Home Tek Komitmen Instagram dalam Memastikan Pengguna Mendapat Informasi yang Akurat, Merasa Aman dan...

Komitmen Instagram dalam Memastikan Pengguna Mendapat Informasi yang Akurat, Merasa Aman dan Didukung saat Menggunakan Instagram

Rilispedia.com – Sejak Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) menetapkan virus corona sebagai darurat kesehatan global pada bulan Januari lalu, Instagram terus berupaya mengambil langkah-langkah konkret untuk membantu pengguna mengakses informasi yang akurat, serta memastikan pengguna tetap aman dan dapat saling terhubung satu sama lain. Hari ini, Instagram kembali mengumumkan beberapa pembaruan terkini di layanannya:

  • Memasukkan lebih banyak akun sumber edukasi di kolom pencarian Instagram.
  • Menambahkan rangkaian stiker untuk membagikan informasi yang akurat terkait kiat pencegahan penyebaran COVID-19.
  • Menghapus konten dan akun tidak terpercaya yang memposting konten terkait COVID-19 dari laman rekomendasi, kecuali konten COVID-19 tersebut diposting oleh organisasi kesehatan yang terpercaya.
  • Meluncurkan stiker “Di Rumah Aja” guna membantu pengguna untuk saling terhubung dan berbagi inspirasi kegiatan #dirumahaja selama melakukan praktik jaga jarak fisik  saat ini. 
  • Meluncurkan sebuah cara baru untuk menjelajahi Instagram bersama teman melalui video chat.

Mengakses Informasi yang Akurat

Para pengguna yang mencari informasi terkait COVID-19 di Instagram akan mulai melihat sebuah pesan edukasi yang akan mengarahkan mereka untuk mengakses akun Organisasi Kesehatan Dunia dan otoritas kesehatan setempat. Instagram tengah berupaya secepat mungkin untuk menyediakan layanan ini bagi para pengguna di seluruh dunia dalam beberapa minggu ke depan.

Notifikasi Hashtag
Notifikasi Hashtag

Instagram juga meluncurkan rangkaian stiker terbaru untuk membantu pengguna membagikan informasi akurat seputar COVID-19 di Stories mereka. Stiker-stiker ini berisi himbauan bagi pengguna untuk mencuci tangan, menjaga jarak fisik dengan orang lain, serta beberapa tips lainnya untuk mencegah penyebaran COVID-19. Rangkaian stiker ini akan tersedia di galeri stiker Stories pengguna dalam beberapa hari ke depan.

Selama beberapa minggu terakhir, Instagram secara bertahap mulai meluncurkan fitur notifikasi di bagian atas Feed Instagram pengguna yang berdomisili di negara-negara yang terdampak COVID-19. Notifikasi tersebut berisi arahan bagi pengguna untuk mencari informasi  terkini yang akurat dari organisasi kesehatan yang terpercaya. Sebelumnya, Instagram juga telah mengarahkan pengguna ke akun organisasi tersebut saat mereka melakukan pencarian informasi seputar COVID-19 di Instagram melalui tagar.

Tampilan Preview Berita Terkini Seputar COVID-19
Tampilan Preview Berita Terkini Seputar COVID-19

Menjaga Komunitas Instagram Agar Tetap Aman

Selain menampilkan informasi yang akurat, Instagram juga melakukan beberapa pembaruan untuk mengurangi penyebaran misinformasi.

Instagram akan menghapus akun-akun COVID-19 yang tidak terpercaya dari daftar akun yang disarankan, dan konten terkait COVID-19 yang diposting oleh akun tidak terpercaya dari Explore. Instagram hanya akan menampilkan konten COVID-19 dari akun organisasi kesehatan yang terpercaya. Instagram juga akan mulai menyembunyikan (downrank) konten yang ditandai sebagai misinformasi oleh mitra pengecek fakta pihak ketiga Instagram dari Feed dan Stories.

Kebijakan ini merupakan kebijakan tambahan yang akan melengkapi kebijakan Instagram terkait misinformasi yang sudah ada sebelumnya. Jika postingan dinyatakan sebagai misinformasi oleh mitra pengecek fakta pihak ketiga, Instagram akan menghapus postingan tersebut dari laman Explore dan hashtag. Instagram juga akan menghapus berbagai klaim palsu maupun teori konspirasi yang telah ditandai oleh organisasi-organisasi kesehatan dunia dan otoritas kesehatan setempat sebagai teori yang memiliki potensi membahayakan para pengguna yang mempercayainya.

Guna mencegah orang yang ingin mengeksploitasi situasi darurat kesehatan global ini, Instagram juga telah memberlakukan beberapa kebijakan lainnya. Instagram melarang iklan-iklan menyesatkan terkait COVID-19 yang dibuat secara sengaja untuk menciptakan urgensi, serta mengklaim kesembuhan atau menjamin pengguna terhindar dari COVID-19. Untuk sementara waktu, Instagram juga melarang iklan dan konten sponsor yang mempromosikan perlengkapan medis tertentu, termasuk masker kesehatan. Sebagai tambahan, Instagram telah menghapus filter-filter AR yang berhubungan dengan COVID-19, kecuali filter AR tersebut dikembangkan atas kolaborasi dengan sebuah organisasi kesehatan terpercaya.

Menjaga dan Mendukung Komunitas Agar Tetap Saling Terhubung

Untuk membantu pengguna agar dapat tetap saling terhubung, Instagram telah meluncurkan Co-watching, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna melihat postingan-postingan Instagram secara bersama-sama dengan teman-teman mereka melalui obrolan video (video chat). Pengguna dapat memulai obrolan video dengan mengetuk ikon recorder pada bagian kotak masuk di Direct atau pada utas percakapan Direct mereka. Setelah itu, pengguna dapat bersama-sama melihat postingan yang disimpan, disukai, dan disarankan dengan mengetuk ikon foto yang terletak di bagian kiri bawah layar pada obrolan video yang tengah berlangsung. Fitur ini akan tersedia secara global dalam beberapa hari ke depan.

Co-Watching Instagram
Co-Watching Instagram

Terakhir, Instagram meluncurkan stiker “Di Rumah Aja” bagi para pengguna Indonesia untuk membantu pengguna saling berbagi inspirasi kegiatan #dirumahaja serta memungkinkan mereka untuk tetap terhubung dan melihat bagaimana teman-teman mereka mengisi waktu luang di tengah praktik menjaga jarak fisik (physical distancing) saat ini.

Stiker Di Rumah Aja
Stiker Di Rumah Aja

Instagram akan senantiasa memprioritaskan keselamatan pengguna, menghubungkan mereka dengan informasi-informasi yang akurat, dan memberikan dukungan di tengah perkembangan epidemi COVID-19. Instagram akan terus memonitor situasi ini dan membagikan pembaruan-pembaruan terkini secara reguler di about.fb.com/coronavirus. Untuk informasi dan berita terkini terkait kiat membantu mencegah penyebaran COVID-19, silakan mengunjungi website resmi Organisasi Kesehatan Dunia.

Must Read

Peduli Konsumen dan Himbauan Pemerintah, OPPO Gelar Kampanye #BetterAtHome

Rilispedia.com – Ditengah situasi pandemik virus COVID-19 ini, pemerintah Indonesia mengeluarkan berbagai himbauan dan aturan untuk menekan angka penyebaran virus ini. Salah...

Tips Amankan Aplikasi Video Konferensi Zoom dari Ancaman Zoom Bombing

Rilispedia.com - Seluruh dunia mengalami peralihan metode kerja sebagai upaya untuk menghindari dan menghentikan penyebaran Covid19. Banyak instansi pemerintah, perusahaan, universitas dan...

3 Jenis Makanan Ini Dapat Tingkatkan Mood dan Imun Tubuh Selama Isolasi

Rilispedia.com - Dengan jumlah kasus COVID-19 yang semakin meningkat, pemerintah semakin gencar untuk menerapkan jaga jarak dengan orang lain atau yang dikenal...

Kisah 3 Pahlawan Pengantaran Makanan: Tanpa Kontak, Supaya Sama-sama Sehat

Penuhi Kebutuhan Pangan Masyarakat, Jutaan Mitra Pengantaran GrabFood Terus Melaju di Tengah Pandemi COVID-19 Rilispedia.com – Ditengah kebijakan yang...

Pemerintah Indonesia Apresiasi Inisiatif OVO Dalam Perangi COVID-19 di Indonesia

Dalam Town Hall yang dilakukan secara virtual, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia sampaikan apresiasi terhadap...