Home Life Dukung Talenta Kerja Tersertifikasi, MyEduSolve Gelar Virtual Job Fair

Dukung Talenta Kerja Tersertifikasi, MyEduSolve Gelar Virtual Job Fair

Rilispedia.com – Dalam upaya mendorong roda ekonomi digital Indonesia, MyEduSolve mengadakan acara Virtual Job Fair pada 19-20 November 2021 mendatang dengan dukungan Microsoft. Dalam acara ini, sedikitnya 27 perusahaan dari berbagai macam industri seperti finansial, otomotif, perdagangan, telekomunikasi, kesehatan, serta makanan dan minuman siap membuka total lebih dari 400 lowongan kerja di berbagai posisi.

Peserta yang dapat mengikuti proses rekrutmen merupakan talenta kerja yang telah memiliki sertifikasi Microsoft, sehingga menggarisbawahi nilai tambah mereka di era digital saat ini. Hal ini juga merupakan bentuk apresiasi kepada talenta-talenta Indonesia yang secara aktif telah mengambil sertifikasi untuk meningkatkan skill dan daya saing mereka.

“Sertifikasi merupakan cara untuk meningkatkan, mengukur, dan memvalidasi kemampuan seseorang pada suatu bidang keahlian. Individu yang tersertifikasi diperkirakan dapat mencapai hasil pekerjaan yang berkualitas dan dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, dengan membuka sebuah job fair bagi individu yang sudah tersertifikasi, kami berharap dapat meningkatkan jumlah match antara pemberi dan pencari kerja yang berpartisipasi di acara ini,” ujar Stephanie Seputra, Chief Operating Officer (COO) MyEduSolve.

Microsoft sendiri menyediakan beragam sertifikasi untuk berbagai bidang pekerjaan yang dapat diambil secara gratis dan online di Indonesia Belajar Microsoft Cloud (belajarmscloud.com), di antaranya adalah Microsoft Office Specialist (MOS), Microsoft Certified Fundamental (MCF), dan Microsoft Certified Educator (MCE). Seluruh ujian sertifikasi Microsoft dirancang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini serta kebutuhan industri, sehingga membantu meningkatkan kesempatan individu untuk dapat memenuhi standar tertentu dalam berkarier di suatu bidang pekerjaan.

Adapun Virtual Job Fair ini akan dilaksanakan di Microsoft Teams dengan menggunakan tools “Breakout Room”, di mana peserta dapat mengunjungi ruangan virtual perusahaan yang berbeda-beda. Setiap perusahaan akan melakukan presentasi singkat mengenai profilnya, kemudian recruiter akan menjadwalkan wawancara dengan peserta yang memenuhi persyaratan.

Bapak Ihsan, Salah Satu Pegawai Bank Daerah yang telah melakukan Sertifikasi Microsoft Office Specialist mengatakan, “Program sertifikasi ini sangat bagus dan bermanfaat karena saya bisa menguji pengetahuan dan kemampuan saya menggunakan Microsoft Excel, apalagi selama ini saya menggunakannya untuk pekerjaan sehari-hari. Pelatihannya juga bagus, langsung kepada poin-poin materi yang diujikan.”

Dari sisi Microsoft sebagai penyedia sertifikasi, acara ini menegaskan apresiasi perusahaan bagi para individu yang aktif mengasah keterampilan mereka di bidang digital. “Di era cloud cerdas dan edge cerdas, keterampilan digital menjadi sebuah skill utama yang perlu kita semua miliki. Adanya sertifikasi Microsoft, yang bisa diambil setelah individu menyelesaikan modul pembelajaran terkait, akan mendorong terciptanya lebih banyak talenta digital di Indonesia. Kami berharap Virtual Job Fair ini dapat membantu seluruh individu yang telah bekerja keras untuk mendapatkan sertifikasi, dalam menemukan pekerjaan yang dapat memaksimalkan keterampilan mereka. Dari sini, kita pun dapat berkontribusi terhadap pemberdayaan ekonomi digital Indonesia,” ujar Obert Hoseanto, Learning and Skills Specialist Microsoft Indonesia.

Selain pembukaan lowongan kerja, Virtual Job Fair ini juga membuka kesempatan kepada publik luas untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui webinar, workshop, serta diskusi grup eksklusif yang menyediakan berbagai informasi seputar dunia karier dan profesi. Harapannya, semua pihak dapat lebih memahami pentingnya keterampilan digital dan sertifikasi dalam dunia kerja serta manfaatnya, baik untuk pihak perusahaan maupun tenaga kerja Indonesia.

Adapun pembicara yang akan hadir pada Virtual Job Fair ini untuk memberikan sambutan dan materi pembukaan di antaranya Bapak Dr. Drs. Bahtiar, M.Si. (Direktur Jendral Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri), Bapak Anang Ristanto, S.E., M.A. (Plt. Kepala Biro Kerja Sama dan Humas, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi), Bapak Dr. Ir. Bonifasius Wahyu P., M.Eng. (Direktur Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informasi), dan Bapak Dr. Eng. Hary Budiarto, M.Kom., IPM (Kepala Badan Litbang SDM, Kementerian Komunikasi dan Informasi). Selain itu, para profesional yang berpengalaman dari berbagai perusahaan di Indonesia seperti Microsoft, LinkedIn, MatchKerja, Metrodata Academy, OnlinePajak, dan Ruangguru juga akan mengisi rangkaian acara webinar, workshop, dan diskusi panel.

Tenaga kerja yang tertarik untuk berpartisipasi dapat melakukan pendaftaran melalui link berikut https://bit.ly/MESJobFair2021 untuk acara Job Fair dan https://bit.ly/JobFairEvent untuk rangkaian acara webinar, workshop, dan diskusi panel.

Must Read

danabijak Bantu Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Pembiayaan Digital UMKM

Rilispedia.com - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor terdampak pandemi COVID-19. Selain melihat penurunan permintaan untuk produk dan...

Kembangkan Fitur Topics, Komunitas Menjadi Lebih Mudah untuk Mengikuti Passion Mereka di Clubhouse

Rilispedia.com - Halo! Setelah beberapa minggu lalu Clubhouse memanjakan Clubhousers di Indonesia dengan meluncurkan pilihan Bahasa Indonesia, kali ini Clubhouse memberikan kejutan...

Tunjuk AVOW sebagai Certified Partner, HUAWEI Ads Jangkau 1,5 Miliar Pengguna Aktif

Rilispedia.com - AVOW, perusahaan spesialisasi OEM untuk akuisisi pengguna on-device mengumumkan bahwa perusahaan ini telah dinobatkan sebagai Certified Partner oleh HUAWEI, penyedia...

Sambut Tahun 2022, Saatnya Wujudkan 5 Ide Smart Home di Rumahmu

Rilispedia.com - Masa pandemi mendorong kehidupan setiap orang lekat dengan teknologi, dan merasakan kemudahan gaya hidup digital. Kini, memiliki hunian pintar atau...

ABDI Nobatkan Blibli Sebagai E-commerce dengan Data Governance dan Data Security Terbaik

Rilispedia.com - Asosiasi Big Data Indonesia (ABDI) dalam rangkaian acara WebSummit DataGovAI 2021 memberikan penghargaan kepada Blibli atas kemampuan perusahaan dalam mengimplementasi...