Home Tek LINE Luncurkan Kampanye Stop 'Fake News' dengan Dukungan dari AP

LINE Luncurkan Kampanye Stop ‘Fake News’ dengan Dukungan dari AP

  • ​Kolaborasi untuk membantu meningkatkan literasi media para pengguna di tengah maraknya berita palsu
  • ​Terdiri dari edukasi melalui video animasi dan seminar yang akan diadakan di beberapa wilayah

Rilispedia.com – LINE Plus Corporation, anak perusahaan dari LINE Corporation yang berbasis di Korea, hari ini mengumumkan akan menghadirkan kampanye yang didukung oleh The Associated Press (“AP”), jaringan media global, untuk mengidentifikasi dan menjawab permasalahan mengenai berita palsu dan misinformasi di media daring. Mengusung tema Stop “Fake News”, kampanye ini bertujuan untuk membantu meningkatkan literasi media pengguna dan mengupayakan ruang lingkup digital yang lebih aman.

LINE telah lama menyadari isu sosial yang berkembang dan diakibatkan oleh “fake news”, sebuah istilah untuk “kebohongan atau fiksi yang dibungkus menjadi berita yang beredar di internet” menurut 2019 AP Stylebook. Dengan demikian LINE memutuskan untuk berkolaborasi dengan AP untuk membuat kampanye CSR global untuk mengedukasi masyarakat mengenai karakteristik dari fake news, bagaimana untuk mengidentifikasinya, dan bagaimana untuk membagi informasi dengan tanggung jawab.

Kampanye Stop “Fake News” ini akan merilis video edukasi berbentuk animasi yang berisi proses bagaimana cara mengecek kredibilitas dari berita sebelum membagikannya kepada orang lain. Video edukasi ini akan tersedia dalam 5 bahasa: Bahasa Inggris, Thailand, Indonesia, Mandarin, dan Jepang.

Senada dengan isi video edukasi, seminar edukasi untuk belajar bagaimana mengidentifikasi “fake news” akan diadakan oleh LINE dan AP pada bulan September di wilayah tertentu seperti Thailand, Taiwan, dan Indonesia. Seminar tersebut akan berisi mengenai cara untuk mengetahui sebuah “fake news“, dengan penjelasan dan konsekuensi dari penyebaran “fake news” dan timbulnya misinformasi pada jejaring daring. Di Indonesia sendiri, acara seminar ini juga akan didukung oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO).

Sebelum kampanye Stop ‘Fake News’ ini diluncurkan, LINE Indonesia sebelumnya telah beberapa kali mengadakan program yang bertujuan sama yakni untuk meningkatkan literasi media dan digital kepada para penggunanya. Salah satunya adalah dengan mengadakan talkshow Pemuda Peduli Pemilu yang diadakan dalam rangka meningkatkan minat para pemuda akan pemilu dan bagaimana mengidentifikasi berita palsu selama pemilu berlangsung. Selain itu, LINE TODAY juga memiliki rubrik mingguan setiap hari Sabtu yang bertajuk ‘Awas Hoaks’ yang merangkum beberapa Hoaks yang tersebar di minggu itu.

Untuk melihat video edukasi Stop ‘Fake News’, mohon kunjungi akun media sosial LINE:

Must Read

Telkomsel Gandeng Lookout Hadirkan Solusi Keamanan Siber

Rilispedia.com - Telkomsel merilis kemitraan dengan Lookout, Inc., perusahaan keamanan siber terkemuka, untuk memberikan proteksi dan mendukung transformasi digital perusahaan di Indonesia.

GoPay Kenalkan Fitur Baru di GoInvestasi

Rilispedia.com - GoPay memperkenalkan fitur auto invest di GoInvestasi, platform investasi emas di aplikasi Gojek bekerja sama dengan Pluang. Melalui fitur ini,...

Untuk Pertama Kalinya, vivo Pimpin Penjualan Smartphone di Tiongkok

Rilispedia.com - vivo, perusahaan teknologi global terkemuka, untuk pertama kalinya memimpin pasar ponsel pintar dengan penjualan nomor 1 di Tiongkok. Dilansir dari...

OVO Buka Ruang Luas Bagi Perempuan Hebat untuk Berkiprah di Industri Teknologi

Rilispedia.com - Perempuan merupakan aktor sentral dan penting dalam berbagai lini kehidupan. Tanpa kehadiran perempuan, akan banyak hal dan urusan yang tidak...

Dukung Pelaku Bisnis Semarakkan Ramadan, ShopeePay Talk Ungkap Tiga Strategi Tangkap Peluang Ramadan

Rilispedia.com - ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, di bulan...