Home Gov Pemerintah Indonesia Terbitkan SUN Sebesar 1 Miliar US Dollar dan 1 Miliar...

Pemerintah Indonesia Terbitkan SUN Sebesar 1 Miliar US Dollar dan 1 Miliar Euro dengan Format SEC-Registered Shelf

Rilispedia.com – Pemerintah Republik Indonesia berhasil melakukan transaksi penjualan Surat Utang Negara (SUN) dalam dua valuta asing (dual-currency) berdenominasi US Dollar dan Euro, masing-masing sebesar USD1 miliar untuk tenor 30 tahun dan EUR1 miliar untuk tenor 12 tahun. Penerbitan SUN ini memperoleh peringkat Baa2 dari Moody’s, BBB dari Standard & Poor’s, dan BBB dari Fitch. Transaksi kali ini merupakan penerbitan SUN dengan format SEC-Registered Shelf yang keempat kalinya untuk seri SUN valuta asing berdenominasi US Dollar (USD Bonds) dan yang ketiga kalinya untuk SUN valuta asing dengan mata uang Euro (Euro Bonds).

Sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh Undang-Undang (UU) nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara, Menteri Keuangan menetapkan hasil transaksi penjualan SUN dalam valuta asing sebagai berikut:

Seri:RIEUR1031RI1049
Tenor:12 tahun30 tahun
Tanggal jatuh tempo:30 Oktober 203130 Oktober 2049
Pricing Date:24 Oktober 2019
Tanggal setelmen/penerbitan:30 Oktober 2019
Nominal yang diterbitkan:EUR1 miliarUSD1 miliar
Tingkat Kupon:1,400%3,700%
Yield:1,412%3,750%
Price:99,868%99,104%
Reoffer Spread vs. Mid-Swaps (MS):+130bps
Data alokasi distribusi berdasarkan wilayah dan tipe investor akan disampaikan pada tanggal setelmen

Penerbitan SUN dual-currency ini dilaksanakan pada momentum yang tepat dengan memanfaatkan kondisi pasar keuangan yang relatif stabil, menjaga kecukupan likuiditas dalam negeri, serta respon positif atas pelaksanaan pelantikan Presiden dan pembentukan Kabinet Indonesia Maju periode 2019 – 2024. Selain itu, penerbitan ini ditujukan untuk mengantisipasi adanya potensi pelebaran defisit APBN Tahun Anggaran 2019 yang diperkirakan dalam kisaran 2,0%-2,2%, sebagai implementasi kebijakan counter-cyclical untuk merespon kondisi ekonomi domestik dan global, namun dengan tetap menjaga kinerja penerimaan dan kualitas belanja.

Transaksi SUN dalam mata uang US Dollar bertenor 30 tahun kali ini menjadi penerbitan dengan yield dan spread terendah sepanjang sejarah penerbitan SUN dalam mata uang US Dollar untuk tenor 30 tahun. Yield terendah pada penerbitan sebelumnya terjadi pada bulan Desember 2017 dengan yield obligasi US Dollar 30 tahun sebesar 4,4% (UST+163,3bps). Sementara itu, pada penerbitan kali ini, yield-nya turun menjadi sebesar 3,75%. Spread over US Treasury terendah untuk tenor 30 tahun sebesar 150,7 bps.

Transaksi SUN dalam denominasi Euro bertenor 12 tahun kali ini juga menjadi penerbitan dengan yield dan spread over Euro mid-swap terendah. Yield dan spread over mid-swap ini bahkan lebih rendah dibandingkan yield dan spread over mid-swap untuk tenor 7 tahun yang diterbitkan pada Juni 2019 yang berada pada level 1,487% dan 145bps. Sedangkan pada penerbitan kali ini, yield dan spread over mid-swap bonds tenor 12 tahun berada pada level 1,412% dan 130 bps.

Untuk penerbitan USD Bonds, final price guidance mengetat hingga 35bps dari initial price guidance. Sementara untuk Euro terjadi pengetatan hingga 30bps dari initial price guidance. Atas pengetatan ini maka level yield penerbitan USD Bonds maupun Euro Bonds lebih rendah dari fair value yield penerbitan bonds tersebut (inside the curve) sebesar masing-masing 6bps.

Penerbitan kedua seri SUN ini akan dicatatkan pada Singapore Stock Exchange dan Frankfurt Stock Exchange. Joint Bookrunners dalam transaksi ini adalah BNP Paribas, Citigroup, Goldman Sachs, Mandiri Securities, dan Standard Chartered Bank. Sementara itu, yang bertindak sebagai co-Managers adalah PT Danareksa Sekuritas dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Direktorat Surat Utang Negara, Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko melalui Email: surat.utang.negara@kemenkeu.go.id, atau Telp. (021) 3810175, Fax. (021) 3846516.

Siaran pers ini bukan merupakan suatu penawaran surat utang untuk dijual di Amerika Serikat, dan setiap surat utang yang ditawarkan di Amerika Serikat tidak dapat ditawarkan atau dijual di Amerika Serikat tanpa adanya pendaftaran atau pengecualian dari pendaftaran tersebut. Setiap penawaran surat utang oleh Pemerintah RI di Amerika Serikat akan dilakukan dengan cara penerbitan suatu prospektus, yang dapat diperoleh dari Pemerintah RI atau Joint Bookrunners dan akan memuat informasi secara rinci tentang Pemerintah RI, termasuk informasi statistik tertentu.

Tidak untuk diterbitkan, dipublikasikan, atau didistribusikan, baik secara langsung ataupun tidak langsung, di dalam atau ke dalam wilayah Amerika Serikat.

Must Read

Operasikan BTS USO di Kawasan Timur Indonesia, Jaringan 4G XL Axiata Membentang Hingga Maluku dan Papua

Rilispedia.com - PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun infrastruktur jaringan 4G ke berbagai wilayah terpencil di Kawasan Timur Indonesia, termasuk...

OPPO Secara Resmi Perkenalkan ColorOS 12 di Tiongkok

Rilispedia.com - OPPO mengumumkan sistem operasi ColorOS 12 di Tiongkok. ColorOS 12 ditargetkan untuk memberikan pengalaman seamless operating system dan pengalaman pengguna...

Nokia dan Indosat Ooredoo luncurkan jaringan 5G di Indonesia

Rilispedia.com - Nokia dan Indosat Ooredoo hari ini mengumumkan peluncuran layanan komersial 5G di Kota Surabaya, Jawa Timur. Dengan adanya kerja sama...

KT Corp. Akuisisi Epsilon Telecommunications, Perkuat Bisnis Global dan Upaya Transformasi Digital

Rilispedia.com - KT Corp. (KRX: 030200; NYSE: KT), perusahaan telekomunikasi terbesar di Korea Selatan, telah mengakuisisi Epsilon Telecommunications dari Singapura, sebuah perusahaan...

43% Pemimpin UMKM Memilih Untuk Mempertahankan Pekerjaan Karyawan Demi Keberlangsungan Bisnis

Rilispedia.com - Survei Kaspersky baru-baru ini membahas mengenai tantangan yang dihadapi oleh usaha kecil dan menengah (UMKM) di awal pandemi dan mengungkapkan...