Home Gov DPMPTSP DKI Jakarta hadir di Ruang Publik, Pelayanan Publik makin Asyik

DPMPTSP DKI Jakarta hadir di Ruang Publik, Pelayanan Publik makin Asyik

Rilispedia.com – Menghadirkan Pelayanan Publik yang prima dewasa ini telah menjadi fokus Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan terus berupaya memberikan kemudahan dan pendekatan layanan melalui komitmen amanah, dedikasi sepenuh hati menghadirkan inovasi tiada henti, salah satunya inovasi layanan PTSP Goes To Mall yaitu Penyelenggaraan PTSP pada ruang publik dengan melakukan sinergi antara pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat. PTSP merupakan singkatan dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu yaitu pelayanan perizinan dan non perizinan mulai dari pengajuan berkas sampai dengan penerbitan izin dan non izin yang diselenggarakan pada satu tempat melalui sistem satu pintu.

Dalam perjalanannya, inovasi layanan PTSP Goes To Mall terus dikembangkan bukan hanya di pusat perbelanjaan atau mall, melainkan juga dilaksanakan di tempat-tempat pusat kegiatan masyarakat lainnya, seperti Pusat Perkantoran, Pasar, Rumah Sakit, Taman, RPTRA, Sekolah, Kampus hingga Pelayanan Terpadu Keliling Kampung Kota yang secara langsung hadir di lingkungan warga.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengatakan kegiatan PTSP Goes to Mall merupakan salah satu inovasi layanan yang cukup diminati warga Ibukota dan efektif dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya memiliki legalitas sebelum melakukan kegiatan usaha, penataan ruang, pembangunan, dan praktik perorangan.

“Inovasi layanan PTSP Goes to Mall yang telah berjalan selama dua tahun terakhir ini, sangat diminati oleh warga Ibukota dan terbukti mampu meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya memiliki izin dan mengurus perizinan secara mandiri karena urus izin sendiri itu mudah” ujar Benni dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, (16/11/2019)

Benni menambahkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta berkomitmen untuk terus bisa amanah, bekerja dengan sepenuh hati, sehingga bisa tuntas dalam melayani semua kebutuhan dasar dan kebutuhan hak sipil dari warga yang ada di Jakarta akan hadirnya penyelenggaraan pelayanan publik yang prima.

“kita ingin warga negara yang berada di Jakarta merasakan manfaat, merasakan kehadiran kita dalam arti yang positif. Sehingga harapan warga Jakarta untuk mendapatkan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik, yang prima akan terwujud dan DKI Jakarta dapat menjadi contoh bagi kota lain di Indonesia, Maju Kotanya Bahagia Warganya” ujar Benni.

Lebih dari 1000 kegiatan Penyelenggaraan PTSP Pada Ruang Publik, digelar

Benni menyebutkan lebih dari 1.000 kegiatan penyelenggaraan PTSP Pada ruang publik digelar pada tahun 2019 ini. Jumlah ini meningkat tiga kali lipat dibanding tahun 2018 lalu yaitu sebanyak 317 kegiatan. PTSP Goes To Mall telah berhasil meraih Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB).

PTSP Goes to Mall bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya memiliki legalitas sebelum melakukan kegiatan usaha, penataan ruang, pembangunan, dan praktik perorangan.
PTSP Goes to Mall bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya memiliki legalitas sebelum melakukan kegiatan usaha, penataan ruang, pembangunan, dan praktik perorangan.

“total ada 1.084 Kegiatan Penyelenggaraan PTSP pada ruang publik dilaksanakan pada tahun 2019 ini sampai dengan bulan November, yang menarik dari kegiatan ini adalah kami mengutamakan sinergi dengan pihak swasta dan masyarakat serta telah berhasil meraih TOP 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik dari KemenPANRB” ujar Benni.

Benni merinci jumlah kegiatan Penyelenggaraan PTSP pada ruang publik yaitu di wilayah Jakarta Barat sebanyak 296 kegiatan; Jakarta Pusat sebanyak 255 kegiatan; Jakarta Timur sebanyak 229 kegiatan; Jakarta Utara sebanyak 172 kegiatan; dan Jakarta Selatan sebanyak 132 kegiatan.

“Penyelenggaraan PTSP pada ruang publik juga diselenggarakan rutin pada tempat-tempat tertentu diantaranya PTSP Goes To Mall Blok M Square dan PTSP Goes To Mall Bella Tera Kelapa Gading dilaksanakan setiap hari kerja, di Lapangan Banteng setiap hari Kamis, di TPU Karet Tengsin setiap hari Selasa, dan di TPU Malaka setiap hari Senin” ujar Benni.

Pada bulan November ini, warga Ibukota dapat mengunjungi PTSP Goes To Mall Akhir Pekan mulai pukul 10.00 s.d. 21.00 yang diselenggarakan di Lantai Dasar MKG 3, Summarecon Mal Kelapa Gading pada tanggal 15 s.d. 17 November 2019 dan Lantai Dasar, AEON Mall Jakarta Garden City pada tanggal 22 s.d. 24 November 2019.

Pemerintah Pemimpin Kemajuan Revolusi 4.0

Kepala Bidang Pengaduan dan Komunikasi Masyarakat, Maryanta menuturkan PTSP Goes to Mall merupakan program berbasis kebutuhan masyarakat yang saat ini semakin menuntut keterbukaan informasi serta percepatan layanan.

“Pemerintah harus menjadi pemimpin kemajuan era revolusi 4.0 hal tersebut harus dimulai dengan inovasi layanan yang semakin efektif, penerapan kebijakan yang sejalan dengan perkembangan zaman dan tentunya mengedepankan efektifitas serta percepatan layanan seperti yang kita lakukan melalui program PTSP Goes to Mall,” ujar Maryanta.

Dirinya menyebutkan keuntungan warga atau pelaku usaha dari mengikuti kegiatan ini adalah dapat mengetahui inovasi dan jenis- jenis layanan terbaru dari DPMPTSP yang dijelaskan langsung oleh petugas PTSP, tidak perlu melakukan antrean online, dapat mengurus izin dan non izin secara langsung di tempat atau walk in serta membawa pulang souvenir menarik dari DPMPTSP.

“Kami mengerti padatnya aktifitas warga pada hari kerja dan tingginya mobilitas warga. Namun, di akhir pekan ini manfaatkan waktu Anda untuk berkonsultasi mengenai perizinan dan urus izin sendiri di PTSP Goes to Mall Summarecon Mal Kelapa Gading mulai pukul 10.00 hingga 21.00. Ajak pula anak- anak Anda ke booth pelayanan untuk sekaligus mengedukasi mereka tentang pentingnya memiliki izin sebelum melakukan suatu hal atau aktifitas, ada maskot Bang SOleh dan Mpok LUSI yang akan mengajak mereka bermain dan berbagi souvenir menarik,” tandas Maryanta.

Ditemui di PTSP Goes To Mall Summarecon Mal Kelapa Gading, Kepala Unit Pelaksana (UP) PTSP Kota Administrasi Jakarta Utara, Lamhot Tambunan menyampaikan kehadiran PTSP Goes to Mall di salah satu Mal ternama di Indonesia yang memiliki lebih dari 600 tenant dan total luas Mal mencapai

150.000 meter persegi tersebut, merupakan cara Pemprov. DKI Jakarta untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyelenggara pelayanan publik “kami hadir untuk memberikan solusi perizinan bagi warga Jakarta, di samping itu kami juga ingin menyampaikan pesan bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara kami hadir di tengah-tengah masyarakat dengan melayani bahkan disaat akhir pekan, kami tetap bekerja memberikan pelayanan nyata” ujar Lamhot.

Lamhot menambahkan pengunjung dan pemilik tenant dapat melakukan konsultasi dan asistensi terkait pengurusan perizinan dan non perizinan di wilayah DKI Jakarta, total lebih dari 269 Jenis Perizinan dan Nonperizinan kewenangan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dapat dikonsultasikan dan diajukan pada booth PTSP Goes to Mall Summarecon Mal Kelapa Gading.

“pengunjung booth bukan saja warga Jakarta Utara, bahkan banyak warga yang berdomisili di Jakarta Timur, Selatan, Pusat dan Barat yang mendatangi booth untuk berkonsultasi dan memasukkan berkas perizinan dan non perizinan” ujar Lamhot.

Lamhot menambahkan adapun layanan terbanyak yang dikonsultasikan oleh pengunjung adalah seputar perizinan usaha mikro dan kecil, perizinan penataan ruang, Kerangka Rencana Kota dan perizinan pembangunan , Izin Mendirikan Bangunan peruntukan Rumah Tinggal.

Diapresiasi

Sementara itu Center Director Summarecon Mal Kelapa Gading, Tommy L mengapresiasi dan mendukung Kegiatan PTSP Goes To Mall yang telah dilaksanakan setiap tahunnya di Summarecon Mal Kelapa Gading

“Sangat Positif ya, dengan hadirnya PTSP Goes To Mall di dalam Mal kami itu akan membuka kedekatan antara pemerintah dan swasta selaku pemilik tenant, serta mereka juga akan tahu mengurus izin itu se simple apa” ujar Tommy

Tommy menambahkan bukan saja pemilik tenant, pengunjung mal pun dapat merasakan manfaat kehadiran PTSP Goes To Mall di Summarecon Mal Kelapa Gading

“Bukan hanya pemilik tenant, tetapi juga pengunjung mal itu sendiri akan hadir dan akan terjadi komunikasi dua arah, jadi mereka bisa bertanya, dan jika mereka memiliki usaha maka mereka dapat langsung melakukan proses untuk perizinannya secara mandiri kerena urus izin sendiri itu mudah” kata Tommy.

Salah seorang pomohon yang telah melakukan konsultasi perizinan di booth PTSP Goes to Mall Summarecon Mall Kelapa Gading. Urus izin sendiri itu mudah
Salah seorang pomohon yang telah melakukan konsultasi perizinan di booth PTSP Goes to Mall Summarecon Mall Kelapa Gading. Urus izin sendiri itu mudah

Salah satu pengunjung PTSP Goes To Mall Summarecon Mal Kelapa Gading, Edward mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta karena menurutnya dapat melunturkan stigma birokrasi yang berbelit dan rumit menjadi mudah dan menyenangkan terlebih pelayanan publik hadir di Pusat Perbelanjaan atau Mal.

“saya melihat ada petugas dengan berseragam PNS Pemprov. DKI Jakarta dan penasaran dengan program pemerintah apa yang dilakukan pada akhir pekan dan di pusat perbelanjaan, ternyata PTSP Goes To Mall atau sosialisasi terkait perizinan di Jakarta, Pemerintah sekarang keren banget” ujar Edward yang berdomisili di wilayah Rawamangun tersebut.

Edward menambahkan dirinya mengaku sangat terbantu dengan kehadiran PTSP Goes To Mall yang memberikan layanan konsultasi serta membantu proses pengajuan hingga penerbitan izin.

“saya berkonsultasi perihal pengurusan IMB Rumah Tinggal karena ada perubahan struktur bangunan untuk garasi. Petugas memberikan penjelasan secara komprehensif terkait prosedur, persyaratan, mekanisme, biaya dan estimasi waktu yang dibutuhkan hingga penerbitan izin tersebut” ujar Edward

Lebih lanjut Edward menyampaikan dirinya pun baru mengetahui pengurusan izin di Jakarta tidak perlu mendatangi kantor PTSP karena ada inovasi layanan Antar Jemput Izin Bermotor atau AJIB yang akan secara langsung menjemput berkas perizinan dan mengantarkan kembali dokumen izin yang telah ditandatangani pejabat berwenang ke rumah atau kantor pemohon, layanan AJIB adalah Gratis. Dirinya pun terkesan dengan berbagai inovasi layanan yang dihadirkan Pemprov. DKI Jakarta serta tertarik untuk mencoba inovasi layanan tersebut “saya terkesan dengan berbagai inovasi layanan yang dimiliki oleh Pemprov. DKI Jakarta terutama AJIB, saya akan mencobanya dalam waktu dekat. Harapan saya kegiatan sosialisasi seperti ini dapat dilakukan secara terus menerus karena dapat membantu warga untuk mendapatkan kemudahan pelayanan perizinan di Jakarta” tutup Edward.

Must Read

Update Baru Kaspersky VPN Secure Connection Hadirkan Penambahan Layanan Streaming & Perluasan Negara Untuk Netflix

Rilispedia.com - Kaspersky telah meningkatkan dan memperluas daftar kapabilitas dari solusi VPN Secure Connection-nya. Ini termasuk fitur Kill Switch - yang memungkinkan...

Deretan Perangkat OPPO yang Mendukung Jaringan 5G Indosat

Rilispedia.com - Menyongsong kehadiran teknologi 5G di Indonesia, OPPO telah mempersiapkan lima perangkat yang dapat digunakan konsumen untuk menikmati koneksi internet super...

HSBC Dorong Satelit SATRIA Mengangkasa, Perkuat Konektivitas Digital Nusantara

Rilispedia.com - Konektivitas digital semakin menjadi kebutuhan prioritas baik di kancah global maupun Indonesia. Meskipun jumlah pengakses internet Indonesia telah mencapai 202,6...

Rayakan Ulang Tahun ke-10, LINE Merilis Lini Masa Sejarahnya

Rilispedia.com - Hari ini LINE Corporation merilis konten spesial untuk merayakan ulang tahun ke-10. Di bawah tema "Menggapai Masa Depan", video dan...

Peringati HUT ke-494 DKI Jakarta, Intip Dua UMKM Lokal Lestarikan Budaya Betawi lewat Tokopedia

Rilispedia.com - Pandemi justru meningkatkan rasa bangga buatan Indonesia. Terbukti dari data Tokopedia, misal selama kampanye Bangga Buatan Indonesia awal Mei 2021...