Home Tek SHAREit: Lokalisasi Gim Seluler Dorong Pertumbuhan Industri Digital Indonesia

SHAREit: Lokalisasi Gim Seluler Dorong Pertumbuhan Industri Digital Indonesia

Rilispedia.com – SHAREit platform lokalisasi konten digital global menyebutkan bahwa upaya lokalisasi konten game merupakan salah satu kunci untuk mendorong pertumbuhan industri digital Indonesia seiring dengan peningkatan industri gim seluler di Indonesia yang akan meningkat di tahun 2021.

Berdasarkan data Statista Digital Market Outlook 2020 pasar gim seluler di Indonesia pada tahun 2020 mencapai nilai 1,29 miliar dolar AS (sekira 18,11 triliun rupiah) dengan proyeksi peningkatan menjadi 1,49 miliar dolar AS pada 2021 (20,57 triliun rupiah) dan akan terus tumbuh menjadi 2,15 miliar dolar AS (30,17 triliun rupiah) pada 2025.

Partner dan Global VP SHAREit Karam Malhotra mengatakan setiap perusahaan pengembang game online dituntut untuk menyesuaikan game berdasarkan wilayah guna menjangkau audiens yang lebih besar. Hal ini diperlukan untuk menjangkau konsumen yang belum fasih berbahasa Inggris dan memainkan game tanpa melewatkan pengalaman bermain gim yang menyeluruh.

Pandemi COVID-19 telah mengakselerasi pertumbuhan industri gim seluler akibat banyak orang yang harus menghabiskan waktunya di rumah selama periode pembatasan sosial. Tren ini diprediksi akan berlanjut hingga tahun tahun 2021, meskipun lonjakan pengguna gim seluler tidak lebih besar dari tahun sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan aktivitas kebanyakan orang yang mulai berjalan normal dan proses vaksinasi bertahap di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Karam melanjutkan bahwa dengan lokalisasi konten gim, industri ini akan tumbuh semakin pesat. SHAREit telah mengadopsi cara ini dengan menyesuaikan kebutuhan penggunanya yang tersebar di banyak negara. Hal itu dilakukan melalui modifikasi konten berdasarkan referensi budaya, sejarah, dan regional.

Inovasi dan perkembangan teknologi yang diusung SHAREit itulah yang membuat aplikasi tersebut tetap menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Di tengah ketatnya persaingan pasar aplikasi selama pandemi SHAREit mempertahankan posisinya sebagai Top 10 Aplikasi terpopuler di Indonesia berdasarkan Laporan State of Mobile 2021 yang dirilis App Annie beberapa waktu lalu.

SHAREit yang semula lebih dikenal sebagai aplikasi mentransfer file berukuran besar dengan cepat dan mudah, kini bertransformasi menjadi platform distribusi konten digital, guna memenuhi kebutuhan pasar yang masif dan melayani populasi yang haus data.

SHAREit adalah aplikasi offline dan online terkemuka di dunia yang menyediakan beberapa jenis hiburan termasuk video streaming online, transfer file, dan permainan. Aplikasi tersebut memiliki lebih dari 1,8 miliar orang pengguna di seluruh dunia dan lebih dari 500 juta jumlah pengguna aktif bulanan (MAU) yang tersebar di 200 negara, SHAREit memiliki visi untuk menghadirkan kesetaraan akses terhadap konten digital di seluruh dunia.

SHAREit menawarkan katalog permainan terbesar di dunia dengan lebih dari 2.000 game selular, pengguna didukung dengan akses tak terbatas terhadap permainan berbasis HTML5, serta pilihan untuk mengunduh permainan populer. Selain itu, terdapat berbagai pilihan untuk pemain kasual, sosial, midcore, hardcore, bahkan untuk pemain profesional.

Selain itu, pandemi yang menyebabkan dunia dalam ketidakpastian, game bergenre fantasi dan kasual menjadi semakin populer. Kehadiran permainan dalam platform SHAREit melengkapi pilihan masyarakat untuk menikmati ragam permainan dalam genggaman tangan mereka.

“Industri game selalu berubah karena teknologi baru dan lebih maju tersedia untuk pengembang dan gamer. Namun dalam industri yang tumbuh dengan cepat, memasarkan hal nostalgia menciptakan peluang tersendiri bagi para pengembang yang terbukti dengan hadirnya game klasik reboot yang dicintai konsumen,” kata Karam.

Lebih lanjut, Karam menjelaskan bahwa para milenial yang memiliki pengalaman bermain gim di masa lalu memiliki potensi besar untuk menjadi pasar bagi gim yang menawarkan momen menyenangkan di masa lalu tersebut. “Hal Ini merupakan peluang besar bagi pengembang dan pemasar untuk menguasai judul gim klasik dan menawarkannya kembali kepada konsumen. Kedepannya, SHAREit akan terus berkontribusi terhadap perkembangan industri gim selular karena beberapa tahun ke depan akan menjadi tahun-tahun yang menentukan bagi industri ini dan para pemain yang menjadi bagiannya,” tutup Karam.

Must Read

Bantu Dokter Jangkau Lebih Banyak Masyarakat, Halodoc Terus Dukung Inklusi Tenaga Kesehatan dalam Transformasi Digital

Rilispedia.com - Kendati peran dokter yang sangat mendasar bagi kesejahteraan bangsa, Indonesia hanya memiliki 4,27 dokter untuk setiap 10.000 populasi pada 2018....

Kemunculan Pokémon VSTAR Hadir Memberikan Nafas dan Kekuatan Baru di Perayaan 25 Tahun Pokémon

Rilispedia.com - Video pertama tentang perayaan 25 tahun Pokémon sudah rilis di Youtube Pokémon Indonesia pada 20 Oktober 2021. Dengan kemunculan video...

LINE Indonesia Perkenalkan Program #AnakLINE, LINE Sebagai Tempat Aman dan Nyaman Bagi Gen Z di Era Kecerdasan Digital

Rilispedia.com - Generasi Z merupakan generasi yang sangat kental dengan gaya hidup digital, memiliki rentang usia 15 - 21 tahun, generasi ini...

Ingin punya Kisah Manis versi kamu? Coba eksplor dunia baru dan mulai temukan mereka yang sefrekuensi dengan kamu!

Rilispedia.com - "Ya, karena aku sama Budi sudah sefrekuensi. Jarang-jarang loh bisa nemu yang pas apalagi yang tujuannya sama," kata Ayu saat...

Sebentar Lagi Gajian! Ini Tips ala Tokopedia Biar Gaji Tidak Cepat Habis

Rilispedia.com - Pandemi merupakan situasi dengan ketidakpastian yang sangat tinggi sehingga menuntut masyarakat lebih jeli dalam mengelola keuangan. Riset 2020 LPEM FEB...