Home Gov Pengamat Sebut Ma'ruf Amin Tidak Dilibatkan Untuk Susun Kabinet

Pengamat Sebut Ma’ruf Amin Tidak Dilibatkan Untuk Susun Kabinet

Rilispedia.com – Jokowi dan Ma’ruf Amin resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia (RI) setelah dilantik pada Senin (21/10) kemarin. Sejumlah nama yang akan mengisi kursi menteri kabinet Jokowi jilid II pun telah dipanggil ke Istana Negara. 

Nama dan tokoh yang dipanggil Presiden antara lain, Mahfud MD, Erick Thohir, Arilangga Hartanto, Wishnuutama, Nadiem Makarim hingga Prabowo Subianto.

Meski demikian, nama-nama tersebut diketahui hanya akan bertemu Presiden Joko Widodo sementera Wakil Presiden Ma’ruf Amin dikabarkan berangkat ke Jepang Senin (21/10) pagi kemarin menghadiri penobatan Kaisar Naruhito. Rencananya pelantikan menteri akan dilaksanakan pada Rabu (23/10) pekan ini sehari setelah Ma’ruf Amin tiba di Jakarta.

Pengamat politik dari Indonesia Political Network (IPN) Ahmed Rumalutur mengatakan absennya Maruf Amin dalam susunan kabinet menunjukan lemahnya kans politik Ma’ruf Amin dalam peta politik di level elit.

“Tolak ukurnya bisa kita bandingkan dengan Jusuf Kalla (JK) pada 2014, ketika itu JK punya pengaruh dalam penentuaan menterinya, sangat menonjol siapa orang-orang JK waktu itu. JK juga punya peran kuat dalam diplomasi ekonomi dan politik luar negeri,” tegasnya. 

Menurut Ahmed, meskipun terlihat adem ayem dan tak memiliki pengaruh kuat di level elit namun dalam politik hal itu tak bisa dijustifikasi sebagai sebuah kelemahan politik. 

“Saya tidak bisa menjustifikasi ini sebagai kelemahan politik Ma’ruf Amin, sebab politik adalah “the art of the possible” mungkin saja ke depan ada manuver tak terduga dari Ma’ruf Amin,” tambahnya.

Ia menambahkan yang menarik dalam pembentukan kabinet kali ini adalah adanya pertimbangan atau tekanan situasi politik ekonomi internasional yang mendesak Presiden untuk membentuk formasi kabinet yang aman.

“Jokowi ingin menstabilkan situasi politik di dalam negeri, agar nantinya dapat menghalau guncangan ekonomi global, sebab kita tahu, kondisi ekonomi global saat ini sedang tidak baik, ada ketakukan munculnya efek domino, sehingga perlu penguataan sendi-sendi ekonomi domestik,” tutupnya.

Must Read

Hangatkan Momen Natal 2021, MAXstream Rilis ‘Kurindu Natal Keluarga: Santa Claus dari Jakarta?’

Rilispedia.com - Telkomsel melalui marketplace konten video on demand (VoD) MAXstream secara konsisten terus menghadirkan hiburan berkualitas terbaru yang dapat dinikmati oleh...

EVOS Divine Diperkuat oleh Kehadiran Abax dan Bion

Rilispedia.com - Usai menjuarai Free Fire Indonesia Master, EVOS Esports secara resmi menyambut hangat kedatangan 2 punggawa baru di roster free fire...

Bagaimana Pandemi Mempercepat Laju Transformasi Digital untuk Dunia Industri yang Hyperconnected

Rilispedia.com - Ketika dunia mulai mengkalibrasi ulang dirinya sendiri setelah pandemi, organisasi bisnis telah mengalami perubahan radikal. Krisis telah menawarkan wawasan baru...

Bawa Sensasi Smartphone Flagship, HUAWEI Nova 9 Dibanderol 7 Jutaan

Rilispedia.com - HUAWEI CBG Indonesia resmi mengumumkan kehadiran HUAWEI nova 9, smartphone sekelas flagship bagi generasi muda, yang dibanderol dengan harga Rp.7.599.000,-....

12 Destinasi Kece Badai Buat Dikunjungi di 2022, Pesan Tiket Pesawatnya di TTS 12.12 Sale!

Rilispedia.com - Rencanakan liburan yang aman dan nyaman di tahun 2022 bersama tiket.com, OTA (Online Travel Agent) dengan fokus customer-centric di Indonesia,...