Home Biz Seminar “Managing Your Digital Customer With CX Digital Solution”

Seminar “Managing Your Digital Customer With CX Digital Solution”

Rilispedia.com – PT. Vads Indonesia bekerjasama dengan Botika Teknologi Indonesia dan Genesys, kembali mengadakan seminar Financial Services Industry dengan thema “Managing Your Digital Customer With CX Digital Solution”, di Hotel JS Luwansa, Jakarta. Seminar ini merupakan kegiatan tahunan PT. Vads yang telah berlangsung sejak tahun 2016.

Acara ini menghadirkan 3 pembicara yang berpengalaman dan kompeten di bidang financial services dan customer experience digital solution yaitu Nufransa Wira Sakti (Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Republik Indonesia), Ditto Anindita (CEO & Founder Botika Teknologi Indonesia), serta Hunady Budihartono (Regional Sales Director Genesys). Sedangkan peserta seminar yang hadir adalah para eksekutif dari 30 perusahaan ternama di industri financial diantaranya Bank BNI, BCA Finance, OVO, Bank BTN, Manulife Aset Management, Astra Credit Company, Dana Indonesia, Allianz, Mega Insurance, Commonwealth Bank, dan juga perwakilan dari pemerintahan serta kementerian.

“Tujuan dari seminar ini adalah untuk mengedukasi pasar akan pentingnya mengelola customer experience melalui CX digital solution yaitu Intelligent Omnichannel and Artificial Intelligent. Dengan adanya solusi ini, semua channel komunikasi dengan pelanggan di media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, chat dan voice ada dalam satu aplikasi. Sehingga layanan untuk pelanggan yang membutuhkan sebuah informasi dapat di respond dengan cepat dan tepat melalui berbagai media sosial tersebut. Selain itu kita bisa melihat profil pelanggan, menganalisa dan memonitor customer journey dari setiap channel interaksi mereka di platform kita, sehingga dapat memberikan Customer Experience dengan solusi yang cepat dan terbaik.

Smart Assistance dan para customer service di Contact Center juga dapat memberikan First Contact Resolution (FCR), dengan mengakses aplikasi knowledge base. Dan proses eskalasi pun dapat di lakukan dengan cepat dan terukur melalui system ticketing yang terintegrasi. Sehingga tercapai Customer Experience yang excellent”, ungkap Deddy Hermansyah, Chief Marketing Officer PT. Vads Indonesia.

Hunady Budihartono, Regional Sales Director dari Genesys, salah satu partner PT. Vads juga mengungkapkan “Customer Experience berbanding lurus dengan Brand Experience, dimana 80% customer rela membayar lebih untuk sebuah experience yang lebih baik, dan lebih dari 50% customer berpindah ke brand lain karena customer experience yang buruk.

Salah satu bentuk customer experience adalah contact center. Kehadiran Contact Center sudah menjadi kebutuhan bagi industri financial, sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 1/POJK.07/2013 tentang Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan, yang menyebut setiap pelaku jasa keuangan wajib menangani dan menyelesaikan pengaduan konsumen.

Apalagi di era Industri 4.0 yang sangat erat dengan dunia digital saat ini. Dimana terjadi pergeseran kebiasaan pelanggan yang dulunya mengajukan keluhan lebih banyak melalui channel voice (telefon), kini berubah menggunakan channel digital lewat social media di gadget masing-masing. Dengan memberikan pelayanan yang maksimal dengan tools yang tepat kepada pelanggan, akan membantu perusahaan menjawab keluhan yang masuk. Seperti layanan Omni-channel yang dimiliki oleh PT. Vads saat ini yang merupakan pengembangan dari Contact Center dimana penggunaan satu platform untuk semua channel komunikasi seperti email, video call, social media, live chat, voice, dan non voice channel lainnya.

Sama halnya dengan lembaga pemerintahan, salah satunya yaitu Kementerian Keuangan. Selain meningkatkan pelayanan dengan mengembangkan service digital seperti aplikasi M-PPID (aplikasi untuk layanan informasi publik), E-PPID, S-IPPID, dan layanan digital lainnya, Kemenkeu juga mengintegrasikan contact centernya dengan platform Omni-channel. “Saat ini 11 unit di Kemenkeu sudah memiliki Contact Center, 7 unit Eselon 1, 2 unit Eselon 2, dan 2 unit Badan Layanan Umum. Dan rata-rata sudah menggunakan platform Omni-channel”, ungkap Nufransa Wira Sakti, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan. “Sekarang momentumnya tepat untuk melakukan integrasi contact center di Kementerian Keuangan dengan platform Omni-channel sehingga Kementerian Keuangan memiliki sistem yang terintegrasi dengan sistem layanan informasi bagi masyarakat”, sambung Nufransa.

Salah satu bentuk dari omni-channel adalah smart chat assistant atau yang lebih dikenal dengan Chatbot. “Dengan chatbot, customer dapat mengakses service lebih cepat seperti cek saldo, transaksi terakhir, mengupdate data pribadi, melaporkan kehilangan, hingga melakukan komplen”, sebut Ditto Anindita, CEO Botika Teknologi Indonesia, salah satu partner PT. Vads. “Dengan Chatbot, perusahaan dapat menekan biaya operasional, meningkatkan customer engagement dan experience, dan mengembangkan service lainnya menggunakan analytics dari data customer”, sambung Ditto.

Selain Omni-channel masih banyak solusi dan service yang disediakan oleh PT. Vads untuk memanage customer experience para klien di era digital saat ini. “Hingga kini PT. Vads telah memberikan layanan kepada lembaga-lembaga pemerintahan seperti Kementerian Keuangan dan perusahaan finance besar di Indonesia seperti Bank BCA, Bank BTN, OCBC, Manulife, Cigna, dan sebagainya. PT. Vads siap membantu klien-klien dari Financial Service Industry, yang sudah mengembangkan layanannya ke digital maupun yang belum, baik dari Bank, perusahaan pembiayaan, asuransi, sampai perusahaan fintech seperti Payment Gateway, Market Aggregator, Risk & Investment Management, P2P Lending & Crowdfunding, dll”, sambung Deddy Hermansyah.

“Untuk kedepannya PT. Vads akan terus berinovasi mengikuti perkembangan teknologi, industri, dan pasar yang ada dan berkomitmen memberikan layanan yang maksimal dan terbaik bagi para klien dan customer”, tutup Deddy Hermansyah.

Must Read

Telkomsel Gandeng Lookout Hadirkan Solusi Keamanan Siber

Rilispedia.com - Telkomsel merilis kemitraan dengan Lookout, Inc., perusahaan keamanan siber terkemuka, untuk memberikan proteksi dan mendukung transformasi digital perusahaan di Indonesia.

GoPay Kenalkan Fitur Baru di GoInvestasi

Rilispedia.com - GoPay memperkenalkan fitur auto invest di GoInvestasi, platform investasi emas di aplikasi Gojek bekerja sama dengan Pluang. Melalui fitur ini,...

Untuk Pertama Kalinya, vivo Pimpin Penjualan Smartphone di Tiongkok

Rilispedia.com - vivo, perusahaan teknologi global terkemuka, untuk pertama kalinya memimpin pasar ponsel pintar dengan penjualan nomor 1 di Tiongkok. Dilansir dari...

OVO Buka Ruang Luas Bagi Perempuan Hebat untuk Berkiprah di Industri Teknologi

Rilispedia.com - Perempuan merupakan aktor sentral dan penting dalam berbagai lini kehidupan. Tanpa kehadiran perempuan, akan banyak hal dan urusan yang tidak...

Dukung Pelaku Bisnis Semarakkan Ramadan, ShopeePay Talk Ungkap Tiga Strategi Tangkap Peluang Ramadan

Rilispedia.com - ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, di bulan...