Home Biz Volume transaksi real estate di Asia Pasifik mencapai rekor senilai US$86 miliar

Volume transaksi real estate di Asia Pasifik mencapai rekor senilai US$86 miliar

Wilayah ini terus memperlihatkan kinerja unggulnya secara global dengan menarik lebih banyak sumber modal investasi dari wilayah sekitar

Rilispedia.com – Volume transaksi real estate di Asia Pasifik menembus rekor US$86 miliar dalam semester pertama tahun 2019, menurut laporan terbaru dari JLL Global Capital Flows.

Asia Pasifik merupakan satu-satunya wilayah yang mencatat peningkatan sebesar enam persen secara global dibandingkan tahun lalu, laporan tersebut mengungkapkan bahwa momentum wilayah ini kemungkinan besar akan stabil selama sisa tahun ini, sementara tingkat investasi diperkirakan mencapai target baru yang tinggi pada akhir tahun 2019.

“Dikarenakan menurunnya hasil pertahun yang diperoleh di pasar utama di seluruh dunia, terutama Eropa dan Amerika Serikat, mengakibatkan para investor ingin mencari keuntungan yang lebih besar diluar dari pasar domestik mereka,”  demikian dijelaskan oleh Stuart Crow, CEO of Capital Markets Asia Pasific, JLL. “Kerjasama operasional dan struktur konsorium terus meningkat secara popularitas untuk transaksi besar di seluruh wilayah Asia Pasifik. Hal ini disebabkan oleh para investor berusaha secara langsung dan melihat keuntungan dalam kerjasama kemitraan jangka panjang dengan grup perusahaan yang memiliki tujuan serupa.”

Dalam transaksi terakhir penjualan DUO Tower dan DUO Galleria senilai US$1.17 miliar, JLL bertindak sebagai penasehat eksklusif bagi pihak penjual, M+S Pte. Ltd. Allianz Real Estate dan Gaw Capital bermitra untuk memperoleh gedung perkantoran Grade-A yang ikonik ini serta area ritel yang terletak di area Bugis.

Mr Crow menambahkan: “Transaksi ini merefleksikan kekuatan wilayah ini dalam menarik modal asuransi internasional. Dalam enam sampai sembilan bulan ke depan, kami yakin bahwa permintaan dari dana asuransi akan terus meningkat dan mengangkat sentimen pasar.”

Singapura mengalami rebound pada semester pertama tahun ini

Menurut JLL, investasi properti di Singapura hampir mencapai dua kali lipat pada semester pertama tahun 2019 setelah relatif tenang pada tahun 2018. Didorong oleh sebagian dari transaksi berskala besar, sektor perkantoran terus memberikan kontribusi sebagai investasi terbesar dengan total nilai akuisisi hampir mencapai US$4,6 miliar pada tahun ini, dan kemungkinan akan mencapai nilai yang lebih tinggi pada tahun 2019. Hal ini dibandingkan dengan jumlah transaksi pada tahun 2018 sebesar US$3 miliar dan US$4,7 miliar pada tahun 2017.

“Sektor perkantoran Singapura menjadi tujuan investasi favorit selama 12 bulan terakhir ini, terutama didukung oleh dinamika permintaan-penawaran pasar yang menguntungkan serta prediksi tingkat suku bunga yang ramah,” kata Chris Fossick, Head of Southeast Asia, JLL. “Yang lebih membuat para investor menjadi tertarik adalah naiknya tarif sewa perkantoran. Lokasi utama di Singapura memiliki tarif sewa perkantoran yang diperkirakan akan terus bertumbuh selama beberapa tahun ke depan, didukung dengan semakin meningkatnya permintaan jasa teknologi, jasa professional serta sektor jasa finansial.”  

Contoh lainnya dapat dilihat dengan penjualan senilai US$478 juta oleh JLL untuk properti berlokasi di 71 Robinson Road, sebuah blok perkantoran 15 lantai di CBD Singapura, kepada perusahaan investasi SV Robinson. Dana utama lainnya yang baru-baru ini berupaya memanfaatkan keuntungan prospek pertumbuhan jangka panjang kota ini dalam bentuk investasi parsial pada gedung-gedung berkualitas Grade-A meliputi Ocean Financial Centre – dimana Allianz mengambil 20% sahamnya – dan Frasers Tower, dimana NPS mengambil 50 persen sahamnya.

Pada bulan Juni, Chevron House – suatu gedung perkantoran 32 lantai dan pertokoan di kawasan pusat bisnis – terjual ke perusahaan real estate yang berasal dari Amerika Serikat, AEW, dengan nilai transaksi sebesar US$0,75 miliar, naik 35 persen dari nilai modalnya sejak pertama kali dibeli pada tahun 2017.

Must Read

Kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan, Bluebird Laksanakan Vaksinasi COVID-19 Bagi Pengemudi dan Lansia

Rilispedia.com - Sebagai bagian dari pelaksanaan program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility), khususnya dalam mendukung pemerintah melaksanakan vaksinasi massal agar...

Twitter Rayakan #HariPerempuanSedunia dengan Kampanye #SheInspiresMe

Rilispedia.com - Twitter adalah tempat bagi orang untuk mencari, berbagi, dan meneruskan suara-suara inspirasional dari para perempuan hebat. Unik, berpengaruh, besar dan...

UMKM Wajib Tahu! Tokopedia Ungkap Tren dan Peluang Bisnis 2021

Rilispedia.com - Pandemi COVID-19 mendorong kemunculan lebih banyak UMKM di Indonesia. Tokopedia sendiri mencatatkan terjadinya peningkatan jumlah penjual di platformnya dari yang...

Jungle Ventures: IPO dan Merger Tahap Wajar Perkembangan Startup

Rilispedia.com - Perusahaan modal ventura, Jungle Ventures menyebutkan bahwa proses initial public offering (IPO) dan merger merupakan tahapan wajar yang selanjutnya ditempuh...

Qualcomm Snapdragon Sound Tawarkan Kualitas Suara yang Superior

Rilispedia.com - Qualcomm Technologies International, Ltd. Mengumumkan teknologi Qualcomm Snapdragon Sound, sebuah rangkaian inovasi dan perangkat lunak audio yang dioptimalkan dan dirancang...