Home Style GoFood Gandeng Discovery Asia-Pasifik Promosikan Kuliner Anak Bangsa ke Panggung Dunia Lewat...

GoFood Gandeng Discovery Asia-Pasifik Promosikan Kuliner Anak Bangsa ke Panggung Dunia Lewat Program #PetualanganKuliner

  • Program #PetualanganKuliner GoFood merupakan kolaborasi antara GoFood, Discovery Asia-Pasifik, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dan food vlogger ternama MGDALENAF & Nex Carlos untuk promosikan kuliner Indonesia ke lebih dari 40 juta penonton di seluruh Asia Tenggara.
  • Bersama dengan Kemenparekraf RI, program #PetualanganKuliner menjadi bagian dari janji pariwisata Wonderful Indonesia untuk membawa kuliner tanah air ke kancah internasional

Rilispedia.com – GoFood sebagai pionir dan pemimpin layanan pesan-antar makanan di Asia Tenggara berkolaborasi dengan Discovery Asia-Pasifik, bagian dari Discovery Inc. untuk mempromosikan beragam kuliner tanah air ke panggung internasional. Kolaborasi multi-stakeholder ini diwujudkan melalui penayangan program #PetualanganKuliner di platform GoFood pada aplikasi Gojek dan kanal resmi khusus kuliner milik Discovery. Tidak hanya itu, program #PetualanganKuliner secara rutin juga akan tayang di kanal YouTube food vlogger ternama MGDALENAF & Nex Carlos selama satu tahun ke depan. Adapun kuliner yang diperkenalkan dalam program ini adalah hasil kurasi GoFood terhadap jutaan menu dan ratusan ribu merchant GoFood di tanah air yang bisa dipesan melalui GoFood.

Program #Petualangan Kuliner GoFood ini sejalan dengan upaya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk membawa kuliner Indonesia ke kancah internasional. Sebagai pemimpin layanan pesan-antar makanan di Asia Tenggara, GoFood telah bermitra dengan lebih dari 500.000 merchant kuliner di mana 96% diantaranya merupakan pelaku kuliner UMKM. Mitra UMKM yang telah bergabung dengan GoFood sendiri, rata-rata mengalami peningkatan omzet 3,5 kali lipat. Kolaborasi ini semakin mengukuhkan komitmen GoFood terhadap mitra merchant UMKM untuk dapat memperluas akses terhadap pasar.

Group Chief Marketing Officer Gojek, Ainul Yaqin mengatakan, “Kami percaya, keunikan kuliner Indonesia merupakan salah satu daya tarik bagi wisatawan internasional. Apalagi, kuliner Indonesia juga sering masuk dalam daftar kuliner paling enak di dunia. Hal inilah yang membuat kami di GoFood senantiasa berinovasi untuk mempromosikan kuliner andalan mitra merchant melalui berbagai inisiatif, salah satunya dengan program #PetualanganKuliner, kolaborasi antar aktor dalam industri pariwisata kuliner yang menggandeng pelaku kuliner andalan GoFood, pecinta kuliner, kanal media, dan pihak pemerintah. Melalui program ini, kami berharap kuliner anak bangsa makin dikenal di kancah internasional, sekaligus meningkatkan eksposur bagi para merchant GoFood.”

Mulai awal tahun 2020, Discovery akan menjadi partner GoFood dalam memproduksi program #PetualanganKuliner. Program berkualitas tinggi yang menampilkan para pelaku UMKM kuliner ini bisa diakses melalui layanan, blog, dan platform media sosial milik GoFood pada aplikasi Gojek, serta platform Discovery. Program #PetualanganKuliner memudahkan pecinta kuliner untuk dapat menemukan keragaman dan keaslian makanan Indonesia. Discovery juga akan menyediakan konten makanan baru untuk fitur Rekomendasi dalam layanan GoFood pada aplikasi Gojek.

Vice President, and General Manager, Southeast Asia, Discovery Networks Asia-Pacific, Anna Pak Burdin, menjelaskan, “Indonesia memiliki warisan kuliner yang fantastis dan kami sangat senang dapat bekerja sama dengan GoFood dan berbagi tren makanan, budaya kuliner Indonesia, serta konten makanan baru yang telah kami kurasi langsung pada layanan, blog, dan platform sosial GoFood di aplikasi Gojek. Kami juga bersemangat untuk berbagi kisah makanan Indonesia yang luar biasa dalam program #PetualanganKuliner yang dapat disaksikan di Discovery dengan jangkauan penonton yang luas hingga 27 juta orang di Asia Tenggara.” Pecinta kuliner Asia akan dapat mengakses program #PetualanganKuliner di platform dan kanal baru Discovery yang berfokus pada kuliner dan akan diluncurkan pada 29 Nov 2019.

Dalam program #PetualanganKuliner, para pecinta kuliner tanah air akan diajak keliling Indonesia dan mengetahui kuliner khas dari berbagai kota di indonesia, di antaranya Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan, Makassar, Bali, dan Palembang. Konsumen yang ingin mencoba bisa memilih kuliner yang diinginkan lewat banner #PetualanganKuliner di layanan GoFood.

Lebih lanjut, food vlogger Magdalena (Youtube: MGDALENAF) saat konferensi pers mengakui bahwa keliling Indonesia dan mencoba kuliner andalan masing-masing daerah membuatnya ingin menjelajahi lebih banyak daerah di tanah air. Pengalaman berkuliner memberinya pemahaman yang lebih baik tentang budaya dan tradisi lokal yang membuatnya semakin mencintai Indonesia, negara yang mempunyai beragam kuliner untuk dicoba. Ia berharap agar lebih banyak wisatawan yang akan memiliki akses dan peluang untuk mengeksplorasi keunikan masakan Indonesia.  

Hal serupa juga dikatakan food vlogger Carlos (Youtube: Nex Carlos). Ia menceritakan selama berkeliling Indonesia, dirinya banyak bertemu pelaku usaha kuliner yang sudah mengembangkan bisnis rumahan secara turun temurun. Carlos mengakui bahwa sekarang sudah sangat mudah untuk mencari kuliner unik dengan adanya teknologi GoFood yang mengkurasi ragam kuliner andalan masing-masing daerah.

Hadir pula dalam acara diskusi dan peluncuran program #PetualanganKuliner dari GoFood, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Rizki Handayani Mustafa mengatakan, “Wisata belanja dan kuliner merupakan salah satu wisata yang memberikan kontribusi cukup besar terhadap perekonomian. Kedua wisata tersebut ini menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional. Secara proaktif, kami mendorong promosi kuliner Indonesia di pasar potensial misalkan dengan menghadirkan lima ikon kuliner versi Kemenparekraf, yaitu soto, sate, rendang, nasi goreng, dan tumpeng di festival-festival kuliner mancanegara.”

GoFood berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi dan berinovasi agar konsumen semakin mudah mendapatkan rekomendasi kuliner lewat layanan GoFood dan membantu merchant mengembangkan bisnisnya.

“Kami senang konsumen dan mitra merchant selalu menyambut baik inovasi yang dihadirkan oleh GoFood. Kepercayaan mitra terhadap keunggulan ekosistem kami terlihat dari kontribusi nyata yang diberikan mitra UMKM kepada perekonomian Indonesia yang mencapai Rp 19 triliun (US $ 1,33 miliar) pada tahun 2018. Kami yakin, angka ini berpotensi untuk meningkat seiring dengan kepercayaan konsumen pada kuliner mitra merchant kami, sehingga para pelaku kuliner UMKM semakin terpacu untuk terus mengembangkan bisnisnya,” tambah Yaqin.

Kepercayaan konsumen urban terhadap GoFood juga diperkuat oleh hasil riset Nielsen Singapura berjudul “Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market” mengungkapkan 84% masyarakat yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan menganggap GoFood menawarkan layanan pesan-antar makanan terbaik di Indonesia, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata industri (39%).

“UMKM kuliner merupakan salah satu aset terkuat GoFood yang secara konsisten selalu kami berdayakan, termasuk lewat program-program andalan seperti program #PetualanganKuliner. Dengan memperkenalkan keunikan ragam kuliner Tanah Air, kami berharap bisa memberikan akses yang lebih luas kepada mitra merchant untuk mempromosikan inovasi kuliner terbaiknya dan berkontribusi pada roda perekonomian di saat yang bersamaan,” tutup Yaqin.

Must Read

Telkom Jadi Satu-Satunya Perusahaan Indonesia di Jajaran Forbes 2021 World’s Best Employer

Rilispedia.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali meraih pengakuan yang bergengsi dari institusi internasional. Kali ini, Telkom menjadi satu-satunya perusahaan...

Rata-rata Penghasilan Bulanan Mitra UMKM di Masa Pandemi Meningkat 7 Kali Lipat, GoFood Fokus Kembangkan Wadah Edukasi

Rilispedia.com - UMKM kuliner menjadi salah satu bidang usaha yang terdampak di masa pandemi. Untuk dapat terus bertahan, sebanyak 42% UMKM menggunakan...

Seperti Paralel, 2019 Adalah Fenomena Awal Dimulainya Wabah Trojan Perbankan Di Asia Pasifik

Rilispedia.com - Sudah menjadi fakta bahwa krisis kesehatan saat ini, yang pertama kali terdeteksi pada Desember 2019, telah mengubah secara drastis berbagai...

Samsung Umumkan Tiga Pemenang dari Kampanye #TeamUnstoppable Indonesia

Rilispedia.com - Samsung Electronics Co., Ltd baru saja menyelesaikan #TeamUnstoppable, sebuah kampanye regional yang mengajak para Gen Z dan milenial Asia Tenggara...

Ajak Perempuan untuk Ekspresikan Cantiknya, Blibli Gelar Festival Belanja Cantik

Rilispedia.com - Blibli sebagai e-commerce lokal terdepan yang mengutamakan kepuasan pelanggan memiliki mayoritas pengguna aktif perempuan. Blibli berkomitmen untuk memberikan pengalaman berbelanja...