Home Biz Pemprov DKI Jakarta Berkolaborasi dengan JXB dan Shopee Indonesia Segera Gelar Malam...

Pemprov DKI Jakarta Berkolaborasi dengan JXB dan Shopee Indonesia Segera Gelar Malam Apresiasi Jakpreneur Fest 2021

Rilispedia.com – Malam Apresiasi Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee akan segera digelar pada (24/10) mendatang, bertempat di Museum Mandiri, Jakarta Barat. Malam Apresiasi merupakan salah satu mata acara dari serangkaian acara Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee yang telah diselenggarakan sejak Mei lalu. Malam Apresiasi rencananya akan dihadiri oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Direktur Shopee Indonesia Handika Jahja, yang akan bergabung dalam sebuah talkshow untuk mendiskusikan peran UMKM sebagai pilar pemulihan ekonomi Jakarta.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para UMKM yang telah memberikan ide terbaiknya pada kegiatan kompetisi bisnis Jakpreneur Fest 2021 dan pengumuman Jakpreneur of The Year, untuk mengapresiasi UMKM dengan performa yang baik selama berada dalam pendampingan Dinas Pengampu Jakpreneur. “UMKM memiliki potensi yang sangat besar untuk mendukung pemulihan sektor ekonomi Indonesia,” tambah beliau.

Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (KUKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia. Daya serap tenaga kerja UMKM adalah sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha. Sementara itu kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1%, dan sisanya yaitu 38,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01% dari jumlah pelaku usaha.

Pada 2021, perbaikan kondisi UMKM telah kembali terlihat, hal ini terlihat dari adanya peningkatan permintaan atas Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Semester-I 2021. Realisasi KUR pada periode Januari 2021 s.d. 2 Agustus 2021 mencapai Rp148,08 triliun atau sudah mencapai 51,96% dari target terbaru di 2021 yang sebesar Rp285 triliun. Perekonomian Jakarta secara keseluruhan juga terus menunjukkan perbaikan dimana pertumbuhan ekonomi Jakarta pada triwulan II – 2021 tercatat tumbuh positif sebesar 10,91 % (year on year) berbanding terbalik dengan triwulan I.

Direktur Utama JXB Novita Dewi menjelaskan pihaknya terus mendukung upaya pemulihan perekonomian dengan berbagai cara, salah satunya dengan mendorong produktivitas UMKM. “Semoga Malam Apresiasi nanti dapat menjadi motivasi bagi para UMKM untuk terus meningkatkan kapabilitasnya sehingga produk UMKM DKI Jakarta siap bersaing di tingkat nasional maupun kancah internasional.”

Malam apresiasi juga akan mengukuhkan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas PPKUKM dan Shopee Indonesia melalui penandatanganan MoU. Malam Apresiasi akan digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Para undangan yang hadir dibatasi dan difasilitasi tes swab Covid-19 untuk memastikan kesehatan semua pihak yang hadir. Masyarakat dapat mengakses tayangan malam apresiasi secara live melalui channel Youtube Pemprov DKI Jakarta dan Youtube Jakarta Experience Board. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi instagram @jakpreneurfest.

Sebelumnya, rangkaian acara Jakpreneur Fest Bangkit Bersama Shopee telah dilaksanakan selama kurang lebih lima bulan dan diisi dengan ragam kegiatan, diantaranya Pameran Insidental, Kompetisi Bisnis, Kelas Super dan Kelas Personal dan Pasar Jakpreneur Online. Antusiasme masyarakat terhadap rangkaian kegiatan juga terlihat tinggi dengan jumlah viewers pada Kelas Personal dan Super sebesar 218.393 serta kompetisi bisnis yang diikuti lebih dari 300 peserta.

Rangkaian acara Jakpreneur Fest 2021 Bangkit Bersama Shopee ini dapat terselenggara dengan baik dengan adanya kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas PPKUKM, Jakarta Experience Board dan Shopee Indonesia.

Must Read

danabijak Bantu Percepat Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Pembiayaan Digital UMKM

Rilispedia.com - Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor terdampak pandemi COVID-19. Selain melihat penurunan permintaan untuk produk dan...

Kembangkan Fitur Topics, Komunitas Menjadi Lebih Mudah untuk Mengikuti Passion Mereka di Clubhouse

Rilispedia.com - Halo! Setelah beberapa minggu lalu Clubhouse memanjakan Clubhousers di Indonesia dengan meluncurkan pilihan Bahasa Indonesia, kali ini Clubhouse memberikan kejutan...

Tunjuk AVOW sebagai Certified Partner, HUAWEI Ads Jangkau 1,5 Miliar Pengguna Aktif

Rilispedia.com - AVOW, perusahaan spesialisasi OEM untuk akuisisi pengguna on-device mengumumkan bahwa perusahaan ini telah dinobatkan sebagai Certified Partner oleh HUAWEI, penyedia...

Sambut Tahun 2022, Saatnya Wujudkan 5 Ide Smart Home di Rumahmu

Rilispedia.com - Masa pandemi mendorong kehidupan setiap orang lekat dengan teknologi, dan merasakan kemudahan gaya hidup digital. Kini, memiliki hunian pintar atau...

ABDI Nobatkan Blibli Sebagai E-commerce dengan Data Governance dan Data Security Terbaik

Rilispedia.com - Asosiasi Big Data Indonesia (ABDI) dalam rangkaian acara WebSummit DataGovAI 2021 memberikan penghargaan kepada Blibli atas kemampuan perusahaan dalam mengimplementasi...