Home Fun Seni Kolaborasi Ala Mira Lesmana – Riri Riza

Seni Kolaborasi Ala Mira Lesmana – Riri Riza

Rilispedia.com – Mira Lesmana dan Riri Riza jadi duet kreatif yang sulit dipisahkan dari Miles Films. Tahun 2019 pun menjadi sangat istimewa karena menandai kolaborasi 20 tahun mereka berkarya bersama. Di hari pertama gelaran Playfest 2019, Mira Lesmana dan Riri Riza berbagi kisah tentang proses produksi yang mereka jalani melalui sesi Talks bertajuk “Pitch to Premiere” di area Experience Ideas.

“Bikin film itu seni kolaborasi. Semua orang berkontribusi,” ujar Riri Riza. Ia mengingatkan bahwa memproduksi film butuh campur tangan banyak pihak. Mulai dari penulis skenario, makeup artiststylist, cameraman, juga cast (para aktor dan aktris) yang semuanya harus berkolaborasi.

Miles Films berdiri sejak tahun 1995 namun hanya memproduksi film-film underground karena film Indonesia pada masa itu bisa dikatakan “mati suri”. Baru pada tahun 2000 akhirnya Mira dan Riri memproduksi Petualangan Sherina untuk membangkitkan kembali perfilman Indonesia. “Perempuan masih menjadi pilihan kedua untuk tokoh utama film pada waktu itu. Saya pikir, kenapa enggak sekalian bikin film tentang anak perempuan, bandel lagi. Maka lahirlah Petualangan Sherina.”

Setelah kesuksesan Petualangan Sherina, Miles Films memproduksi Ada Apa Dengan Cinta. Meski film demi film mengalami kesuksesan, Mira tidak ingin Miles Films memiliki target produksi seperti pabrik. Hanya satu film diproduksi setiap tahun agar fokus. “Di Miles, karena kita sudah bekerja bersama sekian lama, kita memiliki treatment yang selalu sama. Dimulai dari ide, kemudian menjadi skenario, lalu persiapan, biasanya kita pikirkan dengan matang bersama-sama,” jelas Mira. “Well prepared script itu penting,” tambah Riri.

Keduanya memberi contoh film terbaru Miles Films, Bebas, yang akan tayang di bioskop sejak 3 Oktober 2019. Film itu diadaptasi dari film Korea berjudul Sunny. Struktur film tersebut menurut Mira sangat bagus tetapi ia ingin agar film Bebas “lebih Indonesia” sehingga sebagai penulis skenario, Mira melakukan riset pop culture di Indonesia tahun 90-an.

Setting tempatnya kita pilih Jakarta, pada akhirnya kita jadi tahu sudut-sudut di Jakarta yang masih 90-an. Setting waktunya tahun 1995 – 1996 dan 2019. Ada jarak yang sangat jauh. Generasi 90-an itu gaya bahasanya sangat khas, ekspresif. Tahun 90-an juga masa-masa musik pop Indonesia sedangbangkit. Di samping itu juga dekat dengan momen peristiwa 1998. Hal-hal utama itu harus masuk ke dalam skenario,” ungkap Mira.

Tetapi meski skenario telah matang, film menurut Riri kadang memiliki keajaibannya sendiri. Pada saat proses syuting dan editing bisa terjadi berbagai perubahan sudut pandang. “Sebagai sutradara, saya selalu menggunakan pendekatan real. Bagaimana misalnya aktor atau aktris yang di-makeup itu tidak kelihatan makeup-nya. Setiap peristiwa ada sudut pandangnya. Saya selalu ingin membuat film dari sudut pandang karakter-karakter di dalam film. Dan pada saat proses syuting dan editing, sudut pandang itu bisa berubah mengikuti cerita.”

Selain berbagi proses kreatif, di Playfest 2019, ada 3 film produksi  Miles Films yang diputar di Silent Cinema, yakni Garasi, Kado, dan 3 Hari untuk Selamanya.

Must Read

Sony Indonesia Resmi Luncurkan Empat Seri TV BRAVIA XR Terbaru dengan Teknologi Cognitive Processor XR

Rilispedia.com - Sony Indonesia meluncurkan TV BRAVIA XR terbaru, yaitu X90J 4K LED, X95J 4K LED, A80J OLED, dan Z9J 8K LED...

Dorong UMKM Naik Kelas, Pegadaian Gandeng Briefer Beri Edukasi Pengelolaan Keuangan Digital dan Konten Kreatif

Rilispedia.com - Pegadaian Wilayah VIII Jakarta I bersama Briefer, platform kolaborasi bagi para praktisi di industri komunikasi menggelar seri webinar terkait pengelolaan...

Kiprah Gim Lokapala di PON XX, Bangkitkan Industri Gim Nasional

Rilispedia.com - PON XX Papua 2021 telah menyelesaikan penyelenggaraan pertandingan persahabatan untuk divisi eSports yang mana terdapat beberapa gim popular yang dipertandingkan,...

Keluarkan Jiwa Kekoreaan Kamu di Awesome Review Contest Bersama Samsung Galaxy A32

Rilispedia.com - Samsung Electronics Indonesia (SEIN) terus konsisten mewadahi kegemaran generasi muda dalam membuat konten yang kreatif dan positif. Setelah beberapa waktu...

Honda Luncurkan Sistem New Honda Sensing 360, Tahun 2022 Segera Hadir di Cina

Rilispedia.com - Honda Motor Co., Ltd. baru saja meluncurkan Honda SENSING 360, sistem keselamatan omnidirectional untuk membantu pengemudi dapat melihat beberapa sisi...