Home Tek Mengenal Teknologi Keamanan Kudo Sebagai Industry Leader

Mengenal Teknologi Keamanan Kudo Sebagai Industry Leader

Rilispedia.com – Penerapan teknologi terkini menjadi salah satu unsur penting dalam pengembangan aplikasi. Hal ini tidak terlepas dari berbagai faktor terkait keamanan dan perlindungan data konsumen yang menjadi perhatian utama pelaku bisnis saat ini.

Kudo yang menjadi pemimpin industri (industry leader) dalam jaringan agen dengan fokus utama pada pemberdayaan warung di Indonesia juga terus berinovasi dalam pengembangan aplikasi dengan penerapan teknologi terkini untuk tetap menjadikan aplikasi Kudo sebagai aplikasi yang seamless dan user friendly. Kualitas aplikasi Kudo sanggup menghadirkan kemudahan dalam penggunaan serta rasa aman dan nyaman bagi para agen. Hal ini terlihat dari ulasan positif dan rating tertinggi pada Google Play Store pada Agustus 2019, melebihi pencapaian aplikasi lain dengan layanan sejenis.

“Selain aplikasi yang sangat user friendly, Kudo juga dibekali dukungan Security Engineer yang andal, proses audit secara berkala, world-class cyber-security tools, serta Secure Software Development Life Cycle (SSDLC) yang menjamin keamanan bagi para agen Kudo dan pelanggan saat bertransaksi di aplikasi Kudo,” ujar Panji Gautama, CTO Kudo.

Sejak awal Kudo didirikan, Kudo terus berinovasi untuk membangun teknologi dan sistem keamanannya bagi penggunanya. Untuk mengetahui bagaimana Kudo menjamin keamanan penggunanya, berikut adalah beberapa teknologi yang dimiliki serta upaya yang telah dilakukan Kudo:

  • Internal & External Security Audit

Security audit dilakukan melalui penetration testing (pentest) dengan proses uji coba keandalan sistem, sistem komputer atau jaringan, serta tingkat keamanan aplikasi. Dengan metode ini, Kudo melakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan apakah ada celah sistem yang bisa dimasuki. Kudo dan Grab memiliki Tim Security Engineer yang secara berkala melakukan pengujian keamanan sistem penetration testing. Untuk lebih memastikan keamanan, penetration testing juga dilakukan oleh penetration tester independen yang terpercaya. Apabila ditemukan celah keamanan, dengan segera Security Engineer dari tim terkait  akan memperbaiki serta memperkuat sistem di dalam aplikasi Kudo.

  • Machine Learning

Kudo menggunakan teknologi machine learning dalam proses pendaftaran dan verifikasi agen. Machine learning model ini ditujukan untuk mendeteksi validitas KTP yang diunggah ke aplikasi Kudo. Selain itu, Kudo juga memanfaatkan fitur pemindai wajah/face recognition untuk melakukan deteksi awal guna memastikan validitas calon agen Kudo. Data yang didapatkan dari teknologi ini kemudian akan diverifikasi secara langsung oleh tim Kudo. Teknologi ini dapat digunakan untuk mencegah terjadinya fraud dari agen Kudo.

  • Automated Monitoring System

Kudo memonitor semua transaksi selama 24 jam, untuk memastikan setiap transaksi berjalan lancar (real-time). Sistem monitoring ini juga didukung oleh Tim Customer Service yang siap sedia untuk menjawab pertanyaan atau keluhan dari agen.

  • Engineer yang Andal

Sebagai bagian dari ekosistem Grab, perusahaan everyday super-app terkemuka di Asia Tenggara, pengembangan teknologi dalam aplikasi Kudo tidak terlepas dari dukungan tim ahli dari Grab. Dengan pengalaman dan pengetahuan global dari tim engineer Grab yang telah dipercaya untuk mengelola keamanan aplikasi Grab yang telah beroperasi di 339 kota dan 8 negara di Asia Tenggara, mereka membantu Kudo mengembangkan aplikasi yang memiliki tingkat keamanan terbaik.

Panji menambahkan, “Selain dukungan tim ahli dari Grab, kita juga memastikan mendapatkan para engineer terbaik dalam proses perekrutan. Mereka kita rekrut dan terus kita kembangkan. Kudo melakukan proses penyaringan yang ketat untuk mendapatkan engineer terbaik. Engineer yang tidak hanya mempunyai kemampuan yang mumpuni, tetapi juga semangat yang besar untuk memajukan bangsa dengan memberdayakan warung tradisional.”

“Posisi Kudo sebagai leader di industri ini adalah salah satu bukti nyata keberhasilan kami untuk terus menjaga kepercayaan dari agen di seluruh Indonesia. Tugas kami tidak hanya untuk terus menambah jaringan kami yang sudah mencapai 2,6 juta agen di lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia, kami juga akan terus memastikan bahwa Kudo tetap menjadi aplikasi terbaik dan terpercaya bagi para pemilik warung yang ingin terus memajukan usahanya,” ujar Agung Nugroho, CEO & Co-Founder Kudo.

Must Read

Telkom Jadi Satu-Satunya Perusahaan Indonesia di Jajaran Forbes 2021 World’s Best Employer

Rilispedia.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali meraih pengakuan yang bergengsi dari institusi internasional. Kali ini, Telkom menjadi satu-satunya perusahaan...

Rata-rata Penghasilan Bulanan Mitra UMKM di Masa Pandemi Meningkat 7 Kali Lipat, GoFood Fokus Kembangkan Wadah Edukasi

Rilispedia.com - UMKM kuliner menjadi salah satu bidang usaha yang terdampak di masa pandemi. Untuk dapat terus bertahan, sebanyak 42% UMKM menggunakan...

Seperti Paralel, 2019 Adalah Fenomena Awal Dimulainya Wabah Trojan Perbankan Di Asia Pasifik

Rilispedia.com - Sudah menjadi fakta bahwa krisis kesehatan saat ini, yang pertama kali terdeteksi pada Desember 2019, telah mengubah secara drastis berbagai...

Samsung Umumkan Tiga Pemenang dari Kampanye #TeamUnstoppable Indonesia

Rilispedia.com - Samsung Electronics Co., Ltd baru saja menyelesaikan #TeamUnstoppable, sebuah kampanye regional yang mengajak para Gen Z dan milenial Asia Tenggara...

Ajak Perempuan untuk Ekspresikan Cantiknya, Blibli Gelar Festival Belanja Cantik

Rilispedia.com - Blibli sebagai e-commerce lokal terdepan yang mengutamakan kepuasan pelanggan memiliki mayoritas pengguna aktif perempuan. Blibli berkomitmen untuk memberikan pengalaman berbelanja...