Home Biz Chilibeli Raih Pendanaan 10 Juta Dollar, Siap Gencarkan Pertumbuhan Jumlah Mitra

Chilibeli Raih Pendanaan 10 Juta Dollar, Siap Gencarkan Pertumbuhan Jumlah Mitra

Rilispedia.com – Chilibeli, social commerce platform (perniagaan sosial berbasis komunitas) terkemuka yang menghubungkan petani dan pemasok dengan setiap rumah tangga guna mengirimkan produk segar bermutu dengan harga terjangkau, berhasil meraih pendanaan sebesar USD 10 juta dalam ronde yang dipimpin oleh Lightspeed Ventures dengan partisipasi dari investor terkemuka seperti Golden Gate Ventures, Sequoia Surge, Kinesys Group, serta Alto Partners.

Didirikan pada bulan Juli 2019 oleh para pendiri Alex Feng, Damon Yue, dan Matt Li, platform ini memperkenalkan era baru pengalaman belanja kebutuhan pangan pokok – dengan penajaman fokus pada kenyamanan, keamanan, dan kualitas. Chilibeli memberdayakan agen yang disebut sebagai Mitra Chilibeli, yang sebagian besar terdiri dari para ibu rumah tangga, dan memberikan mereka kesempatan untuk menciptakan nilai lebih bagi konsumen, mendorong tali silaturahmi, dan meningkatkan pemasukan bagi perekonomian keluarga. Sejak didirikan, kinerja Chilibeli menunjukkan pertumbuhan 150% setiap bulan, serta menciptakan 300 lapangan pekerjaan langsung dan ribuan lapangan pekerjaan tak langsung bagi para Mitra Chilibeli di Indonesia.

Justin Hall, Partner, Golden Gate Ventures, mengatakan, “Ketika Alex, Damon, dan Matt bertemu kami dengan membawa ide awal mula Chilibeli, kami tertarik dengan konsep distribusi produk kebutuhan rumah tangga dengan pemanfaatan mitra aktif, dengan cara yang nyaman dan terjangkau. Dalam banyak hal, Chilibeli mengilhami suatu gagasan yang belum pernah berhasil dimanfaatkan oleh platform belanja online lain, yaitu lingkaran sosial komunitas terpercaya.”

“Dengan membangun platform teknologi yang melibatkan langsung jaringan komunitas masyarakat Indonesia, mereka mampu membuka peluang dan cara yang inovatif untuk berbelanja, berkolaborasi, dan berpenghasilan secara mandiri. Kami sangat optimis dengan tim Chilibeli yang menjembatani petani, pemasok, dan konsumen Indonesia. Hal ini membentuk sebuah kemitraan terpadu yang harmonis. Kami juga sungguh merasa terhormat dapat mendampingi mereka dalam perjalanan ini,” lanjut Justin.

Alex Feng, CEO, Chilibeli, mengatakan, “Atas nama Chilibeli, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada para investor atas kepercayaannya terhadap produk kami. Dana tersebut digunakan untuk memperkuat jaringan komunitas Jakarta, Tangerang Selatan, dan Depok, sekaligus untuk memperluas jangkauan kami selanjutnya. Selain itu, kami terus meningkatkan UI dan UX aplikasi kami, serta memajukan fasilitas gudang di Depok. Dukungan kuat investor ternama sangat penting bagi kami untuk memperkuat dan mengakselerasi pertumbuhan di masa depan, serta terus memberikan dampak bermakna dan positif bagi masyarakat Indonesia yang memanfaatkan jasa teknologi kami.”

“Ronde pendanaan ini secara resmi menjadikan Chilibeli sebagai perusahaan startup Seri-A hanya dalam kurun waktu 7 bulan setelah berdiri – salah satu startup Asia Tenggara dengan pertumbuhan tercepat. Kami senantiasa terbuka untuk menerima masukan, berinovasi, dan menambahkan fitur yang ramah pengguna untuk meningkatkan pengalaman perniagaan yang lebih bernilai dan terpadu di Chilibeli”, lanjut Alex.

Akshay Bhushan, Partner, Lightspeed Venture Partners, menyebutkan, “Kami bangga dapat bekerja sama dengan tim Chilibeli dalam membangun platform berskala lanjutan untuk Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Kekuatan Chilibeli sebagai platform social commerce datang dari pemberdayaan komunitas lokal kelas ekonomi menengah di Indonesia dengan akses ke produk berkualitas dengan harga bersahabat, sekaligus terus mendorong kesejahteraan semua pelaku ekonomi dalam ekosistem Chilibeli, yaitu petani, ibu rumah tangga, serta pelaku UKM dalam jaringan komunitas tersebut.”

“Keyakinan kami dalam memimpin Seri A untuk Chilibeli hadir dari pengalaman kami berinvestasi di platform sosial dan e-commerce platform di Tiongkok, India, Amerika Serikat, seperti Pinduoduo, Udaan, Snapchat, dan Sharechat, yang nilainya sudah mencapai milyaran dollar,” lanjut Akshay.

Yansen Kamto, Founding Partner, Kinesys Group, menambahkan, “Konsep Chilibeli sesuai dengan misi kami untuk berinvestasi dalam kecerdasan manusia, yang kemudian mengarah pada peningkatan kesejahteraan dan kebaikan masyarakat umum. Kami percaya pada pola pikir kritis, prioritas sosial, dan pendekatan menyeluruh yang menjadi tolok ukur solusi cerdas dan cermat. Kami bangga dapat menjadi bagian dari pertumbuhan bersejarah Chilibeli, dan kami sangat percaya akan kemampuan tim dalam menguasai peta social commerce di negara ini”.

Meskipun konsumsi digital kontribusi ekonomi nasional dari e-commerce  semakin bertambah, pembayaran digital semakin berkembang, dan kemajuan logistik semakin progresif, tetapi penetrasi penjualan online di bidang pertanian masih sangat rendah. Sementara itu, 20% dari pengeluaran rumah tangga keluarga Indonesia rata-rata dihabiskan untuk bahan makanan. Hal ini menunjukkan kesenjangan yang cukup besar antara pasar dan potensi yang ada, sehingga menghadirkan peluang yang belum tersentuh sebelumnya.

Perempuan Indonesia, terutama ibu rumah tangga, memegang kontrol terhadap pengeluaran keluarga, dan mereka sangat terbuka dengan berbagai peluang bisnis yang dapat menambah penghasilan keluarga. Chilibeli melihat kebutuhan ini sebagai kesempatan sosial yang menguntungkan bagi para ibu rumah tangga yang gemar bersosialisasi.

Must Read

Peduli Konsumen dan Himbauan Pemerintah, OPPO Gelar Kampanye #BetterAtHome

Rilispedia.com – Ditengah situasi pandemik virus COVID-19 ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan berbagai himbauan dan aturan untuk menekan angka penyebaran virus ini. Salah...

Tips Amankan Aplikasi Video Konferensi Zoom dari Ancaman Zoom Bombing

Rilispedia.com - Seluruh dunia mengalami peralihan metode kerja sebagai upaya untuk menghindari dan menghentikan penyebaran Covid19. Banyak instansi pemerintah, perusahaan, universitas dan...

3 Jenis Makanan Ini Dapat Tingkatkan Mood dan Imun Tubuh Selama Isolasi

Rilispedia.com - Dengan jumlah kasus COVID-19 yang semakin meningkat, pemerintah semakin gencar untuk menerapkan jaga jarak dengan orang lain atau yang dikenal...

Kisah 3 Pahlawan Pengantaran Makanan: Tanpa Kontak, Supaya Sama-sama Sehat

Penuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat, Jutaan Mitra Pengantaran GrabFood Terus Melaju di Tengah Pandemi COVID-19 Rilispedia.com – Ditengah kebijakan yang...

Pemerintah Indonesia Apresiasi Inisiatif OVO Dalam Perangi COVID-19 di Indonesia

Dalam Town Hall yang dilakukan secara virtual, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia sampaikan apresiasi terhadap...