Home Tek GOJEK dan Universitas Indonesia Kerjasama Cetak 8,000 Mahasiswa Indonesia Jadi Tech...

GOJEK dan Universitas Indonesia Kerjasama Cetak 8,000 Mahasiswa Indonesia Jadi Tech Engineers Kelas Dunia

GOJEK dan UI target cetak lebih banyak talenta teknologi di Indonesia melalui festival IT tahunan mahasiswa terbesar di Indonesia “Computer Festival (COMPFEST) ke-11”
• GOJEK akan memberikan pelatihan IT intensif pada 200 peserta COMPFEST terbaik melalui program “The Academy Powered by GOJEK” dengan menggunakan kurikulum kelas dunia
• Melalui COMPFEST, GOJEK dan UI mendukung target pemerintah meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang teknologi untuk mendorong ekonomi digital Indonesia


Rilispedia.com – Dalam rangka meningkatkan kompetensi tenaga kerja Indonesia di bidang teknologi, GOJEK sebagai perusahaan teknologi penyedia layanan on-demand terdepan di Indonesia dan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) bekerjasama untuk mencetak lebih banyak tech engineers nusantara yang siap bersaing secara global. Setelah sebelumnya GOJEK menjadi official learning partner Universitas Indonesia melalui GOJEK Collaboration Lab (CO-LAB) di awal tahun 2019, kali ini GOJEK dan UI akan melatih ribuan mahasiswa dari seluruh Indonesia di bidang IT melalui Computer Festival (COMPFEST) ke-11.


COMPFEST merupakan one-stop festival IT (Informasi dan Teknologi) tahunan mahasiswa terbesar di Indonesia, yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fasilkom UI. COMPFEST menggabungkan berbagai kegiatan edukatif mengenai perkembangan di dunia IT dengan menggandeng para ahli/profesional di bidang IT dari akademisi dan industri, dengan harapan dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman guna meningkatkan standar kompetensi IT di Indonesia.

Mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang terpilih untuk ikut serta dalam Software Engineering Academy (COMPFEST ke-10, 2018) sedang mendapatkan pembinaan dari Senior Engineer GOJEK.
Mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang terpilih untuk ikut serta dalam Software Engineering Academy (COMPFEST ke-10, 2018) sedang mendapatkan pembinaan dari Senior Engineer GOJEK.


Nila Marita, Chief of Corporate Affairs GOJEK menjelaskan bahwa sebagai perusahaan teknologi terdepan karya anak bangsa, GOJEK percaya pemanfaatan teknologi untuk membawa dampak positif di Indonesia perlu didukung talenta yang mumpuni. “Kami menyadari bahwa kompetensi di bidang teknologi membutuhkan tidak hanya pembelajaran teori, namun keterampilan teknis yang didasari oleh pengalaman di lapangan. Di COMPFEST, para ahli dan engineers senior kelas dunia dari GOJEK akan berbagi ilmu dan pengalaman dari dunia kerja kepada para mahasiswa melalui pelatihan intensif di berbagai bidang keterampilan IT. Pelatihan dari GOJEK sifatnya praktis dan fokus pada keterampilan utama yang paling dibutuhkan di dunia kerja startup global yang saat ini berkembang sangat cepat,” ujar Nila.


Dukungan GOJEK pada gelaran COMPFEST sudah berlangsung sejak tahun lalu, yang mana GOJEK bersama partner lain telah membina lebih dari 7.500 mahasiswa dari seluruh Indonesia di bidang IT pada COMPFEST ke-10. COMPFEST ke-11 kali ini menargetkan dapat membina lebih dari 8,000 mahasiswa, sehingga ada lebih banyak sumber daya manusia di Indonesia yang berketerampilan dan berkompetensi tinggi di bidang IT.

Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi tenaga kerja di bidang teknologi untuk bisa mengejar pertumbuhan ekonomi digital yang pesat. Menurut Lembaga riset A.T. Kearney, Indonesia memproduksi hanya 278 tech engineers setiap 1 juta penduduk, jumlah ini sangat sedikit dibandingkan Malaysia dan Thailand yang mencetak ribuan engineers. Padahal, ekonomi digital Indonesia diprediksi mencapai US$ 100 miliar di tahun 2025, atau yang terbesar di Asia Tenggara. Kurangnya ketersediaan sumber daya manusia di bidang teknologi berkualitas tinggi seperti engineers, programmers dan developers dapat menghambat pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. Oleh karenanya UI dan GOJEK bertujuan menutup gap tersebut dengan melatih mahasiswa calon tenaga kerja Indonesia di bidang IT.


Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani, Ph.D. menyambut positif dukungan dan partisipasi GOJEK dalam menyukseskan gelaran COMPFEST ke-11. Menurutnya, kehadiran GOJEK mampu memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk terus belajar dan meningkatkan kemampuan mereka di bidang teknologi.


“Kami senang dengan adanya partisipasi GOJEK pada acara COMPFEST ini, dapat menjadi bukti bahwa tidak hanya akademisi namun juga industri turut berkontribusi dalam membangun, menciptakan, dan mendidik talenta-talenta berkualitas di Indonesia sehingga mampu bersaing secara global. Kami berharap, para peserta nantinya benar-benar memanfaatkan kesempatan yang ada selama mengikuti acara COMPFEST untuk dapat memperoleh informasi dan pengalaman dari para ahlinya. Kehadiran GOJEK pada COMPFEST ke-11 ini pun diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para peserta untuk menciptakan inovasi-inovasi baru di bidang IT yang bermanfaat bagi masyarakat”, ujar Mirna Adriani, Ph.D.

Mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang terpilih untuk ikut serta dalam Software Engineering Academy (COMPFEST ke-10, 2018) sedang mendapatkan pembinaan dari Senior Engineer GOJEK.
Mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia yang terpilih untuk ikut serta dalam Software Engineering Academy (COMPFEST ke-10, 2018) sedang mendapatkan pembinaan dari Senior Engineer GOJEK.


Yang berbeda dari COMPFEST tahun ini adalah program “The Academy Powered by GOJEK” yaitu pelatihan intensif dari GOJEK dan partner lain kepada puluhan peserta terbaik dari hampir 2,000 pendaftar The Academy. Program ini akan berlangsung dari 6 Juli – 18 Agustus dan meliputi 3 pilar: Data Science Academy, StartUp Academy dan Software Engineering Academy. Di program Software Engineering Academy, para Senior Engineers GOJEK akan secara eksklusif mengajarkan berbagai metode mengembangkan perangkat lunak, seperti teknik Clean Code – cara menulis kode dengan disiplin tinggi sehingga mengurangi kemungkinan program terkena bugs atau crash, dan Test-Driven Development atau metode testing yang dilakukan sebelum membangun sebuah program.


Di Data Science Academy peserta akan juga dilatih oleh Data Scientist senior dari GOJEK untuk menguasai bahasa pemrograman Phyton yang menggabungkan metode statistik dengan machine learning untuk menganalisa data yang kompleks. Sementara di program StartUp Academy, GOJEK ikut membina mahasiswa untuk membangun StartUp – mulai dari memetakan peluang awal, mengembangkan bisnis model untuk mencapai skalabilitas, hingga menyajikan data dan presentasi kepada calon investor.


Di luar “The Academy Powered by GOJEK”, ribuan peserta COMPFEST ke-11 lainnya akan mendapatkan pengetahuan pengalaman kerja di bidang teknologi langsung dari Senior Engineers terbaik GOJEK melalui format seminar, dan juga berkesempatan mendaftar kerja di GOJEK melalui booth rekrutmen GOJEK di acara utama COMPFEST pada bulan September nanti. COMPFEST Ke-11 yang berlangsung dari April-September ini juga meliputi rangkaian Academy yang didukung GOJEK; Seminar yang diisi oleh profesional di bidang IT dari dalam dan luar negeri, dan Competition yang mengangkat tema competitive programming contest, innovative app competition, business IT case, capture the flag dan indie game ignite.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Telkomsel Gandeng Lookout Hadirkan Solusi Keamanan Siber

Rilispedia.com - Telkomsel merilis kemitraan dengan Lookout, Inc., perusahaan keamanan siber terkemuka, untuk memberikan proteksi dan mendukung transformasi digital perusahaan di Indonesia.

GoPay Kenalkan Fitur Baru di GoInvestasi

Rilispedia.com - GoPay memperkenalkan fitur auto invest di GoInvestasi, platform investasi emas di aplikasi Gojek bekerja sama dengan Pluang. Melalui fitur ini,...

Untuk Pertama Kalinya, vivo Pimpin Penjualan Smartphone di Tiongkok

Rilispedia.com - vivo, perusahaan teknologi global terkemuka, untuk pertama kalinya memimpin pasar ponsel pintar dengan penjualan nomor 1 di Tiongkok. Dilansir dari...

OVO Buka Ruang Luas Bagi Perempuan Hebat untuk Berkiprah di Industri Teknologi

Rilispedia.com - Perempuan merupakan aktor sentral dan penting dalam berbagai lini kehidupan. Tanpa kehadiran perempuan, akan banyak hal dan urusan yang tidak...

Dukung Pelaku Bisnis Semarakkan Ramadan, ShopeePay Talk Ungkap Tiga Strategi Tangkap Peluang Ramadan

Rilispedia.com - ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, di bulan...