Home Tek Visi bagi masa depan 5G: Tanya-Jawab dengan TL Lee

Visi bagi masa depan 5G: Tanya-Jawab dengan TL Lee

Rilispedia.com – Di tengah kesibukannya menghadirkan berbagai produk baru MediaTek seperti SoC 5G 7nm dan Helio G90, TL Lee, General Manager, Wireless Business Group MediaTek, menyempatkan diri untuk membahas pemikirannya mengenai strategi 5G dan portfolio 5G MediaTek, serta apa arti 5G bagi industri.

Tanya jawab selengkapnya adalah sebagai berikut:

Apakah strategi keseluruhan MediaTek untuk 5G?

Teknologi MediaTek mengubah cara orang berinteraksi dengan perangkat mereka dan juga dengan dunia di sekitar mereka, meningkatkan dan memperkaya hidup mereka. 5G akan membuka berbagai platform yang sama sekali baru dalam inovasi dan menciptakan sebuah peluang bersejarah untuk menjadikan dunia semakin cerdas, aman dan menguntungkan. MediaTek berkomitmen dalam menjadikan konektivitas kecepatan tinggi benar-benar bisa diakses seiring dengan upaya kami membantu menghubungkan milyaran orang dan perangkat.

MediaTek memainkan peran aktif dalam standarisasi fitur-fitur 5G melalui badan standar 3GPP dan berinvestasi banyak dalam perkembangan teknologi 5G bagi ekosistem mitra kami yang luas. Untuk mempercepat peluncuran global 5G, kami mengembangkan sebuah terobosan SoC smartphone premium untuk gelombang pertama perangkat 5G. kami merancang chipset ini untuk jaringan 5G sub-6GHz stand-alone dan non-stand-alone (SA/NSA), yang bisa menghadirkan konektivitas 5G ke pasar-pasar terbesar, termasuk lingkungan perkotaan yang padat dan wilayah pedalaman. Chipset ini juga akan mendukung 2G hingga 4G untuk menjembatani akses jaringan yang sudah ada sementara jaringan 5G dibangun.

Bagaimana SoC 5G MediaTek dibandingkan dengan chipset 5G atau solusi dua chip lainnya?

Solusi terbaik-di-kelasnya dari MediaTek – SoC 5G dengan modem 5G Helio M70 terintegrasi – menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan solusi dua chip. SoC 5G kami berukuran sangat kecil sehingga para pembuat perangkat bisa menghasilkan smartphone 5G yang elegan dan tipis. Selain itu, solusi terintegrasi menawarkan keseimbangan yang lebih baik antara kinerja dan efisiensi daya.

SoC 5G ini juga memiliki teknologi AI, CPU dan GPU terbaru, menjadikannya SoC 5G terbaik saat ini sehingga konsumen bisa sepenuhnya menikmati berbagai penawaran 5G. SoC 7nm ini memiliki CPU ARM Cortex A-77 terbaru untuk kinerja tinggi, GPU ARM Mali G77 untuk pengalaman streaming dan gaming terbaik di kecepatan 5G, dan unit proses AI terbaru MediaTek, APU 3.0 untuk berbagai aplikasi AI tingkat lanjut, termasuk pencitraan.

Bagaimana chipset ini dirancang untuk kebutuhan 5G?

5G merupakan langkah maju yang penting bagi operator, pembuat perangkat dan konsumen. Kehadirannya akan mengubah segalanya. Bagi MediaTek, 5G merupakan sebuah lompatan teknologi yang benar-benar menggabungkan kecerdasan (AI) dan kecepatan (5G). SoC 5G kami akan memberdayai gelombang pertama perangkat-perangkat 5G, memampukan konsumen untuk terhubung ke cloud, bermain lebih cepat dan menikmati pengalaman-pengalaman baru yang dimungkinkan oleh AI. Dengan peningkatan revolusioner dalam bandwidth, penggunaan spektrum nirkabel yang lebih baik, dan peningkatan kehandalan koneksi, 5G juga akan mendorong gelombang baru inovasi, khususnya dalam perancangan berbagai aplikasi AI yang lebih canggih.

Dibuat dengan proses produksi 7nm yang canggih, chipset ini menawarkan penghematan daya luar biasa dalam ukuran kecil sehinggan konsumen bisa menikmati pengalaman yang lebih baik dan lebih lama. APU 3.0 MediaTek memungkinkan pengguna menikmati aplikasi AI yang lebih canggih, termasuk berbagai opsi pencitraan seperti kemampuan mengambil gambar bahkan ketika subyek bergerak cepat. Chipset ini menyediakan throughput kencang dengan kecepatan unduh 4,7Gbps.

Kapan kita akan melihat smartphone yang menggunakan SoC 5G MediaTek?

Para pelanggan kami, termasuk merek-merek smartphone terkemuka di dunia, telah menyatakan minat signifikan dalam SoC 5G MediaTek. Chipset ini akan siap bagi contoh pelanggan di kuartal tiga 2019, dan akan tersedia di perangkat-perangkat komersil di kuartal satu 2020.

MediaTek sebelumnya mengumumkan modem Helio M70 5G – apa yang unik mengenai modem ini?

Chipset 5G kami terintegrasi dengan Helio M70 5G, menawarkan 5G ultra-cepat sekaligus efisiensi daya. Helio M70 5G merupakan satu-satunya modem 5G dengan konektivitas ganda LTE dan 5G serta dukungan multi-mode untuk semua jaringan nirkabel dari 2G hingga 5G. Dengan dukungan untuk sub-6GHz, Helio M70 merupakan solusi ideal untuk menghadirkan pita lebar yang lebih handal dan lebih cepat bagi semua orang.

Pengaruh apa yang akan dihadirkan 5G bagi masyarakat?

Lompatan dari 4G ke 5G adalah seperti perpindahan dari kereta kuda ke mobil. Mobil mengubah pasar dan industri serta cara hidup kita, selamanya. 5G memiliki potensi yang sama. Kita akan melihat perangkat-perangkat dibuat berbeda untuk 5G, lebih banyak aplikasi otomatis dan lebih banyak perangkat bisa dikendalikan dari jarak jauh. 5G membuka berbagai platform inovasi baru untuk semua hal yang bisa terkoneksi: smartphone, perangkat IoT, kendaraan mandiri, pabrik, dan masih banyak lagi. Koneksi 5G yang sangat cepat akan memungkinkan perangkat untuk lebih mengintegrasikan AI dan kecerdasan manusia. 5G juga akan semakin memperkuat komputasi berbasis suara, semakin memudahkan kita untuk terhubung dengan mesin dan bagi mesin untuk mengenali dan bereaksi terhadap berbagai situasi di sekitar mereka. Dan hal yang paling menarik adalah: 5G akan menyamaratakan akses ke pita lebar kecepatan tinggi bagi konsumen-konsumen di seluruh dunia.

Must Read

Duet Sasmito-Ika Pimpin AJI Indonesia Periode 2021-2024

Rilispedia.com - Kongres XI AJI 2021 memilih pasangan Sasmito - Ika Ningtyas sebagai ketua umum dan sekretaris jenderal AJI Indonesia periode 2021-2024....

ASUS VIP Perfect Warranty Hadirkan Layanan Premium untuk Pengguna Laptop ROG dan ZenBook

Rilispedia.com - ASUS memperkenalkan program ASUS VIP Perfect Warranty mulai tahun 2021. Program tersebut merupakan layanan perlindungan ekstra untuk pengguna laptop ASUS...

MLBB Tournament Meriahkan Peluncuran realme narzo 30A

Rilispedia.com - realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda telah menginformasikan peluncuran realme narzo 30A yang akan diselenggarakan pada 3 Maret pukul 18:30...

Aplikasi Good Doctor Siap Permudah Akses Layanan Kesehatan Lewat Telemedis

Rilispedia.com - Good Doctor Technology Indonesia, perusahaan penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi, meluncurkan aplikasi Good Doctor sebagai bagian upaya dan komitmen...

Pencanangan Lompatan Digital Negeri Rutong Maju: Tahun 2021 Menuju Negeri dan Masyarakat Berbasis Digital

Rilispedia.com - Negeri Rutong, salah satu negeri raja-raja di Kota Ambon, membuat sebuah gebrakan baru dengan mencanangkan Negeri Rutong sebagai smart village...