Home Tek Alibaba Cloud Luncurkan Solusi Livestreaming E-commerce Terbaru untuk Berbagai Skala Bisnis

Alibaba Cloud Luncurkan Solusi Livestreaming E-commerce Terbaru untuk Berbagai Skala Bisnis

Rilispedia.com – Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan inteligensi dari Alibaba Group, hari Selasa (08/06) meluncurkan solusi satu atap livestreaming e-commerce terbaru guna membantu para pelaku bisnis global dari berbagai skala untuk melakukan livestreaming dan menawarkan para pelanggan akan pengalaman berbelanja online yang dipersonalisasi. Adanya solusi livestreaming ini merupakan sebuah permintaan yang berkembang pesat selama pandemi COVID-19.

Solusi baru ini juga dirancang menggunakan Content Delivery Networks (CDN) atau Jaringan Pengiriman Konten Alibaba Cloud yang luas dengan lebih dari 2.800 node di lebih dari 70 negara dan wilayah, yang memanfaatkan teknologi perusahaan berskala besar dan pemrosesan video real-time yang terdistribusi untuk memungkinkan transfer sinyal tanpa gangguan antar penjual, pembeli dan pusat distribusi terdekat.

Teknologi transcoding cloud milik Alibaba Cloud yang bernama Narrowband HD, menjamin kualitas gambar sekaligus mengurangi bit rate, memungkinkan pengalaman livestreaming beresolusi tinggi dengan biaya bandwidth yang rendah. Selain itu, teknologi ini juga membantu mengatasi tantangan terkait kualitas teknologi audio dan video, biaya tinggi perangkat lunak penting seperti transcoding video real-time dan memberikan efisiensi dalam pengaturan traffic dan CDN. Pengguna dapat menikmati livestreaming dengan maksimum latensi hanya dua detik, dimana hal ini sangat penting digunakan saat flash sales.

Diciptakan menggunakan teknologi imersif Alibaba Cloud, solusi ini menyediakan beragam fitur penting dengan latensi minimal untuk sesi penjualan virtual, termasuk pemutaran ulang livestreaming, tampilan video produk yang ada dalam livestreaming, dan terjemahan subtitle secara real-time saat melakukan livestreaming lintas batas. Solusi ini juga mendukung livestreaming secara end-to-end dan livestreaming dari perangkat ke cloud, sehingga memudahkan pebisnis berskala kecil dalam meluncurkan sesi penjualan mereka sendiri.

Sejak 1 Juni 2021, Tmall 618 Mid-Year Shopping Festival melihat banyaknya pedagang dan merek yang menggunakan layanan livestreaming Alibaba Cloud. Penjualan yang dihasilkan dari Taobao Live hanya saat jam pembukaan acara melampaui penjualan hari pertama di tahun 2020.

Solusi livestreaming yang dikeluarkan bersama lebih dari 20 produk, solusi, dan pembaruan lainnya selama Alibaba Cloud Summit 2021 virtual hari ini bertujuan untuk lebih membantu bisnis dalam perjalanan digitalisasi mereka. Selain penawaran, generasi ketujuh dari Layanan Komputasi Elastis atau Elastic Compute Service (ECS 7) Alibaba Cloud dan Layanan Manajemen Data atau Data Management Service (DMS) cloud-native yang diperbarui akan ditampilkan secara eksklusif di Asia, lalu diikuti oleh pasar global.

Pada saat Alibaba Cloud Summit 2021, Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence, mengatakan: “Sebagai salah satu penyedia layanan cloud terkemuka di pasar cloud global, inovasi teknologi menjadi inti dari pengembangan jangka panjang Alibaba Cloud. Memperkenalkan produk dan solusi baru serta terus meningkatkan fitur produk adalah cara kami untuk memenuhi janji kepada pelanggan dan mitra global kami. Akselerasi transformasi digital dan adopsi teknologi yang muncul sebagai agenda di Asia membuat kami sangat bersemangat, dan memotivasi kami untuk terus meningkatkan inovasi dan kemampuan R&D kami agar dapat tetap berada di garis terdepan di industri.”

Produk dan pembaruan lainnya yang diluncurkan selama Alibaba Cloud Summit 2021, meliputi:

  • Peningkatan produk infrastruktur
    Sistem operasi cloud (OS) Alibaba Cloud Linux 3 (Alinux3): ditingkatkan dari Alinux2, OS cloud Alinux3 sekarang tersedia secara global untuk pertama kalinya guna memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengembang dengan keamanan yang telah ditingkatkan serta stabilitas dan kinerja runtime yang lebih baik. Dengan Alinux3, kinerja runtime untuk aplikasi end-to-end mainstream seperti Redis, Mysql dan Nginx telah ditingkatkan hingga 40% dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Alinux3 kompatibel dengan ekosistem perangkat lunak yang dikembangkan sendiri oleh Alibaba Cloud serta RHEL/ CentOS 8. Alinux3 juga memberikan komunitas pengembang pemeliharaan perangkat lunak gratis dan dukungan teknis selama delapan tahun berturut-turut.

    ECS 7: diperkenalkan sebagai bagian dari peningkatan infrastruktur Alibaba Cloud, ECS 7 yang berjalan di Alinux3 dan secara bersamaan mendukung komputasi tepercaya dengan perhitungan terenkripsi, kemampuan komputasi terdepan di dunia yang meningkatkan level keamanan dalam cloud. Didukung oleh Arsitektur X-Dragon dan prosesor Intel® Xeon® Scalable generasi ketiga (Ice Lake), ECS 7 meningkatkan daya komputasi lebih dari 40% dibandingkan generasi sebelumnya. Hong Kong dan Singapura akan menjadi pasar pertama di luar China yang memiliki akses ke ECS 7, tersedia mulai paruh kedua tahun 2021.
  • DMS: platform satu atap untuk manajemen data cloud-native
    Data silos menjadi tantangan bagi banyak perusahaan dalam hal keamanan data, tata kelola, dan penambangan, karena aset data inti sering kali disimpan di berbagai basis data dan gudang. Platform DMS mendukung manajemen data untuk lebih dari 30 sumber data yang ada di hybrid cloud. Hal ini memungkinkan karena gateway antara database yang dibangun sendiri dan cloud telah terintegrasi, sehingga dapat menghubungkan semua database dengan mulus dan memungkinkan pengaturan siklus data sepenuhnya di seluruh produksi, penyimpanan, transmisi, pemrosesan, dan komputasi. Untuk tahap awal, pembaruan platform ini akan tersedia di Malaysia, Indonesia, dan Singapura, mulai dari akhir tahun ini.

Rilis komersial lainnya mengenai produk database Alibaba Cloud dapat ditemukan dalam pipeline, termasuk cakupan versi MySQL utama untuk PolarDB, mode elastis baru untuk AnalyticDB, MyBase, ClickHouse dan database multi-model cloud-native Lindorm.

Must Read

Razer Opus X, Headset Wireless Untuk Gaming dan Lifestyle Terbaru

Rilispedia.com - Razer, brand lifestyle global terkemuka untuk para gamer. Razer mengumumkan tambahan terbaru pada varian produk audio lifestyle nirkabel dengan Opus...

Antisipasi Permintaan Membludak dan Kecurangan Pembelian Bikin Penjualan Perdana Infinix Note10 Pro NFC Ditunda!

Rilispedia.com - Setelah merilis dua smartphone entry-level andal, yakni Infinix Hot 10 Play dan Infinix Hot 10S yang bekerja sama dengan MLBB...

Hadirkan Laboratorium Fiber Optic untuk SMK, Telkom Tumbuhsuburkan Digital Talent

Rilispedia.com - Sebagai perusahaan telekomunikasi terdepan di Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkomitmen untuk mendukung pendidikan anak bangsa dengan...

Perangi Ransomware, Palo Alto Networks Gabung di Garda Depan Koalisi Ransomware Task Force

Rilispedia.com - Saat ini, Ransomware dianggap sebagai ancaman keamanan paling penetratif yang mulanya hanya dianggap sebagai gangguan keamanan biasa, kini kehadirannya dianggap...

Honda Menampilkan Teaser All New Honda Civic Hatchback yang Dapat Diakses Secara Virtual

Rilispedia.com - Honda Motor Co., Ltd. menampilkan teaser tentang All New Honda Civic Hatchback secara virtual di situs website www.honda.co.jp. Halaman ini...