Home Biz Volume investasi hotel di Asia Pasifik akan melampaui US$ 11 miliar pada...

Volume investasi hotel di Asia Pasifik akan melampaui US$ 11 miliar pada 2019, menurut JLL

Investor semakin tertarik terhadap aset-aset ‘safe haven’ di kota-kota utama kawasan Asia Pasifik.

Rilispedia.com – Menurut penelitian konsultan real estat global JLL memperkirakan volume transaksi hotel di wilayah Asia Pasifik meningkat 25 hingga 30 persen dibanding tahun lalu menjadi lebih dari US$ 11 miliar pada 2019.

“Terlepas dari situasi ekonomi yang kurang menentu dan meningkatnya sentimen politik, hotel-hotel di Asia Pasifik memperlihatkan prospek bisnis yang meyakinkan di tengah pertumbuhan industri pariwisata serta penurunan suku bunga dan imbal hasil obligasi,” kata Mike Batchelor, CEO, JLL Hotels & Hospitality Asia Pacific.

“Permintaan yang kuat tahun ini didukung oleh perusahaan ekuitas swasta, pengembang, dan klien domestik. Ini membuat kami yakin bahwa 2019 akan menjadi tahun ketiga dengan volume transaksi tertinggi dalam satu dekade terakhir. Hingga saat ini, hanya tahun 2017 dan 2015 yang mampu melampaui volume transaksi lebih dari US$ 11 miliar.”

Menurut JLL, investasi hotel di wilayah Asia Pasifik telah mencapai US$ 7,8 miliar selama sembilan bulan pertama tahun ini. Didorong oleh serangkaian agenda acara besar di Jepang, seperti Piala Dunia Rugbi 2019, Olimpiade Tokyo 2020 dan World Expo 2025. Negara ini telah membukukan volume transaksi hampir US$ 3 miliar sejauh ini.

“Penopang pariwisata tersebut akan mendorong permintaan akomodasi, dan para investor akan memanfaatkan peluang ini. Jepang adalah pasar dengan kinerja terbaik di kawasan ini dan diperkirakan akan membukukan rekor tertinggi dengan volume transaksi sebesar US$ 4 miliar tahun ini,” lanjut Batchelor.

Di seluruh Asia Pasifik, prospek pasar hotel tetap positif. Di China, menurunnya permintaan sewa kantor dan penjualan ritel telah mengalihkan perhatian investor ke hotel-hotel yang berada di wilayah dengan kinerja perdagangan yang meningkat.

Sementara itu, Singapura menantikan beberapa transaksi penting tahun ini. Pada bulan September, JLL menyarankan OUE Limited untuk menjual Oakwood Premier OUE Singapura ke perusahaan joint-venture Hong Kong sebesar US$ 209 juta. Baru-baru ini, JLL menandatangani perjanjian penjualan Andaz Singapura yang merupakan transaksi aset hotel tunggal terbesar dalam sejarah kota pulau itu, bernilai US$ 344 juta.

Modal asing mencari imbal hasil lebih tinggi

Laporan ini mengungkapkan bahwa meski investor domestik aktif di pasar dalam negeri mereka, terutama di Jepang dan China, masih ada ceruk investasi asing yang menunggu untuk mengeksplorasi pertumbuhan pariwisata yang kuat dan imbal hasil yang tinggi di kawasan ini.

Korea Selatan, contohnya, mencatatkan kenaikan tajam investasi asing pada tahun 2019. Para investor asing perlahan menguasai akses pasar yang ketat di saat investor institusi memilih keluar setelah berakhirnya periode investasi.

Mr Nihat Ercan, Managing Director, Head of Investment Sales Asia, JLL Hotels & Hospitality berkata: “Sampai tahun 2015 transaksi di Korea Selatan murni transaksi domestik, tapi saat ini transaksi antar negara mencapai seperempat dari total jumlah transaksi. Selagi pasar berkembang lebih dalam, kita bisa berharap bahwa investor asing akan mencatatkan transaksi yang lebih besar.”

Pasar menarik yang lainnya yaitu Maladewa, seperti yang tercantum dalam laporan tersebut. Reputasinya sebagai tujuan wisata yang paling diburu sudah menarik sekitar US$ 260 juta dalam transaksi antar negara tahun ini saja. 

“Ketika investor-investor domestik atau asing tengah mencari peluang imbal hasil yang lebih tinggi di Asia Pasifik, sektor perhotelan akan terus bersinar,” Mr Ercan menyimpulkan. “Kami yakin bahwa momentum investasi ini akan terus mendorong volume transaksi hotel di kawasan ini memasuki tahun 2020.”

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan unduh  Hotel Investment Highlights H2 2019 di sini.

Must Read

Free Fire MAX Resmi Dirilis Hari Ini Dengan Grafis, Audio, Visual Lebih Baik Dan Fitur Map Custom

Rilispedia.com - Hari ini Garena Free Fire mengumumkan bahwa Free Fire MAX resmi diluncurkan secara global dan sudah dapat diunduh di Google...

Robot Self-Driving Alibaba Mampu Mengirimkan Lebih Dari Satu Juta Pesanan

Rilispedia.com - Alibaba DAMO Academy, inisiatif penelitian global yang didirikan oleh Alibaba Group, hari ini mengumumkan bahwa kendaraan logistik jarak jauh "Xiaomanlv",...

Razer Mengumumkan RazerCon 2021

Rilispedia.com - Razer, brand lifestyle terkemuka untuk para gamers, hari ini mengumumkan RazerCon akan kembali menghadirkan acara keduanya pada 21 Oktober 2021....

Setelah Solarwinds, Pelaku Bisnis Di Indonesia Waspada Menghadapi Ancaman Keamanan Yang Dimulai Dari Rumah

Rilispedia.com - McAfee Enterprise (Nasdaq: MCFE) mencatat bahwa sampai hari ini, sudah lebih dari 18.000 perusahaan global terkena dampak dari kerentanan perangkat...

Tujuh Karyawan TelkomGroup Dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana pada Hari Bhakti Postel ke-76

Rilispedia.com - Sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada para insan Pos Telekomunikasi (Postel) yang telah berjasa besar bagi negara dan masyarakat dalam pembangunan...