Home Tek Huawei Luncurkan Prosesor AI "Ascend 910" dan Framework Komputasi AI "MindSpore" untuk...

Huawei Luncurkan Prosesor AI “Ascend 910” dan Framework Komputasi AI “MindSpore” untuk Segala Skenario

Rilispedia.com – Huawei, hari ini secara resmi mengumumkan peluncuran Ascend 910, prosesor AI terkuat di dunia saat ini, serta MindSpore, framework komputasi AI untuk segala macam skenario penerapan.

Eric Xu, Rotating Chairman di Huawei mengatakan, “Sejak strategi AI kami umumkan untuk pertama kalinya pada bulan Oktober tahun lalu, kami berhasil mencatatkan sejumlah kemajuan yang nyata.”

“Dari proses riset dan pengembangan, hingga produk tersebut siap diluncurkan, semuanya telah berjalan sesuai rencana. Kami bangga dapat meluncurkan Ascend 910 dan MindSpore, portofolio AI full-stack paling mutakhir untuk segala macam skenario pada hari ini. Peluncuran ini sekaligus menandai babak baru bagi Huawei dalam mengusung strategi AI,” lanjutnya.

Ascend 910: prosesor AI terkuat di dunia, suguhkan daya komputasi yang luar biasa

Ascend 910, prosesor AI mutakhir dari Huawei, masuk ke dalam jajaran chipset Ascend-Max. Prosesor ini diharapkan akan memiliki spesifikasi rencana seperti yang telah diumumkan sebelumnya pada perhelatan Huawei Connect di tahun lalu. Satu tahun berselang sejak proses pengembangan produk mulai diluncurkan, hasil pengujian terkini menunjukkan bahwa prosesor Ascend 910 mampu unjuk performa sesuai gol semula, bahkan dengan konsumsi daya yang jauh lebih rendah dari yang direncanakan.

Untuk pengujian operasi floating point (FP16) setengah presisi, Ascend 910 mampu menghantarkan 256 TeraFLOPS dengan sukses. Pada perhitungan presisi integer (INT8), Ascend 910 mampu mencapai angka hingga 512 TeraOPS. Selain performa luar biasa yang ditunjukkannya, konsumsi daya maksimum pada Ascend 910 hanya sebesar 310W, jauh lebih rendah dari spesifikasi rencana, yakni di angka 350W.

“Ascend 910 berhasil menunjukkan performa yang jauh lebih baik dari spesifikasi yang kami rencanakan semula,” kata Xu. “Tak diragukan lagi, performa yang ditunjukkan oleh Ascend 910 mampu mengungguli seluruh prosesor AI yang ada di pasar saat ini.”

Huawei menggunakan Ascend 910 pada proses model training teknologi AI. Pada sesi training berbasis ResNet-50, penggunaan Ascend 910 yang dikombinasikan dengan MindSpore mampu menghasilkan model training teknologi AI dengan kecepatan dua kali lebih tinggi dari pada yang dihasilkan oleh kartu training arus utama lainnya yang memakai TensorFlow.

Huawei juga menyampaikan akan teguh memegang komitmennya untuk terus berinvestasi pada pengembangan teknologi prosesor AI yang mampu menghasilkan daya komputasi yang tinggi, adaptif, namun dengan biaya yang terjangkau, sesuai dengan tren kebutuhan masa kini dalam menggelar skenario-skenario terapan yang canggih, seperti komputasi edge, sistem komputasi di kendaraan untuk mendukung kendaraan otonom, juga proses training teknologi lainnya.

MindSpore: framweork komputasi AI untuk segala macam skenario penerapan

Pada kesempatan yang sama, Huawei juga meluncurkan MindSpore, yakni framework komputasi AI yang mendukung pengembangan aplikasi-aplikasi AI untuk segala jenis skenario penerapan.

Framework komputasi AI memiliki peran yang begitu krusial dalam pengembangan aplikasi-aplikasi AI, sehingga makin luas penggunaannya dan terjangkau aksesnya, serta terjamin perlindungan privasinya. MindSpore berhasil menunjukkan perkembangan yang luar biasa dalam proses penciptaannya.

Seiring dengan tingginya kebutuhan untuk perlindungan privasi, pengembangan framework yang mampu mendukung segala macam skenario merupakan kunci yang esensial dalam menciptakan teknologi AI yang aman dan dapat digunakan secara luas. Inilah yang juga dijadikan sebagai komponen kunci pada pengembangan framework MindSpore oleh Huawei. MindSpore sigap beradaptasi sesuai dengan kebutuhan tiap-tiap penggelaran yang beragam. Sehingga, berapapun besar anggaran yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan sebuah lingkungan, MindSpore siap mendukung.

MindSpore menjamin privasi pengguna, karena MindSpore hanya bersinggungan dengan informasi gradien dan model yang sudah terproses sebelumnya. MindSpore tidak memproses data sendiri, sehingga data pengguna yang bersifat pribadi akan terlindungi secara efektif, bahkan di lingkungan dengan beragam skenario sekalipun. Selain itu, MindSpore juga telah dilengkapi dengan teknologi tertanam yang menghadirkan proteksi pada model penerapan yang ada, sehingga menjamin dihadirkannya keamanan yang kokoh.

MindSpore mampu beradaptasi dengan segala jenis skenario yang digelar di lintas perangkat, edge, hingga di lingkungan cloud, serta mampu menjalin seluruh skenario tersebut secara on-demand. Desain dengan konsep “AI Algorithm as Code” yang diusung dalam MindSpore memudahkan pengembang dalam mengembangkan aplikasi-aplikasi AI canggih, sekaligus dalam melakukan training pada model yang telah mereka bangun, dengan cepat.

Dalam kesempatan tersebut, Xu juga menekankan mengenai komitmen Huawei dalam mendukung dibangunnya ekosistem AI yang makin meriah dan tangguh. “MindSpore nantinya akan dihadirkan di kuartal pertama tahun 2020, dalam bentuk sumber terbuka. Kami ingin mendorong pengadopsian AI secara lebih luas lagi dan mendukung para pengembang dalam mengoptimalkan kapabilitas yang mereka miliki,” ujar Xu.

Peluncuran Ascend 910 dan MindSpore menjadi komponen kunci pada gelaran portofolio Huawei untuk teknologi AI full-stack untuk segala macam skenario. “Semua berjalan sesuai rencana kami. Dan komitmen kami dahulu untuk menghadirkan portofolio AI full-stack dan untuk segala macam skenario, hari ini, sukses kami wujudkan,” ujar Xu. Peluncuran ini sekaligus menjadi tonggak baru bagi petajalan yang sudah disusun oleh Huawei dalam mengusung teknologi AI, sekaligus menjadi babak baru dalam pencanangan strategi berikutnya terkait teknologi AI.

Di akhir penyampaiannya, Xu menambahkan bahwa bersama dengan digelarnya perhelatan akbar Huawei Connect 2019 pada tanggal 18 hingga 20 September 2019 di Shanghai, Huawei akan menampilkan terobosan-terobosan dan produk mutakhir di kancah teknologi AI. Huawei berkomitmen untuk terus mempererat jalinan kerja sama dengan mitra-mitranya dalam mengusung teknologi-teknologi mutakhir yang mendukung kemudahan akses dan pemanfaatan teknologi AI secara lebih luas, agar membawa manfaat bagi kehidupan manusia, untuk perusahaan, hingga penggunaan di rumah-rumah.

Must Read

Bantu Dokter Jangkau Lebih Banyak Masyarakat, Halodoc Terus Dukung Inklusi Tenaga Kesehatan dalam Transformasi Digital

Rilispedia.com - Kendati peran dokter yang sangat mendasar bagi kesejahteraan bangsa, Indonesia hanya memiliki 4,27 dokter untuk setiap 10.000 populasi pada 2018....

Kemunculan Pokémon VSTAR Hadir Memberikan Nafas dan Kekuatan Baru di Perayaan 25 Tahun Pokémon

Rilispedia.com - Video pertama tentang perayaan 25 tahun Pokémon sudah rilis di Youtube Pokémon Indonesia pada 20 Oktober 2021. Dengan kemunculan video...

LINE Indonesia Perkenalkan Program #AnakLINE, LINE Sebagai Tempat Aman dan Nyaman Bagi Gen Z di Era Kecerdasan Digital

Rilispedia.com - Generasi Z merupakan generasi yang sangat kental dengan gaya hidup digital, memiliki rentang usia 15 - 21 tahun, generasi ini...

Ingin punya Kisah Manis versi kamu? Coba eksplor dunia baru dan mulai temukan mereka yang sefrekuensi dengan kamu!

Rilispedia.com - "Ya, karena aku sama Budi sudah sefrekuensi. Jarang-jarang loh bisa nemu yang pas apalagi yang tujuannya sama," kata Ayu saat...

Sebentar Lagi Gajian! Ini Tips ala Tokopedia Biar Gaji Tidak Cepat Habis

Rilispedia.com - Pandemi merupakan situasi dengan ketidakpastian yang sangat tinggi sehingga menuntut masyarakat lebih jeli dalam mengelola keuangan. Riset 2020 LPEM FEB...