Home Oto CARRO torehkan tren positif penjualan mobil secara online hingga ke kota luar...

CARRO torehkan tren positif penjualan mobil secara online hingga ke kota luar pulau Jawa

Rilispedia.com – Pandemi COVID-19 telah mengakibatkan perubahan signifikan yang terjadi di kalangan masyarakat di seluruh pelosok nusantara. Penerapan teknologi digital di dalam kehidupan masyarakat kini semakin berkembang hingga ke banyak sektor, termasuk otomotif. Sepanjang kuartal pertama 2021, CARRO, platform jual beli mobil terbesar di Asia Tenggara, mendapatkan hasil yang positif hingga ke daerah di luar Pulau Jawa, seperti kota Makassar hingga ke ujung kota Jayapura, dimana semua transaksi terjadi secara online.

Di dalam era digital saat ini, konsumen mencari kemudahan melalui layanan berbasis teknologi yang memungkinkan untuk bertransaksi di mana saja dan kapan saja. Dengan meningkatnya penetrasi Internet, transformasi digital dan berkembangnya situs web, serta pandemi COVID yang terjadi, menyebabkan percepatan pertumbuhan transaksi online di Indonesia.

Walaupun saat ini masyarakat sudah terbiasa dalam melakukan transaksi online, namun CARRO masih melihat adanya pertimbangan penting dari masyarakat ketika hendak membeli mobil baru atau bekas, yakni harus melihat mobil pilihannya secara langsung. Hal ini sejalan dengan studi yang dilakukan Deloitte pada tahun 2021 terhadap responden dari 23 negara, termasuk Indonesia.

Studi Deloitte tersebut mengungkapkan bahwa lebih dari 59 persen responden merasa nyaman membeli mobil secara online. Namun, lebih dari 70 persen masih ingin melihat langsung kendaraan yang akan mereka beli. Bahkan, 59 persen responden ingin melakukan test drive sebelum memutuskan untuk membeli mobil.

CARRO memahami bahwa solusi berbasis teknologi terbukti dapat mempercepat dan mempermudah konsumen dalam proses pembelian mobil. Namun demikian, perlu juga mengakomodir beberapa aspek tradisional untuk menciptakan kenyamanan bagi konsumen. Oleh karena itu CARRO mengkolaborasikan pengalaman membeli mobil secara hybrid online-offline yang dapat dinikmati oleh konsumen, dimana sebagian besar proses transaksi dapat diselesaikan tanpa harus keluar rumah dan khawatir tentang risiko terpapar virus akibat interaksi fisik, namun konsumen tetap dapat melihat kendaraan secara langsung serta melakukan test drive.

Sejak meluncurkan CARRO Automall, showroom mobil bekas bersertifikasi terbesar di Indonesia yang berlokasi di Harapan Indah, Bekasi, dan menjadi rumah bagi lebih dari 250 unit mobil bekas berkualitas, CARRO berhasil memberikan pengalaman hybrid online-offline bagi konsumen saat membeli mobil. Konsumen dari seluruh wilayah Indonesia dapat dengan mudah melihat berbagai koleksi mobil yang tersedia di Automall secara online. Konsumen juga dapat melihat berbagai informasi, riwayat lengkap setiap mobil, dan laporan 150 titik inspeksi yang telah dilakukan tim CARRO. Disamping itu, konsumen dapat melakukan transaksi dan langkah-langkah lainnya dengan beberapa klik saja, seperti memilih metode pembayaran, menjadwalkan test drive, mengatur kunjungan ke showroom, memproses klaim layanan, termasuk jadwal pengiriman mobil ke tempat tujuan.

“Kami telah melihat peningkatan tren dari masyarakat Indonesia yang semakin percaya untuk melakukan transaksi pembelian mobil secara online dari platform jual beli yang terpercaya. Terbukti CARRO telah mengalami peningkatan jumlah konsumen dari luar Jakarta atau pulau Jawa, dimana mayoritas dari mereka percaya dengan kualitas mobil yang telah mendapatkan sertifikasi dari tim CARRO, tanpa harus datang ke Jakarta untuk melihat sendiri secara langsung. Bahkan hal yang cukup mengejutkan dimana kami juga telah mengirimkan mobil kepada konsumen kami hingga ke Jayapura,” ucap Aditya Lesmana, Co-founder CARRO.

CARRO menciptakan pengalaman membeli mobil secara hybrid online-offline

CARRO melihat bahwa ditengah perubahan yang terjadi akibat pandemi, permintaan akan kebutuhan mobil tetap selalu ada. Namun demikian industri otomotif perlu mengidentifikasi, beradaptasi, dan melakukan inovasi untuk dapat memastikan produk atau layanan yang diberikan dapat memenuhi keinginan konsumen, membedakan dari pesaing, serta menyediakan sarana digital yang mudah diakses oleh masyarakat dari manapun.

Melalui layanan hybrid online-offline, sepanjang kuartal pertama 2021, CARRO telah mendapatkan ratusan permintaan dari konsumen di luar pulau Jawa. Bahkan tercatat 1 dari 5 penjualan online bulanan CARRO berasal dari kota-kota di luar pulau Jawa, dimana kendaraan seperti SUV dan MPV menjadi pilihan utama konsumen.

Untuk meningkatkan layanan, CARRO Indonesia juga meningkatkan model komunikasi dan interaksi dengan konsumen, dimana konsumen dapat berkomunikasi serta melakukan pengecekan mobil secara virtual melalui video conference, atau dapat juga melakukan test drive dan pengecekan langsung melalui bantuan perwakilan dan relasi yang tinggal di daerah setempat.

“Salah satu kunci utama pertumbuhan CARRO hingga menjangkau daerah-daerah di pelosok nusantara, adalah karena konsumen menemukan kenyamanan dan kepercayaan terhadap CARRO atas kualitas mobil yang bisa mereka dapatkan dibandingkan dengan dealer lokal. Sebagai bentuk komitmen kepada konsumen, CARRO selalu memberikan penawaran terbaik, seperti gratis 1 tahun asuransi, jaminan garansi mesin & transmisi 90 hari, dan 7 hari pengembalian dana. Disamping itu, pembelian dapat diselesaikan dengan cepat dan mobil dapat dikirim ke rumah konsumen dalam waktu 24 jam setelah pembayaran diterima,” tambah Aditya.

Sebagai bentuk upaya untuk memperkuat dukungan purna jual, CARRO memiliki mitra asuransi dan bekerjasama dengan banyak mitra bengkel lokal di hampir setiap kota di seluruh Indonesia, sehingga dapat memberikan pengalaman kepemilikan mobil yang terbaik bagi masyarakat Indonesia.

Must Read

Social Bella Raih Pendanaan Terbaru dari L Catterton untuk Perluas Ekosistem Kecantikan

Rilispedia.com - Perusahaan beauty-tech terdepan Social Bella mengumumkan pendanaan terbarunya senilai 818 miliar rupiah dari empat investor yang dipimpin L Catterton, perusahaan...

Alami Kenaikan 168%, Bukti Bahwa Website Sekolah Meningkat di Era Pandemi

Rilispedia.com - Pandemi yang melanda di Indonesia membawa perubahan yang signifikan dalam kegiatan. Termasuk dalam dunia belajar mengajar dimana tidak bisa dilakukan...

Sikapi Peniadaan Mudik, Menkominfo Ajak Masyarakat Berlebaran Digital

Rilispedia.com - Pemerintah terus berjuang untuk menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia, salah satu upaya tersebut melalui kebijakan peniadaan aktifitas mudik menjelang...

Setelah Voice dan SMS, Layanan Data TelkomGroup di Jayapura Mulai Pulih Bertahap

Rilispedia.com - Hingga saat ini, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) masih mengupayakan percepatan pemulihan layanan di wilayah Jayapura mengalami gangguan pada...

Sentra Vaksinasi COVID-19 Traveloka Layani 8.080 Penerima Vaksin di Yogyakarta Dalam Lima Hari

Rilispedia.com - Pada tanggal 26-30 April 2021, lifestyle super-app terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka, telah membuka operasional Sentra Vaksinasi COVID-19 Traveloka yang...