Home Tek Qualcomm Demonstrasikan Teknologi 5G Masa Depan yang Meningkatkan Performa, Efisiensi, dan Memungkinkan...

Qualcomm Demonstrasikan Teknologi 5G Masa Depan yang Meningkatkan Performa, Efisiensi, dan Memungkinkan Penggunaan untuk Aplikasi Baru

Rilispedia.com – Melanjutkan tradisi Qualcomm dalam mengembangkan dan mendemonstrasikan teknologi inovatif, Qualcomm Technologies, Inc. mengumumkan serangkaian demonstrasi teknologi 5G canggih terbaru untuk memberikan sekilas gambaran dari peta jalan teknologi 5G kami yang kaya. Beberapa demonstrasi ini diluncurkan pada saat acara media “What’s Next in 5G” pagi ini, menekankan komitmen Qualcomm Technologies untuk penelitian dan pengembangan yang berkelanjutan untuk teknologi 5G di masa depan. Selain itu, demonstrasi ini menunjukkan kemampuan Qualcomm untuk mengaktifkan ekosistem seluler global dan industri vertikal baru, mendukung layanan dan model bisnis baru, serta membuat bentuk penggunaan dan pengalaman baru.

“Hasil dari riset dan pengembangan kami terus memberikan teknologi terobosan yang membantu mendorong ekosistem seluler,” kata John Smee, Vice President, Engineering, Qualcomm Technologies, Inc. “Tahun 2020 merupakan awal dari era 5G. Ini adalah waktu yang tepat bagi kami untuk menunjukkan inovasi yang telah kami kerjakan di laboratorium untuk memandu apa yang bisa diharapkan di tahun mendatang”

Fase pertama 5G berfokus dalam memberikan pengalaman baru dan lebih baik pada perangkat smartphone. Namun, fase 5G berikutnya yang mencakup 3GPP Release 16, 17, dan selanjutnya akan mengubah industri dan contoh-contoh kasus aplikasi di bidang Industrial Internet of Things (IIoT), otomotif, Augmented Reality, dan lainnya. Berikut ini ringkasan beberapa area fokus penelitian Qualcomm Technologies guna mendorong ekspansi 5G:

  • Uji jaringan OTA Massive MIMO 5G: Sistem end-to-end yang beroperasi di frekuensi 3,5 GHz menyoroti beberapa inovasi penting untuk meningkatkan kapasitas jaringan dan manfaat pengalaman pengguna dari multi-user massive MIMO, dan untuk memungkinkan layanan untuk area yang luas dengan latensi rendah seperti penggunaan untuk augmented reality.
  • Evolusi teknologi 5G untuk area yang luas: Untuk mendemonstrasikan masa depan jaringan dan perangkat 5G di area yang luas setelah tahun 2020, demo ini menunjukkan kinerja fitur-fitur baru seperti full duplex MIMO dan teknologi penentuan posisi perangkat yang akurat, serta memperkenalkan pendekatan manajemen data tebaru untuk IoT .
  • Pengalaman dunia nyata melalui uji jaringan OTA mmWave: Demonstrasi end-to-end [pada frekuensi] 28 GHz tentang pendekatan canggih dalam mobilitas, kekuatan dan kinerja mmWave di berbagai skenario nyata, menghadirkan pengalaman seluler yang lebih baik dan baru.
  • Evolusi teknologi 5G mobile mmWave: Menggunakan performa sistem dari jaringan mmWave terbaru dan fitur-fitur perangkat pada Release 16+ yang akan menyederhanakan proses peningkatan kepadatan pada jaringan, meningkatkan performa sistem, dan meningkatkan efisiensi perangkat.
  • Pabrik masa depan dengan 5G: Demonstrasi langsung di jaringan uji industrial 5G ini menunjukkan manfaat dari beberapa kemampuan 5G bagi otomasi industri seperti time sensitive networking (TSN) dan enhanced ultra-reliable low latency communication (eURLLC).
  • Penentuan posisi yang tepat melalui jaringan 5G dalam ruangan: Demonstrasi pelacakan posisi secara 3D untuk mencapai akurasi hingga di bawah 1 meter untuk aplikasi industri berbasis IoT seperti pelacakan aset dan kontrol kendaraan terpandu otomatis dengan memanfaatkan beberapa titik transmisi 5G untuk mengukur perbedaan Time of Arrival (ToA)1.
  • 5G NR Cellular-to-Everything (C-V2X): 3GPP Release 16 menghadirkan kemampuan C-V2X tambahan berdasarkan 5G NR untuk melengkapi C-V2X dengan kasus penggunaan baru yang lebih canggih. Dalam demonstrasi 5G NR C-V2X, Qualcomm menunjukkan bagaimana sensor sharing menggunakan reliabilitas berbasis jarak dapat meningkatkan kecepatan waktu reaksi di lingkungan yang sulit dicapai oleh gelombang radio, baik sebagai simulasi interaktif maupun dalam purwarupa over-the-air yang mengikuti Release 16.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang inovasi ini, silakan pantau informasi dan video lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang.


1 Waktu yang diperlukan oleh gelombang untuk berpindah dari pengirim ke penerima sinyal perusahaannya, termasuk di dalamnya seluruh fungsi teknik, riset dan pengembangan, serta seluruh bisnis produk dan layanan kami, termasuk bisnis semikonduktor kami, QCT.

Must Read

Dukung Petani dan UMKM, TaniFund dan BRI Jalin Kerja Sama Salurkan Kredit Senilai Rp200 Miliar

Rilispedia.com - TaniFund, platform peer-to-peer (P2P) lending terdepan yang bergerak dalam pembiayaan sektor agrikultur dan pangan, resmi bekerja sama dengan Bank Rakyat...

Percepat Transformasi Digital, Huawei Kembangkan Ekosistem Teknologi di Asia Pasifik

Rilispedia.com - Huawei membuka Digix Lab pertamanya di Kawasan Asia Pasifik, berlokasi di Singapura, guna mendukung para pengembang dan mitra yang tergabung...

Teknologi Dapat Membantu Pengurangan Risiko Cedera dalam Sepak Bola

Rilispedia.com - Cedera para pemain dapat menyebabkan dampak yang besar pada musim pertandingan klub, dengan hasil di lapangan, gelar, atau peringkat liga...

ONIC eSports Resmi Tunjuk Juara Apparel Sebagai Official Merchandise Partner

Rilispedia.com - Salah satu tim eSports profesional terbesar Indonesia, ONIC eSports dengan bangga mengumumkan kemitraan sinergis dengan Juara Apparel yang sebelumnya sukses...

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Tinjau Pusat Vaksinasi Pertama dengan Pilihan Layanan Drive-Thru di Indonesia

Rilispedia.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno hari ini meninjau Grab Vaccine Center yang didirikan di Nusa Dua...