Home Tek Telkomsel Bersama Zenius Umumkan Pemenang Kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 2

Telkomsel Bersama Zenius Umumkan Pemenang Kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 2

Rilispedia.com – Kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 2 resmi mencapai puncaknya. Inisiatif yang dihasilkan dari kolaborasi antara Telkomsel dengan Zenius untuk mendukung pengembangan sektor pendidikan di Indonesia ini menutup seluruh rangkaian kegiatannya melalui seremoni pengumuman pemenang sekaligus ajang penghargaan bagi para peserta terbaik dalam kompetisi tersebut yang juga dilaksanakan secara virtual, Jumat (26/3).

Vice President Prepaid Consumer Telkomsel Tuty Rahma Afriza mengatakan, “Telkomsel memaknai kesuksesan penyelenggaraan Ilmupedia Berani Jawab Season 2 sebagai momentum bagi kami untuk memperkuat peran sebagai leading digital telco company yang mampu membuka lebih banyak kesempatan bagi para pelajar di Tanah Air untuk mengembangkan kemampuan melalui pemanfaatan akses teknologi berbasis digital. Kami pun merasa senang bisa terus memperkuat kolaborasi dengan Zenius, yang diharapkan dapat berlangsung dalam jangka panjang agar manfaat dari berbagai upaya kolaboratif yang dijalankan bisa memberikan manfaat bagi pengembangan sektor pendidikan, khususnya untuk lebih banyak pelajar di seluruh Indonesia.”

Chief Operating Officer Zenius Tantia Dian Permata Indah mengatakan, “Ilmupedia Berani Jawab Season 2 merupakan salah satu upaya Zenius dan Telkomsel dalam menjaga semangat belajar para pelajar seluruh Indonesia di tengah pandemi. Kami bangga karena tingginya partisipasi dari para pelajar di Indonesia dalam mengikuti Ilmupedia Berani Jawab Season 2 menunjukkan jika masih banyak pelajar yang memiliki semangat belajar tinggi, meski di tengah pandemi. Kami percaya kolaborasi yang kuat, seperti yang kami lakukan dengan Telkomsel, diperlukan untuk mewujudkan visi kami, yaitu merangkai generasi Indonesia yang cerdas, cerah, dan asyik.”

Penyelenggaraan Ilmupedia Berani Jawab Season 2 sebelumnya ditandai dengan periode pendaftaran yang dibuka mulai dari 8 Desember 2020 sampai dengan 26 Januari 2021 lalu. Total, terdapat lebih dari 19.000 murid dari 3.223 sekolah di 417 kota di seluruh Indonesia yang mengikuti kompetisi tersebut. Rangkaian kegiatan Ilmupedia Berani Jawab Season 2 terbagi dalam beberapa fase, mulai dari babak individual, regional, area, hingga playoff. Selain itu, terdapat babak spesial (wildcard) yang membuat kompetisi bertambah menarik.

Ilmupedia Berani Jawab Season 2 merupakan kompetisi cerdas cermat bagi murid SMA/sederajat dari seluruh wilayah di Indonesia. Semua rangkaian kegiatan dalam Ilmupedia Berani Jawab Season 2 diselenggarakan secara online. Kompetisi dimulai dengan babak individual di level kota untuk menentukan 20 peserta teratas yang masing-masing akan membentuk sebuah tim beranggotakan 5 orang yang berasal dari sekolah yang sama. Kemudian, para peserta yang lolos melanjutkan perjuangan di babak regional, di mana setiap tim akan berkompetisi di regional yang sesuai dengan domisili sekolahnya. Babak tersebut telah menyaring 50 besar peserta dari setiap 13 regional yang dipertandingkan.

Perjalanan para peserta berlanjut di babak area. Setiap tim telah berkompetisi di area yang sesuai dengan domisili sekolahnya. Total, terdapat 4 area dalam kompetisi tersebut, dengan masing-masing area mengirimkan 3 tim terbaik untuk berpartisipasi dalam babak playoff. Menariknya, seluruh peserta yang dinyatakan tidak lolos pada babak individual, regional, dan area berkesempatan untuk memperebutkan 4 jatah di babak playoff, sehingga total terdapat 16 tim yang bersaing di fase puncak.

Seluruh tim yang berhasil masuk ke babak playoff berasal dari 16 sekolah yang berbeda, antara lain meliputi SMAN 1 Kuala Kapuas, SMAN 1 Durenan Trenggalek, SMA Xaverius Lubuk Linggau, SMAN 3 Pontianak, SMAN 2 Jakarta, MAN 2 Kota Malang, SMAS 2 Kristen Kalam Kudus Pematang Siantar, SMAN 54 Jakarta, SMA Ignatius Global School Palembang, SMAN 1 Garut, SMAN 6 Kendari, SMAN 2 Balige Toba Samosir, dan SMAS Titian Teras Jambi. Setiap tim saling adu kepintaran dalam babak playoff yang diselenggarakan pada Selasa 2 Maret 2021 dan dilanjutkan dengan babak final pada Kamis 18 Maret 2021.

Dalam seremoni pengumuman pemenang sekaligus ajang penghargaan yang dilakukan oleh Telkomsel dan Zenius, tim SMAN 54 Jakarta dinobatkan menjadi juara dalam Ilmupedia Berani Jawab Season 2. Kemudian, tim SMAN 2 Jakarta dan tim SMAN 2 Balige Toba Samosir masing-masing berhasil menempati posisi kedua dan ketiga. Berkat pencapaian tersebut, ketiganya berhak atas hadiah dengan nilai total 150 juta rupiah. Telkomsel bersama Zenius turut memberikan apresiasi kepada para pemenang di setiap babak, mulai dari babak individu, regional, area, spesial (wildcard), dan playoff dengan memberikan hadiah berupa pulsa Telkomsel, Saldo LinkAja, Voucher Belanja E-Commerce, hingga tabungan Pendidikan dengan nilai total keseluruhan 400 juta rupiah. Informasi lebih lanjut mengenai kompetisi tersebut serta inisiatif menarik lainnya dari Ilmupedia sebagai platform pendidikan komprehensif dari Telkomsel dapat diakses di ilmupedia.co.id.

“Kami mengucapkan selamat kepada teman-teman semua atas prestasi yang ditorehkan di Ilmupedia Berani Jawab Season 2. Dengan antusiasme luar biasa yang ditunjukkan oleh para pelajar dari berbagai daerah di Indonesia, kami berharap Ilmupedia Berani Jawab dapat kembali berlangsung untuk jangka panjang guna menginspirasi lebih banyak pelajar di Tanah Air untuk terus meningkatkan kemampuannya, sekaligus memperkuat kontribusi nyata Telkomsel dalam mengembangkan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia, yang dalam hal ini menyentuh sektor pendidikan,” tutup Tuty.

Must Read

Bantu Dokter Jangkau Lebih Banyak Masyarakat, Halodoc Terus Dukung Inklusi Tenaga Kesehatan dalam Transformasi Digital

Rilispedia.com - Kendati peran dokter yang sangat mendasar bagi kesejahteraan bangsa, Indonesia hanya memiliki 4,27 dokter untuk setiap 10.000 populasi pada 2018....

Kemunculan Pokémon VSTAR Hadir Memberikan Nafas dan Kekuatan Baru di Perayaan 25 Tahun Pokémon

Rilispedia.com - Video pertama tentang perayaan 25 tahun Pokémon sudah rilis di Youtube Pokémon Indonesia pada 20 Oktober 2021. Dengan kemunculan video...

LINE Indonesia Perkenalkan Program #AnakLINE, LINE Sebagai Tempat Aman dan Nyaman Bagi Gen Z di Era Kecerdasan Digital

Rilispedia.com - Generasi Z merupakan generasi yang sangat kental dengan gaya hidup digital, memiliki rentang usia 15 - 21 tahun, generasi ini...

Ingin punya Kisah Manis versi kamu? Coba eksplor dunia baru dan mulai temukan mereka yang sefrekuensi dengan kamu!

Rilispedia.com - "Ya, karena aku sama Budi sudah sefrekuensi. Jarang-jarang loh bisa nemu yang pas apalagi yang tujuannya sama," kata Ayu saat...

Sebentar Lagi Gajian! Ini Tips ala Tokopedia Biar Gaji Tidak Cepat Habis

Rilispedia.com - Pandemi merupakan situasi dengan ketidakpastian yang sangat tinggi sehingga menuntut masyarakat lebih jeli dalam mengelola keuangan. Riset 2020 LPEM FEB...