Home Biz Blibli Perkuat Ekosistem Halal Secara End-to-end Untuk Dukung Gaya hidup Halal Konsumen...

Blibli Perkuat Ekosistem Halal Secara End-to-end Untuk Dukung Gaya hidup Halal Konsumen Indonesia

Rilispedia.com – E-commerce lokal Blibli memperkuat kehadiran produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan gaya hidup halal para pelanggan Indonesia dengan meluncurkan dua kategori baru, yaitu Kategori Fashion Muslim dan Kategori Perhiasan Emas & Logam Mulia, serta memperluas kurasi Blibli Hasanah untuk produk Muslim-friendly. Blibli pun menjadi e-commerce pertama yang memiliki penyelia halal untuk penerapan Sistem Jaminan Halal (SJH) di ekosistem e-commerce.

Pengadopsian gaya hidup halal oleh masyarakat Indonesia telah mendorong pertumbuhan industri Syariah yang menjadi fokus pemerintah dalam memacu perekonomian nasional. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), nilai perdagangan industri halal di tahun 2020 sudah mencapai USD 3 miliar dan diharapkan akan meningkat seiring tren gaya hidup halal. Pemerintah pun memposisikan peningkatan halal value chainyang melibatkan e-commerce sebagai strategi untuk mengembangkan ekonomi Syariah.

Desey Muharlina Bungsu, Vice President Fashion Muslim, Logam Mulia & Blibli Hasanah di Bliblimengatakan, “Industri Syariah semakin menjadi fokus pemerintah seiring dengan banyaknya masyarakat yang menjalani gaya hidup halal. Melihat hal ini, Blibli melengkapi ekosistem e-commerce miliknya dengan kategori dan kurasi yang memudahkan pelanggan untuk menemukan produk Muslim-friendly serta halal, mulai dari makanan hingga investasi emas. Terlebih lagi, Blibli merancang agar seluruh proses e-commerce, mulai dari display produk di laman Blibli Hasanah hingga pengiriman produk Blibli Hasanah ke pelanggan, sesuai dengan kriteria Sistem Jaminan Halal (SJH) HAS 23000.”

Blibli pun menjadi e-commerce pertama yang memiliki penyelia halal sebagai syarat utama dalam pengimplementasian SJH oleh suatu perusahaan. Dengan hadirnya penyelia halal, Blibli bisa mengatur agar keseluruhan value chain di ekosistem e-commerce miliknya memperhatikan standarisasi SJH sehingga produk-produk halal mendapatkan penanganan yang sesuai, mulai dari penyimpanan di warehouse hingga pengiriman oleh kurir.

Hadirnya SJH memantapkan Blibli dalam menyediakan produk-produk Muslim-friendly dan halal yang semakin diminati pelanggan. Blibli sendiri telah mencatat tren positif atas permintaan untuk produk Muslim-friendly dan halal. Sejak peluncuran Blibli Hasanah, yaitu kurasi produk Muslim-friendly dan halal, pada kuartal II 2020, kelompok produk fashion Muslim, makanan & minuman halal, kesehatan & kecantikan halal, serta perhiasan emas & logam mulia mengalami kenaikan order rata-rata sebesar 2 kali lipat per kuartal hingga kuartal I 2021 lalu.

Melihat tren yang menjanjikan tersebut dan untuk memperkuat layanan saat Ramadhan 2021, Blibli pun meluncurkan dua kategori baru, yaitu kategori Fashion Muslim yang bekerjasama secara eksklusif dengan 16 brand populer untuk menghadirkan koleksi lengkap Muslim dan modest-wear, seperti hijab dan gamis. Kategori kedua adalah Perhiasan Emas dan Logam Mulia yang menyediakan produk-produk investasi emas dari seller yang terpercaya, mengingat bahwa emas dianggap sebagai bentuk investasi yang Muslim-friendly.

Selain menambah kategori, Blibli terus memperluas Blibli Hasanah dengan menambahkan sub-kategori baru yaitu Makanan Halal, Minuman Halal, dan Aktivitas Muslim yang menyediakan tiket dan voucher untuk kegiatan seperti kelas Islami online agar pelanggan semakin bisa menjalankan gaya hidup halal.

Sebagai bagian dari industri e-commerce Indonesia, Blibli juga bermitra dengan pemangku kepentingan yang relevan untuk memajukan industri Syariah. Blibli berkolaborasi dengan institusi perbankan dan perusahaan teknologi finansial untuk menyediakan alat pembayaran berbasis Syariah, termasuk dengan LinkAja Layanan Syariah. Selain itu, Blibli bekerja sama dengan perwakilan pemerintah dan agama, termasuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) agar SJH dapat diterapkan sesuai ketentuan.

Dukungan ekosistem Blibli untuk menunjang gaya hidup halal juga dirasakan bukan hanya oleh pelanggan, namun juga oleh seller. Sarah Sofyan, Fashion Enthusiast dan Director of Rumah Ayu, mengakui bahwa dengan memastikan kehalalan produk yang dibeli atau digunakan, gaya hidup halal pun dapat dijalani dengan lebih mudah. “Mengetahui bahwa tempat kita berbelanja untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup kita benar-benar menerapkan standarisasi halal secara menyeluruh tentunya akan memberikan rasa aman dan tenang kepada pelanggan. Sistem Jaminan Halal yang baik pun akan membantu seller untuk memastikan bahwa produk kami tetap terjaga kehalalannya.”

Di bulan Ramadhan ini, Blibli turut meluncurkan berbagai penambahan di fitur dan layanannya, yang terangkum dalam program #HikmahRamadhan. Penambahan ini antara lain hadirnya fitur pengiriman cepat 2 Hours Delivery untuk memastikan pengiriman kebutuhan puasa dan Lebaran tiba dengan cepat dan aman, serta promo yang hadir selama 32 hari mulai dari 12 April hingga 14 Mei 2021. Salah satu promo berupa Potongan Berkah untuk produk halal di Blibli Hasanah. Promo juga menghadirkan program menarik lainnya, termasuk cashback hingga Rp 1 juta rupiah, exclusive deals dengan brand-brand ternama, dengan diskon hingga 85%, serta Flash Sale dan games tiga kali sehari saat ngabuburit dan sahur.

Kehadiran ekosistem penunjang gaya hidup halal di Blibli dan program #HikmahRamadhan ini sejalan dengan strategi bisnis Blibli, yaitu Customer Satisfaction First, yang antara lain mencakup pengiriman cepat, produk berkualitas, dan pembayaran aman, yang juga sejalan dengan komitmen Blibli untuk mengutamakan mitra bisnis sesuai #KarenaKamuNo1.

Must Read

Social Bella Raih Pendanaan Terbaru dari L Catterton untuk Perluas Ekosistem Kecantikan

Rilispedia.com - Perusahaan beauty-tech terdepan Social Bella mengumumkan pendanaan terbarunya senilai 818 miliar rupiah dari empat investor yang dipimpin L Catterton, perusahaan...

Alami Kenaikan 168%, Bukti Bahwa Website Sekolah Meningkat di Era Pandemi

Rilispedia.com - Pandemi yang melanda di Indonesia membawa perubahan yang signifikan dalam kegiatan. Termasuk dalam dunia belajar mengajar dimana tidak bisa dilakukan...

Sikapi Peniadaan Mudik, Menkominfo Ajak Masyarakat Berlebaran Digital

Rilispedia.com - Pemerintah terus berjuang untuk menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia, salah satu upaya tersebut melalui kebijakan peniadaan aktifitas mudik menjelang...

Setelah Voice dan SMS, Layanan Data TelkomGroup di Jayapura Mulai Pulih Bertahap

Rilispedia.com - Hingga saat ini, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) masih mengupayakan percepatan pemulihan layanan di wilayah Jayapura mengalami gangguan pada...

Sentra Vaksinasi COVID-19 Traveloka Layani 8.080 Penerima Vaksin di Yogyakarta Dalam Lima Hari

Rilispedia.com - Pada tanggal 26-30 April 2021, lifestyle super-app terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka, telah membuka operasional Sentra Vaksinasi COVID-19 Traveloka yang...