Home Biz Poin MAPAN, Peluang Baru Untuk Dorong Perempuan Tampil Sebagai Penggerak Ekonomi Keluarga

Poin MAPAN, Peluang Baru Untuk Dorong Perempuan Tampil Sebagai Penggerak Ekonomi Keluarga

Rilispedia.com – Perkembangan teknologi hingga kini dimana Indonesia telah memasuki era industri 4.0 tak dapat dipungkiri memberikan banyak dampak terhadap masyarakat luas. Perempuan turut mencicipi dampak positif yang ditimbulkan. Di era ini, menurut Menteri Keuangan – Sri Mulyani, perempuan telah termudahkan untuk bisa menjalankan dua hal sekaligus, yakni menjaga keluarga dan mencari uang.

Sejak berdiri pada 2009, MAPAN terus memperkuat misinya untuk meningkatkan akses, derajat dan pendapatan bagi masyarakat Indonesia melalui teknologi. Di MAPAN, perempuan adalah agen perubahan yang tidak hanya membantu orang-orang di sekitarnya berdaya melalui sistem arisan, tetapi juga tampil sebagai penggerak ekonomi keluarga.

“MAPAN terus berupaya memberikan dampak positif melalui teknologi. Dimulai dengan sistem arisan yang telah membantu mewujudkan mimpi lebih dari 3 juta orang dengan memenuhi kebutuhan durable goods, kini MAPAN semakin mantap untuk mendorong lebih dari 250.000 ribu Ketua Arisan yang sebagian besar adalah perempuan untuk semakin berdaya secara ekonomi melalui beragam produk unggulan lainnya seperti penjualan pulsa, voucher, dan program-program lainnya,” ujar Chief of Marketing MAPAN – Mahpudz Effendi.

Salah satu program unggulan yang kini tengah berjalan adalah Poin MAPAN. Berjalan dari Maret hingga akhir Desember 2019, program ini memberikan peluang bagi para Ketua Arisan untuk memiliki penghasilan tambahan melalui beragam fitur dan transaksi yang terdapat di aplikasi MAPAN, mulai dari transaksi arisan hingga penjualan pulsa dan penjualan voucher Paket Irit GoRide. Untuk fitur jual pulsa, Ketua Arisan dapat menjual pulsa dengan nominal mulai dari Rp 5.000. Sedangkan untuk voucher layanan GoRide, Ketua Arisan dapat menjual voucher potongan GoRide yang membuat transaksi perjalanan dengan menggunakan GoRide lebih irit hingga 68%.

Dari setiap transaksi yang dilakukan, Ketua Arisan akan mendapatkan dua keuntungan, yakni mendapatkan komisi dari penjualan serta poin Mapan yang dapat diakumulasi sehingga bisa mendapatkan apresiasi dalam berbagai bentuk seperti uang tunai, GoPay, barang kebutuhan rumah tangga, barang elektronik, hingga kendaraan bermotor dan tabungan umroh.

Program Poin MAPAN, menurut Mahpudz merupakan komitmen MAPAN dalam mendorong Ketua Arisan untuk bisa berpenghasilan dan menjadi selangkah lebih mapan. “Ketua Arisan ini, kami dorong untuk memberdayakan komunitas yang dimiliki di sekitar mereka, seperti para keluarga, kerabat, anggota komunitas, dan orang-orang terdekat sebagai langkah pertama bagi mereka menambah penghasilan. Secara berkala, dari yang tidak kenal smartphone hingga akhirnya menguasai, kini salah satu Ketua Arisan MAPAN asal Semarang bahkan berhasil membuka usaha warung berkat penghasilan yang didapatkan dari MAPAN,” jelas Mahpudz.

Ketua Arisan asal Semarang – Haryanti ini pun menjadi salah satu bukti nyata dari misi program ini. Mengawali perjalanan dengan MAPAN di tahun 2017, ibu satu anak ini ikut bekerja dengan menjadi karyawan di salah satu butik di Semarang guna membantu perekonomian keluarga. Sejak bergabung, Haryanti menjadi lebih berdaya dan mandiri secara ekonomi. Selain berhasil membuka warung berkat penghasilan yang didapatkan dari MAPAN, Haryanti berhasil menjadi Ketua Arisan pertama yang mencapai 6.000 poin di bulan September kemarin dan mendapatkan hadiah utama berupa tabungan umrah senilai Rp 25 juta.

“Saya awalnya ngga kepikiran gimana dengan jadi Ketua Arisan bisa bikin saya punya penghasilan tambahan bahkan sampai bisa buka usaha. Tapi saya coba untuk tekuni pelan-pelan. Saya belajar banyak, bagaimana cara pakai fitur supaya dapat poin MAPAN, terus bagaimana memanfaatkan komunitas atau pun jaringan yang saya punya, baik di pekerjaan maupun keluarga dekat untuk  menambah penghasilan melalui program-program MAPAN. Saya bersyukur dan berterima kasih sekali, lewat MAPAN saya bisa bantu ekonomi keluarga, bantu suami dan bikin seneng anak,” cerita Haryanti.

Tidak hanya Haryanti, Ketua Arisan MAPAN asal Depok, Risyanti Dewi menjadi bukti lainnya. Keikutsertaannya dalam program Poin MAPAN tidak hanya membantunya menjadi sosok perempuan yang lebih berdaya dan mandiri secara finansial, tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak perempuan lain di lingkungan sekitarnya. Risyanti berhasil mancapai ratusan transaksi penjualan pulsa per hari dengan varian nominal pulsa mulai dari Rp 5.000.

“Saya awalnya cuma menawarkan ke temen-temen deket sama keluarga. Terus mulai melebar ke para anggota arisan, tetangga dan lingkungan sekitar dan terus melebar lagi. Ini saya bisa punya penghasilan sebesar itu cuma pakai smartphone yang ada aplikasi MAPAN dan manfaatin jaringan yang saya punya. Senangnya bukan hanya untuk diri sendiri, tapi ibu-ibu yang ada di sekitar saya. Mereka jadi ikut termotivasi dan kepingin juga punya penghasilan tambahan dengan MAPAN. Akhirnya, dari satu dua orang yang ikut langkah saya jadi semakin banyak yang ikutan dan akhirnya ikutan bangga, semakin banyak perempuan yang berdaya dan bantu ekonomi keluarga,” cerita Risyanti.

MAPAN percaya bahwa digitalisasi gotong royong merupakan kunci utama Ketua Arisan bisa mencapai keberhasilan dan menginspirasi sekitarnya. Melalui gotong royong yang menjadi DNA utama MAPAN, para Ketua Arisan menjalin suatu ikatan yang tak hanya saling menginspirasi tapi juga saling menguatkan satu sama lain. Mereka secara bertahap bertransformasi menjadi sosok baru yang menginspirasi jutaan perempuan lainnya untuk berdaya dan mandiri secara ekonomi.

“Apa yang dicapai oleh MAPAN hingga saat ini tidak bisa dilepaskan dari kepercayaan yang diberikan oleh jutaan masyarakat Indonesia. Kepercayaan itu juga yang mendorong MAPAN untuk terus menghadirkan ragam inovasi baru dan memperluas layanan ekosistem kami, sehingga diharapkan kedepan MAPAN dapat memberikan kontribusi yang lebih besar untuk menggerakan perekonomian masyarakat dan membantu menumbuhkan lebih banyak sosok perempuan sebagai agen perubahan untuk keluarga dan lingkungans ekitar mereka,” tutup Mahpudz.

Must Read

Tetap Stylish Sambut Lebaran Virtual, Simak Tips dari UMKM Tokopedia

Rilispedia.com - Antusiasme masyarakat untuk tetap tampil bergaya dalam menyambut Lebaran tetap meningkat walau masih dalam situasi pandemi. "Ini...

Tips Tetap Stylish saat Lebaran untuk Pria a la Ardhito Pramono

Rilispedia.com - Tak terasa Idul Fitri sudah di depan mata. Umat muslim di Indonesia sedang bersiap untuk menyambut kemenangan setelah sebulan berpuasa....

Samsung Umumkan Ekspansi Global Jajaran Perangkat Bespoke di ‘Bespoke Home 2021’

Rilispedia.com - Samsung Electronics hari ini membuka Bespoke Home 2021, platform virtual baru yang menampilkan secara global produk-produk Samsung Home Appliances. Event...

Telkomsel dan Huawei Perkuat Kerja Sama, Kokohkan Posisi Kepemimpinan di Era New Normal

Rilispedia.com - Penyedia solusi TIK global terkemuka Huawei dan penyedia solusi telekomunikasi dan TIK terkemuka di Indonesia, Telkomsel, menggelar pertemuan tingkat tinggi...

No Mudik, Tetap Asik ala #SobatMegangBanget!

Rilispedia.com - Imbauan untuk tidak mudik merayakan Idul Fitri tahun ini di kampung halaman menjadi kali kedua bagi masyarakat Indonesia. Tentu tak...