Home Life BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Kalimantan Utara Tingkatkan Nasionalisme dan Kesadaran...

BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Kalimantan Utara Tingkatkan Nasionalisme dan Kesadaran Bela Negara serta Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

Rilispedia.com –  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74, Kementerian BUMN beserta seluruh BUMN melaksanakan program BUMN Hadir untuk Negeri (BHUN) di seluruh wilayah Indonesia. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai BUMN PIC bersama Perum Jamkrindo dan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) sebagai BUMN co-PIC melaksanakan program BUMN Hadir untuk Negeri di Provinsi Kalimantan Utara.

Setelah melaksanakan sejumlah program Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD), Telkom beserta BUMN co-PIC melaksanakan Upacara Peringatan HUT RI ke-74 yang merupakan acara puncak program BUMN Hadir untuk Negeri dimana Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan HUT RI ke-74. Upacara juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan, MSi, Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN yang juga menjadi pendamping kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Kalimantan Utara Eko Setiawan, jajaran Direksi Telkom dan Direksi BUMN co-PIC serta diikuti oleh sekitar 1.300 peserta dari karyawan BUMN dan pelajar.

“Kehadiran BHUN di Provinsi paling utara Indonesia ini menunjukkan bahwa BUMN memiliki semangat menjalankan bela negara dengan luar biasa. Kami dari Kementerian Pertahanan sangat mendukung program ini karena prorgam ini selaras dengan misi terkait bela negara,” ujar Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Prof. Dr. Ir. Bondan Tiara Sofyan. Bondan juga berharap BUMN bisa terus berperan memberikan pelayanan terbaik untuk rakyat dan bangsa Indonesia, khususnya di wilayah perbatasan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan, “Kehadiran BUMN Hadir untuk Negeri dalam momentum peringatan HUT RI ke-74 merupakan komitmen bersama BUMN untuk memberikan manfaat positif, serta mengajak masyarakat untuk turut serta meningkatkan semangat cinta tanah air, nasionalisme dan bela negara.”

Usai pelaksanaan upacara, diserahkan secara simbolis bantuan program PKD antara lain elektrifikasi, penyediaan sarana air bersih dan MCK, bantuan renovasi rumah karyawan BUMN dan masyarakat, bantuan beasiswa serta bantuan untuk rumah ibadah hasil pelaksanaan pasar murah. Di samping itu juga, diserahkan sertifikat bagi para peserta Siswa Mengenal Nusantara yang berasal dari Kepulauan Riau.

Tingkatkan Kesejahteraan dengan Penuhi Kebutuhan Dasar Masyarakat

BUMN Hadir untuk Negeri memperingati HUT RI tidak hanya diwujudkan dalam upaya peningkatan nasionalisme dan semangat bela negara saja, namun juga diwujudkan dengan penyediaan kebutuhan-kebutuhan dasar sandang, pangan dan papan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Direktur Utama Telkom Indonesia Ririek Adriansyah (kedua dari kiri) mendemonstrasikan pengisian token listrik menggunakan aplikasi LinkAja didampingi Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (ketiga dari kiri), Direktur Strategic Portfolio Telkom Achmad Sugiarto (paling kiri) dan Direktur Digital Business Telkom Faizal R. Djoemadi (paling kanan) saat meninjau lokasi kegiatan Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) Elektrifikasi di Tarakan, Jumat (16/8).

Telkom bersama Jamkrindo dan Pupuk Kaltim menyalurkan bantuan elektrifikasi untuk 50 rumah, pembangunan Sarana Air Bersih di 3 titik dan 54 pintu MCK, program bantuan untuk 10 rumah karyawan BUMN dan Masyarakat dan 4.000 paket sembako pasar murah. Selain itu, disalurkan juga bantuan beasiswa senilai total Rp125 juta untuk 25 siswa SD, SMP, dan SMA.

Kepala Bidang Kebijakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN yang juga menjadi pendamping kegiatan BUMN Hadir untuk Negeri di Kalimantan Utara Eko Setiawan berharap agar melalui program BHUN diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaat secara langsung kehadiran BUMN di daerahnya. “Karena selama ini kontribusi BUMN hanya dianggap penyerapan tenaga kerja, kemudian kontribusi pajak, nah sekarang ini langsung menyentuh masyarakat di paling bawah,” ungkapnya.

Sehari sebelumnya, jajaran Direksi Telkom telah mengunjungi lokasi kegiatan Pemenuhan Kebutuhan Dasar (PKD) di Tarakan, Kalimantan Utara. Adapun lokasi yang dikunjungi antara lain lokasi elektrifikasi di Selumit Pantai, beasiswa di SDN 035 Tarakan, SAB dan MCK di Pondok Pesantren Hidayatullah, Pasar Murah di Islamic Center Tarakan dan program Rumah Karyawan BUMN & Masyarakat.

“Kami adalah Badan Usaha Milik Negara yang selalu berupaya mendorong peningkatan kualitas masyarakat. Sebagai perusahaan yang lahir, tumbuh, dan berkembang bersama masyarakat, ke depan kami akan terus menggelar kegiatan untuk turut membantu mensejahterakan masyarakat melalui program-program CSR,” tutup Ririek.

Must Read

Jajaki Sirkuit Adelaide, Babak Ketiga Honda Racing Simulator Championship Siap Digelar Akhir Pekan Ini

Rilispedia.com - Memasuki seri ketiga dari ajang balap virtual Honda Racing Simulator Championship (HRSC), PT Honda Prospect Motor akan membawa para Simracer...

KoinWorks Terima Pendanaan USD 30 Juta untuk Akselerasi Pertumbuhan UKM Digital Indonesia

Rilispedia.com - KoinWorks, platform Super Financial App yang fokus mendukung peningkatan inklusi keuangan, kembali mendapat kepercayaan dari Lendable Inc, perusahaan yang menyalurkan...

Perbedaan Tren Transaksi Masa PSBB dan PPKM di Bhinneka.Com, Antara Kebutuhan Pribadi hingga Usaha Sampingan

Rilispedia.com - Telah lebih dari setahun setelah kebanyakan masyarakat di Indonesia menjalankan gaya hidup serba terbatas melalui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)...

Dengan Performa Mumpuni, Galaxy A52s 5G Jadi Official Smartphone Piala Presiden Esport dan Mobile Legends Professional League 2021

Rilispedia.com - Samsung Electronics Indonesia (SEIN) mengumumkan keterlibatan dan dukungan sepenuhnya untuk generasi muda yang memiliki passion pada dunia e-sport melalui ajang...

Huawei TechDay 2021: Literasi Keamanan Siber Makin Kritikal untuk Dukung Keberhasilan Transformasi Digital

Rilispedia.com - Huawei Indonesia, penyedia solusi TIK terkemuka global, bersama Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN), Perguruan Tinggi Kedinasan di Indonesia...