusung oleh produsen smartphone lainnya karena konsentrasi utama mereka bukanlah gaming. Untuk gamers, layar dengan refresh rate tinggi dan memiliki respons cepat sangat penting keberadaannya,” tambah Jimmy.

Pengaruh Refresh Rate Tinggi dalam Game

Seperti diketahui, refresh rate merupakan istilah yang sering muncul ketika membahas sebuah layar digital. Refresh rate merupakan kemampuan layar untuk melakukan refresh dan menampilkan frame dalam satu detik yang ditampilkan dalam bentuk frekuensi dengan satuan Hertz (Hz). Refresh rate erat kaitannya dengan berapa banyak frame yang bisa ditampilkan layar dalam satu detiknya.

Sebagai contoh, jika sebuah layar memiliki refresh rate 60Hz, maka layar tersebut hanya bisa menampilkan 60 frame per detiknya (60fps). Semakin tinggi refresh rate maka jumlah frame yang dapat ditampilkan semakin banyak, dan semakin banyak frame yang ditampilkan maka tampilan visual dan animasi akan terlihat semakin halus.

“Para gamers membutuhkan frame rate yang tinggi saat bermain game karena hal tersebut sangat berpengaruh pada setiap aksi yang dilakukannya,” sebut Jimmy. “Jika frame rate yang dihasilkan game rendah, maka tampilan animasi akan terlihat seperti patah-patah dan hal tersebut akan mengganggu respon gamer di dalam game,” sebutnya.

Di dunia PC, sebagian besar gamers eSport sudah terbiasa dengan standar refresh rate 144 dan 240Hz. Sementara di lini mobile gaming ROG Phone II ingin menaikkan standar gaming melalui layar 120Hz yang mampu menampilkan framerate hingga 120fps. Tak hanya itu, response time-nya pun diset ke angka yang luar biasa.

Response Time Sebagai Faktor Kemenangan

Siapa bilang kemampuan sang gamer adalah satu-satunya faktor penentu kemenangan di dalam pertandingan? Faktor teknis seperti response time pada layar perangkat juga memiliki peran penting. Response time adalah waktu yang diperlukan layar untuk menampilkan perintah atau masukan (input) gamer menjadi animasi di dalam game.

Response time yang tinggi membuat input dari gamer terlambat untuk ditampilkan sehingga menimbulkan fenomena jeda input atau input lag. Setiap milidetik bagi gamer adalah pertaruhan hidup atau mati dan menang atau kalah, sehingga perangkat yang memiliki layar dengan response time lebih rendah tentu saja lebih diminati.

Selain memiliki response time yang sangat rendah dan refresh rate yang sangat tinggi, layar AMOLED yang digunakan di ROG Phone II juga mampu menyajikan konten HDR serta memiliki warna yang sangat akurat. Tidak tanggung-tanggung, layar di smartphone gaming ini bahkan memiliki tingkat reproduksi warna di color space DCIP-3 hingga 111,8% dengan Delta E<1.

ASUS ROG Phone II tampil sebagai smartphone yang dirancang khusus untuk gamer
ASUS ROG Phone II tampil sebagai smartphone yang dirancang khusus untuk gamer

Smartphone Gaming yang Sebenarnya

Tidak hanya unggul dari sisi layar, ROG Phone II sejak awal tampil sebagai smartphone yang dirancang khusus untuk gamer. Dari segi performa, ROG Phone II dibekali dengan spesifikasi terbaik mulai dari SoC Qualcomm Snapdragon 855+ dengan clock speed hingga 2,96GHz, penyimpanan UFS 3.0 hingga 512GB, serta RAM LPDDR4X hingga 12GB.

Kombinasi ketiga komponen performa tinggi tersebut memastikan semua game dapat berjalan dengan kualitas dan performa terbaik.

ROG Phone II juga dilengkapi dengan fitur gaming khusus, salah satunya adalah Air Trigger yang merupakan sensor khusus di bagian samping bodi ROG Phone II yang dapat digunakan sebagai tombol tambahan ketika bermain game.

Selain itu, terdapat juga port USB Type-C khusus di bagian samping bodi ROG Phone II yang berfungsi sebagai fasilitas untuk mengisi daya sekaligus menghubungkan berbagai aksesori khusus ROG Phone II.

ROG Phone II tidak hanya powerful dan penuh fitur, tetapi juga dapat menemani sesi bermain game penggunanya dalam jangka waktu yang lebih lama. Berkat baterai besar 6.000mAh, ROG Phone II dapat digunakan untuk bermain game lebih lama dibandingkan smartphone lainnya. Didukung dengan teknologi Quick Charge 4.0, baterai ROG Phone II juga dapat diisi ulang dalam waktu yang singkat.

Spesifikasi ASUS ROG Phone II

Processor2.96GHz Qualcomm® Snapdragon 855 Plus Mobile Platform with 7nm, 64-bit octa-core processor
GPUQualcomm® Adreno 640
UIAndroid Pie with new ROG UI
Display– 6.59-inch 19.5:9 (2340 x 1080) 120Hz/1ms AMOLED 10-bit HDR display
– Ultra low touch latency at 49ms
– 600nits outdoor readable brightness
– Delta E < 1
– 111,8% of DCI-P3 color gamut
– 500,000:1 contrast ratio AMOLED display with Corning® Gorilla® 6 Glass
– Blue-light filter for eye care
– Supports Always On
– Capacitive touch panel with 10-point multitouch (supports glove touch)
Dimensions170.99 x 77.6 x 9.48 mm
Weight240g
Battery6000mAh
MemoryUp to LPDDR4X12GB RAM
StorageUp to UFS 3.0 512GB
SensorIn-display fingerprint sensor, face recognition, accelerator, e-compass, gyroscope, proximity sensor, Hall sensor, ambient light sensor, ultrasonic sensors for AirTrigger II and grip press, dual vibrators
Wireless Technology– 4G LTE up to 1.2Gbps downloads with integrated Qualcomm® Snapdragon™ X24 LTE modem
– Qualcomm Wi-Fi 802.11a/b/g/n/ac
– Wi-Fi Direct
– Bluetooth® 5.0 (EDR + A2DP), supports Qualcomm® aptX™, aptX HD and aptX Adaptive NFC
GPSSupports GPS(L1+L5), GLO, BDS, GAL(E1+E5a), QZSS(L1+L5)
I/O portsSide:
– Custom USB-C
– Supports USB 3.1 Gen 2 / DP 1.4 (4K) / fast charging (PD 3.0 + QC 4.0) (30W)
– 30W ROG HyperCharge direct charging
Bottom:
– USB-C
– Supports USB 2.0 / fast charging (PD3.0) (30W) / direct charging
– 3.5mm headphone jack
Main Rear Camera48MP SONY IMX586 flagship sensor, Quad Bayer Technology, F1.79, 0.8µm/1.6µm effective pixel size, 1/2.0″, 2×1 OCL PDAF, LED flash
Second rear Camera13MP, 125˚ ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction
Front Camera24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0
Voice WakeupYes
Speaker– Dual front-facing stereo speakers with DTS:X Ultra Virtual Surrounding Sound
– Stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect
NFCSupported

Must Read

Dukung Petani dan UMKM, TaniFund dan BRI Jalin Kerja Sama Salurkan Kredit Senilai Rp200 Miliar

Rilispedia.com - TaniFund, platform peer-to-peer (P2P) lending terdepan yang bergerak dalam pembiayaan sektor agrikultur dan pangan, resmi bekerja sama dengan Bank Rakyat...

Percepat Transformasi Digital, Huawei Kembangkan Ekosistem Teknologi di Asia Pasifik

Rilispedia.com - Huawei membuka Digix Lab pertamanya di Kawasan Asia Pasifik, berlokasi di Singapura, guna mendukung para pengembang dan mitra yang tergabung...

Teknologi Dapat Membantu Pengurangan Risiko Cedera dalam Sepak Bola

Rilispedia.com - Cedera para pemain dapat menyebabkan dampak yang besar pada musim pertandingan klub, dengan hasil di lapangan, gelar, atau peringkat liga...

ONIC eSports Resmi Tunjuk Juara Apparel Sebagai Official Merchandise Partner

Rilispedia.com - Salah satu tim eSports profesional terbesar Indonesia, ONIC eSports dengan bangga mengumumkan kemitraan sinergis dengan Juara Apparel yang sebelumnya sukses...

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tinjau Pusat Vaksinasi Pertama dengan Pilihan Layanan Drive-Thru di Indonesia

Rilispedia.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno hari ini meninjau Grab Vaccine Center yang didirikan di Nusa Dua...