Home Biz Aman dan tenteram: Bagaimana bisnis dapat menanggapi Coronavirus

Aman dan tenteram: Bagaimana bisnis dapat menanggapi Coronavirus

Rilispedia.com – Wabah asing coronavirus yang baru ini terjadi, juga dikenal sebagai COVID-19, telah mempengaruhi bermacam bagai bisnis di seluruh dunia. Facebook berkomiten dalam membantu melawan Coronavirus, dengan meluncurkan upaya yang terfokuskan pada bantuan untuk bisnis seperti anda.

Dalam panduan dibawah ini, anda dapat menemukan sumber daya serta rekomendasi yang dapat membantu untuk memastikan bisnis anda dilengkapi dengan sarana yang tepat agar dapat berkomunikasi secara baik dengan pelanggan.

  • Jaga keamanan diri anda dan sadar akan pemberitahuan terbaru
    Pastikan anda tahu akan situasi terbaru dengan memonitor sumber-sumber resmi seperti WHO dan pemerintah departemen kesehatan di daerah anda. Ada pentingnya akan sadar mengenai berita terbaru agar anda dapat menanggapi dengan cepat jikalau terjadi perubahan yang dapat mempengaruhi bisnis anda.
  • Perhatikan pengumuman yang penting
    Untuk dapat memberitahu, melapor dan mengedukasi pelanggan anda secara proaktif, pertimbangkan untuk membuat posting pengumuman di situs web Anda, halaman Facebook atau Profil Bisnis Instagram. Anda dapat menyematkan pengumuman penting di bagian teratas dalam halaman Facebook Anda agar dapat mudah terlihat. Postingan anda dapat memuat informasi mengenai langkah yang telah diambil untuk memastikan premis dan produk anda aman, serta juga langkah anda mengatasi pertanyaan pelanggan dalam periode ini. Anda dapat menyampaikan informasi berikut melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk eDM dan pesan notifikasi.
  • Pertimbangkan saluran alternatif lain
    Jika anda harus menunda atau membatalkan suatu rencana acara akibat dari wabah yang terjadi, anda dapat mempertibangkan menggunakan saluran alternatif untuk digunakan sebagai fasilitas dalam acara berikut, dan sementara itu Anda masih dapat memastikan pelanggan Anda tetap terlibat. Sebagai contoh, anda dapat mengubah kegiatan workshop menjadi seminar online, atau saluran sosial media menjadi sesi siaran langsung yang teratur. Belajar lebih banyak mengenai sesi live di Facebook atau Instagram.
  • Tanggapan terhadap pertanyaan pelanggan
    Lengkapi tim customer service anda dengan panduan dan sumber daya mengenai bagaimana menanggapi pertanyaan pelanggan dengan tepat dan baik. Pertimbangkan menyusun contoh pola menjawab dalam untuk eDM, Facebook Messenger, Instagram Direct, serta saluran komunikasi lain yang biasa digunakan dalam bisnis Anda.
    Sangatlah penting untuk merespon dan menyediakan pelanggan anda dengan visibilitas dan transparansi dalam periode ini. Penanganan akan pertanyaan pelanggan dalam jummlah besar secara cepat dan tepat adalah kunci utama. Belajar lebih  banyak mengenai mengelola Direct Message  dalam Instagram Direct, mengatur keberadaan bisnis anda dalam Messenger, dan membuat profil bisnis Whatsapp.
    Pertimbangkan informasi apa yang pelanggan anda ingin ketahui. Untuk perusahaan yang bergelut di bidang retail hal  tersebut mungkin mencangkup hal yang berhubungan dengan pesanan pelanggan; untuk perusahaan event dan travel hal tersebut bisa berhubungan dengan pembatalan; dan untuk sarana olahraga (gym), tempat sarana edukasi, dan tempat- tempat yang memberikan sarana (host) untuk grup, informasi yang tersedia dapat bersangkutan dengan pengembalian uang dan jeda keanggotaan (membership).
  • Menyediakan kejelasan melalui FAQs
    Ada baiknya jika anda berpikir tentang pertanyaan apa yang mungkin akan ditanyakan, dan lalu mempersiapkan jawaban FAQ (pertanyaan yang sering ditanyakan) sebanyak-banyaknya menunjukkan kejelasan dan menjaminkan. Kami telah mengumpulkan FAQ yang sering digunakan yang mungkin dapat digunakan baik dalam Industri manapun:
    Q: Apakah saya bisa membatalkan pesanan saya (contoh: tiket bepergian / program edukasi / keanggotaan sarana olahraga)?
    A: Tentu saja. Sebagai bagian dari tanggapan sesuai dengan situasi yang kian berubah, pihak yang berwajib telah mempertimbangkan mengambil langkah tambahan untuk mengurangi kontak antar manusia, seperti membatalkan pertemuan massa, menunda sekolah, dan mengurangi layanan perawatan yang tidak diperlukan. Sesuai dengan upaya yang dilakukan, kami dapat membatalkan pesanan anda/menjadwal ulang atau membatalkan perjalanan anda/memberikan jeda dalam keanggotaan anda berikut dengan permintaan.
    Q: Apakah aman untuk menerima paket dari Cina?
    A: Kesehatan dan keamanan pelanggan merupakan prioritas untuk kami. Menurut US Center for Disease Control & Prevention (US CDC), coronavirus memiliki kemampuan bertahan hidup yang rendah pada permukaan, ini berarti kemungkinan akan penyebaran virus melalui produk atau paket yang dikirim dalam periode berhari-hari/ berminggu-minggu sangatlah rendah. Saat ini tidak ada bukti bahwa coronavirus dapat menyebar melalui barang yang dikirim secara impor. Untuk informasi lebih  lanjut anda dapat mengunjungi website US CDC.

Meskipun jalan kedepan masih terlihat panjang, kami percaya bahwa kita dapat melewati rintangan ini dengan bersatu bersama, tetap waspada, serta tetap ada untuk satu sama lain. Kami juga ingin mengingatkan semua orang untuk berhati-hati, ambil langkah yang bijaksana, terutama pentingkan diri anda sendiri terlebih dahulu. Kami akan selalu bersama dengan anda di kedepan hari, dan kami berkomitmen untuk menyediakan bantuan yang proaktif dan responsif, serta terus mengembangkan solusi terbaru atas situasi kompleks yang terus kian berubah ini.

Must Read

Telkom Jadi Satu-Satunya Perusahaan Indonesia di Jajaran Forbes 2021 World’s Best Employer

Rilispedia.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali meraih pengakuan yang bergengsi dari institusi internasional. Kali ini, Telkom menjadi satu-satunya perusahaan...

Rata-rata Penghasilan Bulanan Mitra UMKM di Masa Pandemi Meningkat 7 Kali Lipat, GoFood Fokus Kembangkan Wadah Edukasi

Rilispedia.com - UMKM kuliner menjadi salah satu bidang usaha yang terdampak di masa pandemi. Untuk dapat terus bertahan, sebanyak 42% UMKM menggunakan...

Seperti Paralel, 2019 Adalah Fenomena Awal Dimulainya Wabah Trojan Perbankan Di Asia Pasifik

Rilispedia.com - Sudah menjadi fakta bahwa krisis kesehatan saat ini, yang pertama kali terdeteksi pada Desember 2019, telah mengubah secara drastis berbagai...

Samsung Umumkan Tiga Pemenang dari Kampanye #TeamUnstoppable Indonesia

Rilispedia.com - Samsung Electronics Co., Ltd baru saja menyelesaikan #TeamUnstoppable, sebuah kampanye regional yang mengajak para Gen Z dan milenial Asia Tenggara...

Ajak Perempuan untuk Ekspresikan Cantiknya, Blibli Gelar Festival Belanja Cantik

Rilispedia.com - Blibli sebagai e-commerce lokal terdepan yang mengutamakan kepuasan pelanggan memiliki mayoritas pengguna aktif perempuan. Blibli berkomitmen untuk memberikan pengalaman berbelanja...