Home Biz Facebook Summit 2021: Mengulas Discovery Commerce hingga Business Messaging Guna Membantu Bisnis...

Facebook Summit 2021: Mengulas Discovery Commerce hingga Business Messaging Guna Membantu Bisnis Menyambut Peluang di Masa Depan

Rilispedia.com – Facebook akan kembali menggelar Facebook Summit untuk ketiga kalinya pada Selasa, 28 September 2021 yang akan datang. Ajang ini akan menampilkan lebih dari lima puluh pemimpin global dan regional yang telah menciptakan standar baru dalam industri, mengusung ide dan gagasan tentang bagaimana pelaku bisnis dan merek menggunakan platform seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger untuk lebih terlibat secara kreatif, serta mampu mengembangkan komunitas mereka.

Benjamin Joe, Vice President for Southeast Asia and Emerging Markets di Facebook, yang akan menyampaikan sambutan utama di Facebook Summit, mengatakan: “Kami memahami bahwa kecepatan pemulihan dari pandemi COVID-19 sangat berbeda-beda di setiap wilayah. Karena itu tim kami terus fokus untuk mempercepat pemulihan di seluruh Asia Tenggara dengan melakukan hal terbaik yang kami bisa – yaitu menyediakan akses dan koneksi, serta berbagi wawasan untuk membantu komunitas dan bisnis dalam menavigasi realitas yang baru. Melalui Facebook Summit tahun ini, kami akan mengangkat tentang ketahanan bisnis dengan mendalami tren yang muncul, serta alat utama yang dapat menghemat waktu, mendorong kinerja, dan mempercepat digitalisasi.”

Ajang tahunan untuk ketiga kalinya ini juga akan menghadirkan kisah inspiratif para pelaku usaha dari berbagai skala yang telah berhasil mendemonstrasikan ketahanan dengan cara menyusun ulang model bisnis untuk beradaptasi terhadap tantangan yang ada. Sebagai contoh adalah Mindvalley, perusahaan layanan pendidikan berbasis teknologi dengan 18 juta lebih pelajar secara global, yang bertujuan untuk mendemokratisasi pendidikan dengan menjanjikan sistem pendidikan terbaik, jaringan global, dan kurikulum yang didukung oleh AI bagi siapapun dan dimanapun mereka berada.

Mindvalley berhasil menavigasi bisnisnya melampaui tantangan dan memanfaatkan momentum untuk penemuan, inspirasi, dan hubungan dengan pelanggan mereka di tengah pandemi dengan beralih ke model bisnis berlangganan, mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) untuk personalisasi, dan mengalihkan kekuatan kepada komunitas mereka. Kisah bisnis seperti Mindvalley ini adalah satu dari sekian banyak inspirasi yang dapat dipelajari di Facebook Summit.

Hasil studi telah menunjukkan bahwa digitalisasi adalah kunci utama ketahanan bisnis dalam ekonomi pasca COVID, seiring dengan peningkatan konsumsi dan gaya hidup yang home-centric. Menurut studi terbaru dari Facebook dan Bain & Company, sebanyak 70 juta orang di Asia Tenggara telah menjadi konsumen digital sejak awal pandemi berlangsung. Hampir separuh dari mereka, atau sekitar 30 juta orang, sudah menjadi konsumen digital dari tahun 2020 hingga 2021. Pada 2026, populasi konsumen digital Asia Tenggara diperkirakan mencapai sekitar 380 juta, yang berarti 1,4 kali lebih besar dibandingkan pada 2019.

Seiring dengan lebih banyak orang yang kini juga menikmati pengalaman digital dengan jumlah perangkat yang bertambah, gaya hidup baru konsumen kini mulai muncul – kebiasaan baru dalam berbelanja, cara baru untuk menemukan sesuatu, dan ekspektasi yang baru.

Dalam studi meta-analisis oleh Kantar dan Facebook, yang mengulas 64 kampanye multi-media di enam negara Asia Tenggara selama 2016-2020, menunjukkan bahwa saluran digital membantu bisnis menjangkau lebih banyak audiens (kesadaran), memfasilitasi hubungan emosional dan menciptakan preferensi terhadap merek (asosiasi), dan mengubah audiens menjadi konsumen (motivasi).

Sehubungan dengan situasi COVID-19, 72% bisnis di Asia Tenggara menyatakan bahwa media sosial membantu mereka untuk berinteraksi lebih lebih baik dengan konsumen.

Bagi bisnis, hasil studi ini merepresentasikan sebuah skenario dimana setiap momen adalah peluang untuk penemuan, inspirasi, dan koneksi. Namun, hal ini bisa jadi begitu rumit untuk dipahami. Baik itu bisnis besar dengan portofolio produk atau layanan, maupun bisnis kecil dengan ide yang luar biasa – pertanyaan utama yang perlu diperhatikan adalah bagaimana membuat produk atau layanan tersebut ditemukan dan bagaimana menyediakan pengalaman yang dipersonalisasi yang juga menghargai privasi di saat bersamaan.

“Ini adalah pertanyaan yang akan kami jawab dengan sebuah sistem yang kami sebut Discovery Commerce, dan hal ini juga akan didiskusikan lebih dalam oleh tim kami bersama dengan para pemimpin bisnis di Asia Tenggara pada Facebook Summit minggu depan,” tambah Benjamin.

Facebook Summit yang ketiga ini juga menampilkan Matt Idema, VP Business Messaging di Facebook yang akan berbagi tentang komitmen WhatsApp dalam mendukung bisnis kecil dan mikro melalui inovasi produk seperti WhatsApp Storefront. Fitur baru ini akan memungkinkan bisnis untuk memperoleh manfaat dari conversational commerce dan saat ini sudah mulai tersedia di beberapa negara, termasuk Indonesia dan Malaysia.

“Selain itu, akan hadir lebih dari 50 pembicara global dan regional di Facebook Summit, diantaranya Sudarshan Saha, Managing Director, Mediacom Vietnam; Anisha Iyer, Chief Product Officer, OMG Thailand; dan Wahib Kazhim, Presiden Direktur Photostory Indonesia, yang akan membagikan visi mereka mengenai tren industri terkini, kreativitas di media sosial, dan kisah sukses UKM di Asia Tenggara,” jelas Benjamin.

Semua sesi yang ada di Facebook Summit ini tersedia secara gratis mulai Selasa, 28 September 2021, selama satu bulan kedepan dan dapat diakses melalui tautan berikut: Indonesia. Setiap orang juga dapat memilih untuk menikmati sesi tersebut melalui Livestream, pustaka Facebook Watch Anytime, atau menyimaknya melalui podcast.

Must Read

Sony Indonesia Resmi Luncurkan Empat Seri TV BRAVIA XR Terbaru dengan Teknologi Cognitive Processor XR

Rilispedia.com - Sony Indonesia meluncurkan TV BRAVIA XR terbaru, yaitu X90J 4K LED, X95J 4K LED, A80J OLED, dan Z9J 8K LED...

Dorong UMKM Naik Kelas, Pegadaian Gandeng Briefer Beri Edukasi Pengelolaan Keuangan Digital dan Konten Kreatif

Rilispedia.com - Pegadaian Wilayah VIII Jakarta I bersama Briefer, platform kolaborasi bagi para praktisi di industri komunikasi menggelar seri webinar terkait pengelolaan...

Kiprah Gim Lokapala di PON XX, Bangkitkan Industri Gim Nasional

Rilispedia.com - PON XX Papua 2021 telah menyelesaikan penyelenggaraan pertandingan persahabatan untuk divisi eSports yang mana terdapat beberapa gim popular yang dipertandingkan,...

Keluarkan Jiwa Kekoreaan Kamu di Awesome Review Contest Bersama Samsung Galaxy A32

Rilispedia.com - Samsung Electronics Indonesia (SEIN) terus konsisten mewadahi kegemaran generasi muda dalam membuat konten yang kreatif dan positif. Setelah beberapa waktu...

Honda Luncurkan Sistem New Honda Sensing 360, Tahun 2022 Segera Hadir di Cina

Rilispedia.com - Honda Motor Co., Ltd. baru saja meluncurkan Honda SENSING 360, sistem keselamatan omnidirectional untuk membantu pengemudi dapat melihat beberapa sisi...