Home Life Bantu Tingkatkan Produktivitas Ekonomi Perempuan, Samsung Adakan Program Pelatihan Teknologi Digital di...

Bantu Tingkatkan Produktivitas Ekonomi Perempuan, Samsung Adakan Program Pelatihan Teknologi Digital di Bandung

Samsung dukung usaha mikro, kecil dan menengah 84 perempuan di Bandung lewat program pelatihan Samsung OneWeek

Rilispedia.com – Melanjutkan komitmen untuk berkontribusi meningkatkan kualitas kehidupan di seluruh dunia, Samsung Electronics Co. Ltd meluncurkan Samsung OneWeek Program di Indonesia untuk membina perempuan pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di area Bandung agar dapat meningkatkan produktivitasnya dengan bantuan teknologi digital. Program ini memberikan pelatihan kepada 84 perempuan pelaku UMKM di Bandung, mulai dari tanggal 15 sampai 19 Juli 2019 di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Kepedulian Samsung akan peningkatan kualitas UMKM melalui teknologi digital ini sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo untuk mejadikan Indonesia sebagai “Digital Energy of Asia”.

Suasana pelatihan Samsung OneWeek Program di Indonesia kepada 84 perempuan pemilik usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di area Bandung yang berlangsung sejak tanggal 15 sampai 19 Juli 2019 di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Para peserta yang mendapat pelatihan entrepreneurship, marketing dan fotografi ini menerima materi dari 32  relawan yg terdiri dr 28 karyawan Samsung dan 6 mahasiswa asal Korea yang tergabung sebagai relawan Employee Volunteering Program. Seluruh materi untuk pelatihan ini dipersiapkan secara praktis agar dapat segera diimplementasikan oleh peserta dan merasakan peningkatan untuk produktivitas usahanya. Terlihat dalam foto adalah Kanghyun Lee, Vice President Corporate Business and Corporate Affairs Samsung Electronics Indonesia dan Mr. Prof. Dr. H. R. Asep Kadarohman, M.Si., Rektor Universitas Pendidikan Indonesia sedang meninjau para peserta yang sedang menerima salah satu materi pelatihan.

Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional pada Maret 2017 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) terdapat 68,59% perempuan di Indonesia menggunakan perangkat selular dengan perincian 74,73% di pedesaan dan 61,63% di perkotaan. Ditemukan pula bahwa penggunaan internet untuk media sosial oleh perempuan di Indonesia mencapai 79,92% dengan 91,67% responden perempuan mengaksesnya melalui perangkat selular. Sementara berdasarkan data World Bank, terdapat 43% UMKM yang dimiliki perempuan dari keseluruhan UMKM yang ada di Indonesia. Samsung melihat kenyataan ini sebagai kesempatan untuk berkontribusi lebih banyak lagi terhadap kemampuan perempuan pelaku UMKM untuk peningkatan pengetahuan dan kemampuan menggunakan teknologi digital.

“Samsung ingin membantu perempuan para pelaku UMKM agar dapat mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan teknologi serta perangkat yang mereka miliki. Kami menargetkan perempuan sebagai peserta karena mengapresiasi peran dan usaha mereka dalam mendukung perekenomonian keluarganya. Pelatihan terkait teknologi digital ini kami ramu dengan praktis agar setelah mengikuti pelatihan para peserta dapat segera mengimplementasikan ilmunya pada kegiatan usaha mereka, dan juga membantu mereka agar menjadi lebih percaya diri mengeksplorasi cara-cara baru untuk mengembangkan usaha mereka,” papar Kanghyun Lee, Vice President Samsung Electronics Indonesia.

Program Sukarela Karyawan Samsung

Samsung OneWeek Program merupakan bagian dari program tahunan Employee Volunteer Program (EVP) dimana Samsung memberikan kesempatan kepada seluruh karyawannya untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan sosial, baik di negaranya maupun di negara lain dengan berbagi pengetahuan dan keahlian untuk membantu masyarakat dengan program yang sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing area. Tahun ini Indonesia kembali terpilih menjadi salah satu penerima manfaat dari program Samsung OneWeek Program, diantara negara lain seperti Kamboja Kazakhstan, Thailand, Nepal dan Hungaria dengan fokus kegiatan yang berebeda-beda sesuai kebutuhan tiap negara.

Pembinaan di Indonesia melibatkan 38 sukarelawan yang datang langsung dari Korea, yang terdiri dari 29  karyawan Samsung Electronics Co. Ltd, 6 orang mahasiswa Korea, 1 orang paramedik dari Samsung Hospital 2 orang NGO partner dari Better World Korea. Selain relawan dari Korea, program ini juga diikuti relawan mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia dari Jurusan Bahasa Korea sebanyak 15 orang yang akan ikut membantu sebagai penterjemah.

Samsung OneWeek Program memberikan pelatihan digital dengan materi yang meliputi entrepreneurship, marketing dan fotografi bagi 84 peserta yang dipilih dari lebih dari pendaftar yang masuk. Pelatihan difokuskan untuk perempuan, mendukung Sustainable Development Goals PBB yang salah satunya fokus pada pemberdayaan perempuan.

Samsung bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia, memilih 84 peserta dari lebih dari 200 pemilik usaha yang mendaftarkan diri. Samsung memfokuskan pelatihan kali ini untuk pemilik usaha yang memiliki keterbatasan ekonomi, yang menggantungkan kesejahteraan mereka pada usaha yang sedang mereka rintis, sehingga pelatihan diharapkan dapat benar-benar memberikan dampak positif terhadap kondisi ekonomi mereka. Di dalam pelatihan, para peserta akan mendapatkan materi mengenai dasar-dasar pemasaran, bagaimana memanfaatkan smartphone, internet dan media sosial untuk mendukung pemasaran produk mereka. Pelatihan juga memberikan sesi khusus untuk fotografi menggunakan ponsel, mulai dari teknik pengambilan gambar yang baik dan memanfaatkan pencahayaan di rumah, untuk membuat produk mereka terlihat lebih menarik ketika dipromosikan.

“EVP adalah sebuah bentuk tanggung jawab Samsung terhadap para pemangku kepentingan dan salah satu cara kami untuk menumbuhkan nilai-nilai kemanusiaan perusahaan. Keberadaan Samsung di banyak negara yang memiliki beragam kondisi sosial dan ekonomi membuat kami memiliki kesempatan untuk berkontribusi lebih. Samsung dapat menjangkau negara-negara yang memiliki potensi untuk lebih berkembang dan juga memiliki karyawan dengan kepedulian sosial yang tinggi dan tergerak memanfaatkan talentanya untuk membantu masyarakat luas. Kami berharap materi yang telah dipersiapkan para mentor selama 3 bulan sebelumnya, dan pelatihan yang mereka berikan, para perempuan pelaku UMKM di Bandung yang menjadi peserta Samsung OneWeek Program bisa mengembangkan usaha mereka dan memiliki kesejahteraan hidup yang lebih baik baik untuk diri mereka sendiri, maupun untuk keluarga mereka,” terang Min Yong Hwang Samsung One Week Team Leader, Samsung Electronics Co. Ltd.

Tahun ini merupakan tahun keempat aksi EVP dari Samsung Electronics Co.Ltd kembali dilakukan di Indonesia. Tahun 2018 yang lalu EVP diadakan di Yogyakarta untuk memberikan pelatihan kepada beberapa usaha rintisan (start-up) dan dua tahun berturut-turut sebelumnya kegiatan EVP difokuskan dalam bidang pendidikan untuk memperbaiki sekolah dan membangun ruang kelas IT beserta perangkat pendukungnya. Bekerjasama dengan LSM lokal di negara-negara tersebut, Samsung Electronics Co.Ltd melakukan program-program untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Sejak diluncurkan tahun 2010, sudah ada lebih dari 1.500 karyawan yang berpartisipasi dan mengunjungi hingga 43 negara, termasuk Indonesia. Melihat bahwa apa yang mereka lakukan dapat memberikan manfaat secara nyata bagi orang lain, membuat para karyawan yang menjadi relawan semakin semangat melanjutkan program ini dan menyentuh lebih banyak masyarakat yang membutuhkan bantuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Surge Dukung Digitalisasi Gudang Koperasi untuk Dorong Optimalisasi Ekonomi Mikro di Pedesaan

Rilispedia.com - Koperasi Unit Desa (KUD) sejatinya memiliki peran sentral sebagai jembatan yang membantu menghubungkan masyarakat dengan beragam bantuan yang disalurkan baik...

Lalamove Siap Menyambut Lonjakan Pengiriman Barang di Bulan Ramadhan

Rilispedia.com - Pada tahun 2020, Lalamove Indonesia mencatatkan lonjakan pengiriman hingga 2x lipat selama bulan Ramadan. Menyambut Ramadan tahun 2021 ini, Lalamove...

Hadirkan fitur uVoice dan kompetisi Syiar Digital Indonesia 2021, umma Ajak Masyarakat Muslim Indonesia Upgrade Iman selama Ramadhan

Rilispedia.com - Mengedepankan keutamaan bulan suci Ramadhan, umma terus mengajak masyarakat muslim Indonesia untuk #CobaDuluAja menjadi umat yang lebih baik dengan memaksimalkan...

Canon dan DOSS Adakan Lelang Kamera untuk Donasi Korban Bencana NTT

Rilispedia.com - Canon melalui pt. Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia bersama toko kamera dan gawai Digital One Stop...

Mau Jadi Content Creator? Simak Tips Keren Ala YouTuber Edho Zell!

Rilispedia.com - Content creator dan tech reviewer sekarang jadi profesi yang kian diminati oleh generasi muda. Di Indonesia sendiri saat ini sudah...