Home Biz Dompet Dhuafa Bersama Nobu Bank Dorong Peran Perbankan Dukung Dunia Filantropi Melalui...

Dompet Dhuafa Bersama Nobu Bank Dorong Peran Perbankan Dukung Dunia Filantropi Melalui QRIS

Rilispedia.com – Perkembangan dunia teknologi sudah semakin maju terutama pola transaksi perbankan yang melibatkan masyarakat luas, hingga saat ini sudah melalui senggenggam tangan dalam bertransaksi tanpa batas waktu maupun tempat. Akses yang mudah dan cepat menjadi pilihan masyarakat millenial saat ini. Peran penting perbankan di kehidupan masyarakat dapat mendukung dunia filantropi menjadi penggerak dalam menggali potensi dana zakat yang sangat besar di Indonesia. Pada tahun 2019, Badan Amil Zakat Nasional mencatat potensi zakat di Indonesia sebesar Rp233 Trilyun. Ini tentu sebuah sumber daya yang sangat fantastis untuk membantu penanggulangan persoalan kemiskinan di Indonesia. (Senin, 09/03)

drg. Imam Rulyawan MARS., selaku Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa menjelaskan “Sekarang berdonasi hanya perlu jempol dan handphone, Kami pastikan dana yang diamanahkan kepada kami, tersalurkan kepada para Dhuafa.. Di Dompet Dhuafa sendiri, transaksi donasi melalui kanal perbankan bisa mencapai 80%. Ini menandakan masyarakat Indonesia sangat terbantu oleh pihak perbankan dalam mendermakan hartanya.

Sementara ini, Nobu Bank tengah dalam proses development system e-channel, dimana dalam waktu dekat akan dilakukan life production. Sehingga masyarakat akan sangat dimanjakan dengan adanya fitur pembayaran zakat pada menu ATM Bank Nobu. Melihat ini, Nobu Bank berinisiatif untuk menggandeng Dompet Dhuafa untuk menjadi institusi perbankan yang membantu memberikan layanan kemudahan kepada masyarkat Indonesia dalam menyalurkan donasinya (zakat, infak, wakaf) melalui fitur-fitur yang dimiliki (Nobu Bank). Jadi kita gak perlu repot lagi untuk berderma, cukup menikmati fitur yang kami miliki, maka donasipun dapat tersalurkan tepat sasaran.

“Namun sayangnya, potensi yang besar tersebut belum terkelola dengan baik. Mengingat masih banyak masyarkat yang belum sadar akan kewajiban berzakat, atau menyalurkannya bukan melalui lembaga yang kompeten dan profesional, salah satunya adalah Dompet Dhuafa. Padahal, penyaluran dana zakat atau donasi lainnya melalui lembaga adalah salah satu ikhtiar untuk memberantas kemiskinan karena dikelola dengan konsep yang elegant dan memberikan kebermanfaatan dalam jangka panjang, tidak putus di saat donasi itu diberikan saja.” Ucap Yuli Pujihardi selaku direktur Mobilisasi ZIS Dompet Dhuafa.

Perbankan di dunia filantropi memiliki peran yang sangat strategis, khususnya dalam hal mensupport penghimpunan dana. Dengan kecanggihan teknologi yang sangat mumpuni, lembaga filantropi seperti Dompet Dhuafa sangat terbantu dengan adanya channel yang dimiliki perbankan. Seperti menu ATM, internet banking, mobile banking, dan sekarang kita sudah dimanjakan dengan munculnya (Quick Response Indonesia Standard).

Acara yang berlangsung di wilayah Cikini, Jakarta Pusat turut menghadirkan drg. Imam Rulyawan, MARS., (Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa), Migi Trisnadi (Direktur IT dan Operasional Nobu Bank), Syafia Himawati (Head of Sales & Distribution II Nobu Bank), M. Faris (Perwakilan KNEKS) dan Cecep Maskanu Hakim (Asisten Direktur Bank Indonesia).

“(Program ini) untuk juga generasi yang mendatang juga. Di masa mendatang uang itu berbentuk digital dan itu lebih bermanfaat, Dompet Dhuafa dengan sifat kerelawanannya membuat pengembangan (donasi) media menjadi lebih mudah. Problem utama di Indonesia ialah akuntabilitas. Begitu pemerintah membuat program, mereka(masyarakat) langsung tidak percaya. Maka itu diperlukan pihak swasta (seperti Dompet Dhuafa) untuk membantu akuntabilitas ini dengan sistem perbankan,” tutur Cecep Maskanul Hakim selaku Asisten Direktur Bank Indonesia.

“Ekonomi digital merupakan ekonomi dengan aspek kebersamaan. Sehingga dengan mengoptimalkan ekonomi digital mampu membantu generasi ke depannya,”Insya Allah ke depannya akan dikembangkan lagi dengan fitur-fitur layanan kemudahan lainnya”, ucap Migi Trisnadi selaku Direktur IT dan Operasional Nobu Bank.

Must Read

MediaTek Ungkap Chipset Gaming Terbaru dengan Helio G85

Rilispedia.com - MediaTek hari ini memperkenalkan chipset Helio G85 yang berfokus pada mobile gaming. Anggota terbaru dari lini Gaming G Series ini...

GIGABYTE Luncurkan Motherboard Z490 AORUS

Rilispedia.com – GIGABYTE TECHNOLOGY Co. Ltd., produsen terkemuka untuk motherboard dan kartu grafis, hari ini mengumumkan motherboard Z490 AORUS baru untuk prosesor...

Turnitin Bermitra dengan NewsGuard Tawarkan Siswa dan Guru Tools Literasi Media

Rilispedia.com - Turnitin dan NewsGuard hari ini mengumumkan kemitraan yang akan membantu jutaan siswa dan guru untuk menemukan dan menghindari informasi yang...

User Harus Tahu! Bedanya Meeting Online dan Webinar

Rilispedia.com - Pandemi Covid19 mengubah dunia secara radikal, memaksa semua manusia beradaptasi dengan kebiasaan baru, salah satunya bagaimana cara belajar atau bekerja...

Kofax Tawarkan Wawasan bagi Perusahaan yang Ingin Melakukan Hiperautomasi

2020 – Kofax®, pemasok perangkat lunak Automasi Cerdas terkemuka untuk transformasi proses bisnis end-to-end secara digital, hari ini mengumumkan Kofax 2020 Intelligent Automation Benchmark Report (Laporan Tolok Ukur...