Home Tek Instagram Hadirkan Opsi untuk Melihat Jumlah Likes

Instagram Hadirkan Opsi untuk Melihat Jumlah Likes

Rilispedia.com – Beberapa waktu lalu, Anda mungkin sempat melihat Instagram melakukan uji coba untuk menyembunyikan jumlah likes. Hari ini, Instagram dan Facebook mengumumkan bahwa kini semua pengguna memiliki opsi untuk menyembunyikan jumlah likes pada postingan mereka, dan memutuskan pengalaman seperti apa yang mereka inginkan di kedua layanan tersebut.

Sebelumnya, Instagram telah melakukan uji coba untuk menyembunyikan jumlah likes guna melihat apakah hal ini dapat mengurangi tekanan sosial yang dialami para pengguna di layanannya. Berdasarkan masukan dari para pengguna dan ahli, sebagian pengguna menilai bahwa mereka merasakan manfaat ketika tidak melihat jumlah likes. Akan tetapi, sebagian pengguna lainnya merasa bahwa mereka tetap ingin melihat jumlah likes pada postingan untuk mengetahui konten apa yang tengah populer dan trending saat ini. Berangkat dari masukan-masukan tersebut, kami memberikan pilihan bagi para pengguna untuk menentukan sendiri pengalaman terbaik menurut mereka masing-masing.

Instagram dan Facebook selalu berupaya untuk memberikan kendali penuh terhadap pengalaman para penggunanya. Oleh karena itu, hari ini Instagram dan Facebook mengumumkan cara baru bagi para pengguna untuk menyaring konten yang kurang menyenangkan yang mereka terima di DM, serta apa yang mereka lihat dan bagikan di Facebook News Feed – seperti Feed Filter Bar, Favorites Feed, dan Choose Who Can Comment.

“Mulai hari ini, kami memberikan opsi kepada Anda untuk menyembunyikan semua jumlah likes pada postingan di timeline Feed Anda. Lebih dari itu, Anda juga bisa menentukan kapan Anda ingin menyembunyikan tampilan jumlah likes pada postingan tertentu sehingga pengguna lain tidak dapat melihat jumlah likes yang Anda dapatkan. Dengan begitu, Anda pun dapat lebih fokus pada kualitas foto dan video yang dibagikan daripada jumlah likes yang didapatkan,” ujar Philip Chua, Kepala Kebijakan Publik, Instagram Asia Pasifik.

Anda dapat menyembunyikan jumlah likes dengan mengunjungi bagian ‘Postingan’ di Pengaturan Privasi. Pengaturan ini berlaku untuk seluruh postingan pada timeline di Feed Instagram Anda, sehingga Anda tidak akan melihat jumlah likes yang didapatkan pengguna lain.

Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk menyembunyikan jumlah likes sebelum memposting sebuah konten. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan ini, bahkan setelah memposting konten Anda. Instagram memahami bahwa pengguna menginginkan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal pengaturan tampilan jumlah likes pada postingan mereka, sehingga perusahaan menghadirkan opsi tersebut. Dalam beberapa minggu kedepan, Anda akan mulai melihat kedua pengaturan ini juga tersedia di Facebook.

Kerja sama dengan para ahli dan kreator konten

Pengalaman Instagram yang diinginkan oleh seorang pengguna tentu akan berbeda dengan pengguna lainnya, dan kebutuhan setiap pengguna akan terus berubah. Kami terus bekerja sama dengan para ahli pihak ketiga untuk memahami bagaimana kami dapat memberdayakan komunitas, meningkatkan kesadaran, dan membangun pengalaman yang lebih positif di Instagram.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Instagram berkolaborasi dengan The Jed Foundation dan kreator konten seperti Bunny Michael (@bunnymichael) dan Schuyler Bailar (@pinkmantaray) untuk meluncurkan sebuah Instagram Guides terbaru yang berisi tips untuk mengelola tekanan yang didapatkan secara online.

Instagram juga mendanai lebih banyak penelitian eksternal yang mempelajari tentang pengalaman orang-orang di Instagram, serta bagaimana perusahaan dapat terus memperbarui kebijakan dan fitur-fiturnya guna mendukung para pengguna secara global. Saat ini, Instagram terbuka untuk menerima proposal penelitian dari para akademisi dan organisasi nirlaba secara global. Jika Anda tertarik, silakan mengunjungi tautan ini untuk mempelajari informasi lebih lanjut, serta cara mengajukan proposalnya.

“Mengubah cara orang melihat jumlah likes merupakan sebuah langkah besar bagi kami. Instagram dan Facebook akan terus berupaya mencari cara baru untuk memberikan lebih banyak pilihan dan kendali bagi para pengguna, sehingga mereka dapat merasa nyaman dalam mengekspresikan diri, terhubung dengan orang lain, serta menjelajahi minat mereka di layanan-layanan kami,” tutup Philip.

Must Read

Hangatkan Momen Natal 2021, MAXstream Rilis ‘Kurindu Natal Keluarga: Santa Claus dari Jakarta?’

Rilispedia.com - Telkomsel melalui marketplace konten video on demand (VoD) MAXstream secara konsisten terus menghadirkan hiburan berkualitas terbaru yang dapat dinikmati oleh...

EVOS Divine Diperkuat oleh Kehadiran Abax dan Bion

Rilispedia.com - Usai menjuarai Free Fire Indonesia Master, EVOS Esports secara resmi menyambut hangat kedatangan 2 punggawa baru di roster free fire...

Bagaimana Pandemi Mempercepat Laju Transformasi Digital untuk Dunia Industri yang Hyperconnected

Rilispedia.com - Ketika dunia mulai mengkalibrasi ulang dirinya sendiri setelah pandemi, organisasi bisnis telah mengalami perubahan radikal. Krisis telah menawarkan wawasan baru...

Bawa Sensasi Smartphone Flagship, HUAWEI Nova 9 Dibanderol 7 Jutaan

Rilispedia.com - HUAWEI CBG Indonesia resmi mengumumkan kehadiran HUAWEI nova 9, smartphone sekelas flagship bagi generasi muda, yang dibanderol dengan harga Rp.7.599.000,-....

12 Destinasi Kece Badai Buat Dikunjungi di 2022, Pesan Tiket Pesawatnya di TTS 12.12 Sale!

Rilispedia.com - Rencanakan liburan yang aman dan nyaman di tahun 2022 bersama tiket.com, OTA (Online Travel Agent) dengan fokus customer-centric di Indonesia,...