Home Gov Percepat Penerbitan Izin, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Luncurkan Layanan e-KRK

Percepat Penerbitan Izin, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Luncurkan Layanan e-KRK

Rilispedia.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) berkomitmen untuk mewujudkan penyelenggaraan penataan ruang yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan. Hal ini dapat terwujud bila terdapat keharmonisan penggunaan antara lingkungan alam dan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga perlindungan fungsi ruang dan pencegahan dampak negatif terhadap lingkungan dapat dilakukan.

Hal tersebut telah mendorong DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta untuk menciptakan inovasi layanan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan zaman melalui proyek- proyek perubahan yang dilakukan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, salah satunya adalah permohonan perizinan Ketetapan Rencana Kota (KRK) versi digital yang diberi nama e-KRK.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra (kiri) bersama pemohon E-KRK (kanan) dalam acara Launching Inovasi Layanan E-KRK di Mal Pelayanan Publik Kamis, (24/10/2019).
Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Benni Aguscandra (kiri) bersama pemohon E-KRK (kanan) dalam acara Launching Inovasi Layanan E-KRK di Mal Pelayanan Publik Kamis, (24/10/2019).

“Sebagai ASN kita dituntut untuk terus melakukan proyek perubahan atau inovasi layanan dalam kerangka menghadirkan negara di tengah-tengah masyarakat. Proyek perubahan tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan tanggung jawab negara dalam penyelenggaraan pelayanan publik,” tutur Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra dalam sambutannya saat peluncuran inovasi layanan e-KRK di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis, (24/10/2019).

Benni menilai sistem perizinan KRK secara manual yang selama ini dijalankan masih memiliki beberapa kelemahan dari segi waktu dan sistem pengerjaan. Dengan adanya terobosan baru ini, dirinya berharap kendala yang selama ini dihadapi dalam pemrosesan KRK dapat diminimalisir.

“Pada tingkat Kecamatan dan Kota pelayanan perizinan KRK sebagai salah satu syarat dalam pengajuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sudah cukup baik. Hanya saja kita masih dihadapkan dengan beberapa kendala seperti sulitnya melihat history pemohon atau saat kita ingin konsolidasi data dan lain sebagainya masih agak rumit karena datanya terpisah-pisah berada di masing- masing komputer petugas di kecamatan. Dengan adanya sistem ini selain memudahkan pemohon juga memudahkan petugas untuk memonitoring data pemohon dan berkoordinasi dengan SKPD teknis,” jelas Benni.

Inovasi Layanan Tingkatkan Investasi

inovasi layanan e-KRK diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelayanan perizinan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis serta investasi di wilayah DKI Jakarta.

“Inovasi e-KRK hadir untuk dapat mengurangi waktu pemrosesan sampai penerbitan KRK. Pemohon KRK dapat menginput data secara online sekaligus memilih jadwal pengukuran lahan, kemudian petugas Kami akan melakukan proses verifikasi dan kurang dari satu minggu. Bahkan terbukti dalam satu hari kerja Ketetapan Rencana Kota sudah dapat diterbitkan dan diberikan secara langsung ke pemohon.” ujar Benni

Benni menambahkan dengan adanya inovasi layanan e-KRK, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat memiliki peta digital yang lebih akurat sehingga permasalahan perizinan penataan ruang kedepannya dapat diminimalisir melalui penyederhanaan dan percepatan proses perizinan dan non perizinan, diharapkan inovasi layanan ini dapat berkontribusi terhadap perbaikan iklim investasi di Jakarta.

“KRK merupakan awal dari rangkaian perizinan pembangunan, sehingga percepatan pemrosesan KRK adalah hal yang terus dilakukan untuk meningkatkan investasi di Jakarta” ujar Benni.

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Inovator Layanan e-KRK, Kasubag Tata Usaha Pusat Sistem Teknologi Informasi dan Kearsipan (PSTIK) DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Darmawan Apriyadi mengatakan gagasan untuk membuat inovasi layanan e-KRK berangkat dari tantangan dan kebutuhan warga dalam penerbitan KRK.

“selama ini kami membutuhkan waktu 14 sampai 21 hari kerja, selain itu pemohon juga harus datang ke service point atau Unit Pelaksana PTSP, penggunaan koordinat lokal dan penjadwalan secara manual serta dokumen KRK masih menggunakan tanda tangan dan stempel basah. Sementara itu kini melalui e-KRK pemohon dapat mengajukan permohonan KRK cukup dengan tiga langkah mudah.

Pertama, pemohon melakukan login ke website https://jakevo.jakarta.go.id/ atau melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah berhasil mendaftarkan akun, pemohon dapat memilih menu KRK. Kemudian, pemohon diminta untuk mengisi formulir sesuai ketentuan. Langkah Kedua, pemohon melakukan upload berkas dan menentukan jadwal pengukuran lahan. Surveyor kami akan melakukan pengukuran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pemohon. Selanjutnya, setelah dilakukan pengukuran selama 2 hingga 3 jam, surveyor kami akan mengirim hasil ukur ke petugas penilai teknis perizinan dan non perizinan melalui aplikasi jakevo. Setelah output disetujui, Pemohon melakukan langkah Ketiga, yaitu mengunduh dokumen KRK yang telah diterbitkan secara digital dan Keabsahannya pun tidak perlu diragukan karena kami menggunakan digital signature dan QR code bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) ,” jelas Darmawan.

Untuk saat ini, lanjut Darmawan penggunaan e-KRK baru hanya dapat dilakukan pada tingkat Kecamatan di lima UP PTSP Kecamatan, antara lain Mampang, Tanjung Priok, Cakung, Tambora dan Senen. DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan e-KRK, diharapkan inovasi layanan tersebut kedepannya juga dapat diaplikasikan pada seluruh service point UP PTSP Kecamatan dan UP PTSP Kota Administrasi di wilayah DKI Jakarta.

“kami mulai secara bertahap pada lima Kecamatan dan dalam jangka panjang kami akan mengembangkan aplikasi untuk semua perizinan dan non perizinan ketataruangan berbasis spasial atau (GIS) dan terintegrasi ke Peta Jakarta Satu,” demikian ujar Darmawan.

Hadir dalam kesempatan yang sama Kasubit Insentif Investasi Keasdepan Pengembangan Kemenko RI, Yati Rachmawati mengungkapkan e-KRK merupakan bagian dari sistem perizinan yang akan memudahkan bagi pelaku usaha dan mendorong minat investasi untuk masuk ke Jakarta.

“Menurut saya perizinan penting untuk mendorong kemajuan usaha dan menarik minat investasi. Terlebih dengan adanya simplifikasi proses perizinan seperti ini para pelaku usaha akan menjadi lebih tertib administrasi dan tidak enggan mengurus perizinan secara mandiri. Kedepannya, saya berharap DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta dapat terus berinovasi dan senantiasa menghadirkan pelayanan yang prima,” imbuh Yati.

Sementara pemohon e-KRK pada UP PTSP Kecamatan Kalideres, Hugo Agusto, mengaku terbantu dengan adanya inovasi layanan e-KRK. Sebab, jika sebelumnya ia harus menunggu 10 hari hingga KRK diterbitkan, kini menjadi hanya satu hari kerja. Untuk penggunaan aplikasi e-KRK pada website JAKEVO sendiri menurutnya sangat mudah dan ringkas.

“Saya ingin melakukan renovasi rumah tinggal di wilayah Kecamatan Kalideres. Kemudian saya bermaksud mengajukan KRK dan ternyata pengajuan KRK sudah dapat dilakukan melalui pelayanan online pada aplikasi JAKEVO, kemudian saya mengisi formulir, upload dokumen berkas persyaratan seperti KTP, sertifikat tanah, dan lain sebagainya. Agak terkejut juga karena prosesnya sebentar dan pada hari yang sama tim surveyor datang untuk mengukur luas lahan dan dalam waktu beberapa jam kemudian KRK saya sudah terbit sehingga proses renovasi juga bisa dilakukan lebih cepat. Layanan ini sangat mempersingkat waktu dan membuktikan bahwa birokrasi kita sudah semakin baik. Dari segi penggunaan aplikasi layanan menurut saya sangat mudah, ringkas, dan user friendly,” ungkapnya.

Must Read

Telkomsel Gandeng Lookout Hadirkan Solusi Keamanan Siber

Rilispedia.com - Telkomsel merilis kemitraan dengan Lookout, Inc., perusahaan keamanan siber terkemuka, untuk memberikan proteksi dan mendukung transformasi digital perusahaan di Indonesia.

GoPay Kenalkan Fitur Baru di GoInvestasi

Rilispedia.com - GoPay memperkenalkan fitur auto invest di GoInvestasi, platform investasi emas di aplikasi Gojek bekerja sama dengan Pluang. Melalui fitur ini,...

Untuk Pertama Kalinya, vivo Pimpin Penjualan Smartphone di Tiongkok

Rilispedia.com - vivo, perusahaan teknologi global terkemuka, untuk pertama kalinya memimpin pasar ponsel pintar dengan penjualan nomor 1 di Tiongkok. Dilansir dari...

OVO Buka Ruang Luas Bagi Perempuan Hebat untuk Berkiprah di Industri Teknologi

Rilispedia.com - Perempuan merupakan aktor sentral dan penting dalam berbagai lini kehidupan. Tanpa kehadiran perempuan, akan banyak hal dan urusan yang tidak...

Dukung Pelaku Bisnis Semarakkan Ramadan, ShopeePay Talk Ungkap Tiga Strategi Tangkap Peluang Ramadan

Rilispedia.com - ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, di bulan...