Home Life Sebentar Lagi Gajian! Ini Tips ala Tokopedia Biar Gaji Tidak Cepat Habis

Sebentar Lagi Gajian! Ini Tips ala Tokopedia Biar Gaji Tidak Cepat Habis

Rilispedia.com – Pandemi merupakan situasi dengan ketidakpastian yang sangat tinggi sehingga menuntut masyarakat lebih jeli dalam mengelola keuangan. Riset 2020 LPEM FEB UI mengungkap rata-rata pengeluaran bulanan masyarakat sebelum dan saat pandemi di Tokopedia meningkat 71%.

“Mengelola penghasilan dengan bijaksana sangat penting agar setiap bulan ada dana yang dialokasikan untuk kebutuhan mendadak, terutama di tengah situasi tidak pasti seperti saat pandemi ini. Tokopedia pun membagikan tips mudah mengelola penghasilan dengan bijak di masa pandemi,” kata AVP of Payment Tokopedia, Astrid Theresia Tampubolon.

  1. Catat Semua Pengeluaran – Rutin mencatat pengeluaran akan membantu memonitor keluar masuk dana. Hal ini membantu kita mengevaluasi dan mengeliminasi pengeluaran yang tidak perlu ke depannya.
  2. Atur Prioritas Kebutuhan – Mengatur keuangan bulanan penting dilakukan agar gaji yang dimiliki bisa dialokasi dengan baik. Terutama di tengah pandemi, atur prioritas pengeluaran berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.
  3. Manfaatkan Promo – Jeli memanfaatkan promo akan membuat belanja kebutuhan sehari-hari menjadi lebih efisien. Di Tokopedia misalnya, masyarakat bisa mendapatkan promo setiap hari di Tokopedia (tokopedia.com/promo), salah satunya cashback hingga Rp75.000 jika menggunakan Gopay atau GoPayLater hingga 31 Oktober 2021 mendatang.
  4. Pisahkan Rekening Tabungan – Menabunglah di awal ketika baru saja menerima gaji dan pisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran sehari-hari. Hal ini akan membuat pengelolaan keuangan lebih efektif.
  5. Jangan Lupa Investasi – Financial Consultant, Prita Hapsari Ghozie, menyarankan saat mulai berinvestasi, masyarakat perlu mempelajari serta memilih jenis investasi sesuai dengan risiko dan keuntungan masing-masing.

“Pastikan produk investasi tersebut telah memiliki izin yang tepat serta menyajikan portofolio laporan investasi yang transparan,” ujarnya di acara virtual Tokopedia beberapa waktu lalu.

Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksadana, misalnya, dapat menjadi pilihan investasi yang aman dan terjangkau, terutama untuk pemula, serta dapat dijalankan baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang.

Must Read

Lenovo Indonesia Luncurkan Lini Laptop Premium Terbaru dengan AMD Ryzen 5000 Series Mobile Processors dan Layar OLED

Rilispedia.com - Setelah diluncurkan pada Tech World 2021, kini Lenovo Indonesia memperkenalkan Lenovo Yoga Slim 7 Carbon sebagai laptop OLED 14 inci...

Laporan Adjust: Belanja di Musim Liburan Beralih ke Seluler

Rilispedia.com - Tepat sebelum musim belanja saat liburan yang diprediksi akan memecahkan rekor, platform analytics pemasaran seluler Adjust menerbitkan Laporan Aplikasi E-commerce...

Kolaborasi PUBG Mobile x Arcane Hadirkan Pop-Up Booth di Tujuh Lokasi Dengan Kegiatan Seru Berhadiah iPhone 12

Rilispedia.com - Tanggal 16 November lalu, PUBG Mobile secara resmi berkolaborasi dengan Arcane untuk menghadirkan berbagai hal menarik mulai dari item, mode...

Telkomsel Hadirkan Dunia Games Awards 2021, Apresiasi Capaian Prestasi Industri Game Indonesia

Rilispedia.com - Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler terus berupaya mengakselerasi setiap aspek di ekosistem gaming dan esports Tanah Air untuk semakin berkembang...

realme GT 2 Pro akan Menjadi Flagship Pertama dari realme yang Hadir dengan Chipset Flagship Baru Snapdragon 8 Gen 1

Rilispedia.com - realme, merek smartphone dengan pertumbuhan tercepat di dunia, sebelumnya telah resmi meluncurkan ponsel yang dijuluki sebagai Most Stylish 5G Flagship...